Alat Pemadam Api Ringan

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

alat pemadam api ringan

Alat pemadam api ringan pastinya banyak yang sudah mengenal, namun menurut saya hanya sebatas mengenal bahwa alat pemadam api ringan berfungsi untuk memadamkan api akibat dari sebuah reaksi kimia yang terdiri dari tiga unsur yaitu panas oksigen dan bahan bakar, ketiga unsur tersebut jika menyatu dalam komposisi yang tepat akan mengakibatkan terjadinya kebakaran. Untuk memadamkan kebakaran tidak semua alat pemadam api ringan dapat memadamkannya, karena untuk bisa memadamkan sebuah kebakaran kita harus memahami terlebih dahulu material atau bahan bakar apa yang menjadi pemicu terjadinya kebakaran. dan yang tidak kalah penting disamping kita harus mengetahui unsur bahan bakar atau media apa yang terbakar kita juga harus mengetahui jenis media yang ada di dalam tabung alat pemadam api, karena media alat pemadam api ringan memiliki jenis yang berbeda. Untuk mengetahui jenis bahan bakar dan media alat pemadam api yang sesuai untuk memadamkan kebakaran silahkan baca artikel mengenal jenis alat pemadam api.

Mengenal Alat Pemadam Api Ringan

Alat pemadam api ringan memiliki sistem operasional yang berbeda-beda sehingga cara penggunaannya pun tentu juga berbeda. Jika kita tidak mengenal sistem dari masing masing apar yang Anda miliki maka hasilnya tidak akan maksimal. Hal ini akan mempengaruhi kecepatan Anda dalam memadamkan sebuah kebakaran, resiko terburuk yang akan terjadi atas ketidak pahaman tersebut mengakibatkan kebakaran menjadi semakin tidak terkendali. untuk itu setiap petugas yang bertanggung jawab untuk memadamkan api di sebuah perusahaan harus memahami Manajemen Alat Pemadam Api. Artikelnya bisa dibaca melalui link ini. Sistem Alat pemadam api ringan yang umum berada di Indonesia adalah alat pemadam api ringan sistem cartridge, plug system dan sistem stored pressure. Saat ini yang masih banyak digunakan pada umumnya adalah alat pemadam api ringan dengan menggunakan sistem stored pressure, sistem cartridge sudah mulai banyak ditinggalkan karena penggunaannya yang sedikit lebih ribet harganyapun lebih mahal dibandingkan dengan sistem stored pressure, bagaimana dengan alat pemadam api ringan plug system ? Sebenarnya alat pemadam api ringan dengan sistem plug cara penggunaannya sangat mudah namun lagi lagi harga alat pemadam api ringan dengan sistem plug memiliki harga yang tidak lebih murah dibandingkan dengan apar sistem stored pressure. Setelah kita mengetahui berbagai macam sistem alat pemadam api ringan kita wajib mengetahui bagaimana masing masing sistem alat pemadam api ringan bekerja.

Alat Pemadam Api Ringan Cartridge System

Alat Pemadam Api RinganSistem alat pemadam api cartridge sesuai dengan sistem nya menggunakan gas pendorong berupa carbon dioxide yang disimpan atau ditempatkan dalam tabung tersendiri, tabung ini ( cartridge ) posisinya berada didalam tabung utama sedangkan media alat pemadam api ditempatkan dalam tabung induk sehingga keduanya dalam posisi terpisah. Cara kerja alat pemadam Sistem cartridge adalah gas pendorong ( cartridge ) akan pecah saat kita menekan tuas atau handle tabung pemadam, saat handle ditekan mata pisau tajam akan bergerak turun sehingga akan memecahkan membran cartidge yang memiliki ketebalan 0,3 mm, pecahnya membran mengakibatkan carbon dioxide keluar dengan sendirinya , tekanan gas carbon dioxide akan mendorong seluruh media powder ( alat pemadam kebakaran sistem cartridge pada umumnya menggunakan media powder ) keluar dari tabung utama sehingga api akan padam karena media atau bahan bakar terselimuti oleh powder. Penyelimutan terhadap bahan bakar secara langsung menurunkan kadar oksigen hingga dibawah 16%, karena kadar oksigen berkurang kebakaran mampu dipadamkan

Alat Pemadam Api Ringan Sistem Stored Pressure

Alat Pemadam Api RinganAlat pemadam api sistem stored pressure saat ini banyak diminati di Indonesia, populasinya mencapai 80% pengguna alat pemadam api menggunakan sistem stored pressure alasannya adalah mudahnya sistem operasional dan pengontrolan, harga yang cenderung lebih murah dibanding dengan sistem alat pemadam api lain menjadi salah satu faktor kenapa sistem stored pressure banyak diminati.

Cara Kerja Alat Pemadam Api Sistem Stored Pressure

Merupakan sistem kerja yang paling sederhana, alat pemadam api sistem ini dilengkapi dengan alat pengukur tekanan yang mampu memberi kemudahan bagi penggunanya, mungkin Anda bertanya tanya berapa tekanan kerja alat pemadam api ? Untuk sekedar Anda ketahui bahwa alat pemadam api stored pressure bekerja pada tekanan 13,5 bar.

Cara kerja alat pemadam api dengan sistem stored pressure adalah hanya dengan menekan tuas bagian atas maka spindle ( katup ) akan bergerak turun kebawah, karena dalam tabung pemadam bertekanan maka tekanan akan mendesak keluar di barengi dengan media alat pemadam api. Perlu diketahui bahwa dengan tekanan sebesar 13,5 bar mampu mengeluarkan media powder dengan kapasitas 6kg hanya dalam waktu tidak lebih dari 20 detik.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta Fire suppression system merupakan rangkaian proteksi…
Baca Selengkapnya

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler Saat ini tersedia banyak sekali jenis…
Baca Selengkapnya

Bagaimana Cara Kerja Kitchen Suppression Systems?

Menurut data dari NFPA, 57% kebakaran restoran yang terjadi di US penyebab…
Baca Selengkapnya