alat pemadam api ringan co2

Alat pemadam api ringan adalah alat pemadam kebakaran aktif yang digunakan untuk mengendalikan dan memadamkan kebakaran skala kecil, terutama dalam situasi darurat. APAR (alat pemadam api ringan) tidak dirancang untuk memadamkan api pada kebakaran yang sudah tidak terkontrol, contohnya ketika api sudah mulai membesar dan membakar langit-langit.

Kebakaran bisa terjadi karena di situ terdapat reaksi kimia. Jadi, yang dimaksud dengan reaksi tersebut adalah rantai yang disebut segitiga api dan di situ terdapat tiga unsur, yaitu suhu panas, oksigen, dan bahan bakar. Itulah alasan mengapa Anda harus mempersiapkan alat proteksi kebakaran ini disekitar Anda. Selain itu, dalam pemilihan jenis APAR juga tidak boleh sembarang.

Jadi, alat pemadam api ringan memiliki media yang berbeda-beda dan diperuntukkan untuk memadamkan tipe kebakaran yang seperti apa. Supaya tidak bingung, simak artikel ini sampai selesai, ya!

alat pemadam api ringan apar

Jenis-Jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Di Indonesia terdapat empat media alat pemadam api ringan yang sering digunakan. Tentu saja setiap media memiliki harga dan fungsi yang berbeda-beda. Biar tidak salah pilih, Yuk simak beberapa jenis alat pemadam api dibawah ini.

1. Alat Pemadam Api Foam/Busa

alat pemadam api ringan foam

Pertama, ada media foam yang dibuat dengan campuran serbuk kimia dan air. Sehingga, saat disemprotkan pun akan nampak seperti busa berwarna putih. Kemudian untuk cara kerja dari alat pemadam api ringan ini adalah dengan menyelimuti benda yang terbakar dengan media foam tersebut. Sehingga akan menutup ruang oksigen di benda tersebut dan api bisa cepat padam.

2. Alat Pemadam Api Powder

alat pemadam api ringan powder

APAR Powder menjadi salah satu jenis alat pemadam api ringan yang paling populer dan banyak digunakan banyak orang. Jadi, media alat pemadam ini terbuat dari serbuk kimia, yaitu monoammonium dan ammonium sulfate. Cara kerja dari APAR powder ini hampir sama dengan APAR foam, yaitu sama-sama memutus rantai segitiga api dengan menghilangkan unsur oksigen.

Namun, Anda juga harus tahu bahwa jenis alat pemadam api ringan powder ini bersifat meninggalkan residu.  Sehingga, Anda harus segera membersihkannya ketika proses pemadaman telah selesai.

Baca Juga: Cara Mudah Bersihkan Residu Alat Pemadam Api

3. Alat Pemadam Api CO2/Carbon Dioxide

alat pemadam api ringan co2 terbaru

Kandungan masa pada karbon dioksida lebih besar dibandingkan masa oksigen. Selain itu, dari segi suhunya sendiri pun jauh lebih dingin jika dibandingkan dengan oksigen. Sehingga CO2/karbon dioksida mampu untuk melakukan isolasi oksigen di benda yang terbakar. Dengan seperti itu, api akan cepat padam dan semua menjadi aman.

Ada suatu hal yang perlu Anda ketahui terkait dengan penggunaan alat pemadam api ringan ini. Dimana kandungan CO2 kurang baik untuk kesehatan tubuh jika dihirup terlalu lama. Maka dari itu, pastikan Anda memadamkan api dengan APAR CO2 ini di area yang ada sirkulasi udara maupun luas.

Hal tersebut ditujukan agar tidak ada kesalah dalam pengoperasian APAR CO2. Atau dalam keadaan darurat harus memadamkan dengan APAR CO2 di ruangan yang sempit, jangan lupa pakai masker pengaman/alat bantu pernafasan khusus untuk pemadam kebakaran bernama self-contained breathing apparatus.

4. Alat Pemadam Api Liquid Gas

alat pemadam api ringan hfc

Terakhir, ada alat pemadam api ringan Liquid Gas yang menjadi salah satu alat pemadam api paling ramah lingkungan. Bagaimana tidak, karena jenis APAR ini tidak meninggalkan residu dan media yang semprotkan pun tidak berbahaya, baik untuk manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Nah, berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh APAR Liquid Gas.

  • Tidak beracun.
  • Tidak membahayakan manusia, hewan, dan tumbuhan.
  • Serbaguna/bisa untuk memadamkan kebakaran kelas A, B, dan C.
  • Tidak meninggalkan residu.
  • Ramah lingkungan, dll.

Daftar APAR yang Cocok untuk Masing-Masing Kelas Kebakaran

klasifikasi kelas kebakaran

Ada empat kelas kebakaran yang berlaku di Indonesia, yaitu kelas kebakaran, A, B, C, dan D. Terus, seperti apa penjelasan kelas kebakaran dan apa saja APAR yang cocok untuk memadamkan api di masing-masing kelas kebakaran? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Kelas Kebakaran A

Kebakaran pada kelas ini bisa terjadi karena terdapat benda-benda padat non-logam mudah terbakar, seperti kertas, kayu, karet, plastik, dll. Kemudian, jenis alat pemadam api ringan yang cocok untuk mengatasi kelas kebakaran A, yaitu:

  • APAR Powder
  • APAR Foam
  • APAR CO2
  • APAR Liquid Gas

2. Kelas Kebakaran B

Pada kelas kebakaran ini disebabkan oleh benda-benda cair/gas yang mudah terbakar. Contohnya seperti bensin, minyak, oli, alkohol, gas LPG, dll. Kemudian untuk alat pemadam api ringan yang cocok untuk padamkan kebakaran kelas B, yaitu:

  • APAR Powder
  • APAR Foam
  • APAR CO2
  • APAR Liquid Gas

3. Kelas Kebakaran C

Biasanya yang menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran kelas C dikarenakan ada masalah elektrikal/listrik. Jadi, tidak semua jenis APAR bisa digunakan untuk padamkan api di kelas kebakaran C. Alat pemadam api ringan yang efektif untuk padamkan api di kelas kebakaran C adalah sebagai berikut.

  • APAR CO2
  • APAR Liquid Gas
  • APAR Powder

4. Kelas Kebakaran D

Kelas kebakaran ini masih jarang ditemui di Indonesia. Biasanya yang menyebabkan terjadinya kebakaran kelas D adalah terdapat benda-benda logam mudah terbakar, seperti alumunium, lithium, dan juga magnesium.

Nah, kemudian untuk jenis alat pemadam api ringan yang efektif untuk memadamkan api di kelas kebakaran ini hanya ada satu, yaitu APAR powder. Akan tetapi, media yang digunakan adalah powder khusus, yaitu metal-dry powder yang merupakan campuran sodium potassium, dan barium chloride.

alat pemadam api ringan apar

Terus, Apa Saja Sih Metode/Teknik untuk Memadamkan Api?

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, api bisa terbentuk karena reaksi unsur segitiga api, yaitu suhu panas, oksigen, dan bahan bakar. Nah, supaya api bisa padam, salah satu dari ketiga unsur tersebut harus dihilangkan atau diisolasi. Berikut merupakan 4 metode pemadaman api yang bisa Anda lakukan menggunakan alat pemadam api ringan.

1. Cooling

Metode ini bekerja dengan cara menurunkan temperatur/suhu di sekitar permukaan benda yang terbakar. Jadi, jika suhu pada benda tersebut mulai turun dan dingin, maka tidak akan ada lagi bara panas maupun uap gas yang dibutuhkan untuk pembakaran.

2. Smothering

Pada teknik ini, media alat pemadam api ringan akan menutup permukaan benda yang terbakar menggunakan serbuk maupun busa. Sehingga dapat menyebabkan jalinan kontak antara benda dengan oksigen akan terputus.

3. Breaking Chain Reaction

Teknik ini bekerja dengan cara memutus rantai reaksi kimia antara tiga unsur pembentuk api (segitiga api). Jadi, pada saat reaksi segitiga api tersebut terputus, maka api bisa cepat padam.

4. Starvation

Teknik memadamkan api starvation ini  bekerja dengan cara mengurai atau memisahkan bahan bakar dari unsur lain yang dapat menyebabkan api semakin besar. Hal ini bertujuan agar bahan bakar dapat terputus dengan unsur segitiga api lainnya.

Contoh: terjadi kebakaran di jalur pipa minyak, maka teknik untuk memadamkannya adalah dengan menutup kran/menghentikan aliran minyak dari sumbernya ke pipa tersebut.

Nah, Bagaimana, apakah Anda sudah mulai menemukan gambaran terkait dengan alat pemadam api ringan (APAR) yang cocok untuk proteksi tempat Anda? Sesuaikan dengan potensi kebakaran yang terjadi sesuai kelas kebakaran ya, jangan sampai salah pilih, lho!

cara menggunakan alat pemadam api ringan

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Setelah menemukan jenis alat pemadam api ringan yang sesuai, sekarang saatnya Anda mempelajari bagaimana cara menggunakan APAR.

Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana untuk dapat mengoperasikan APAR dengan teknik PASS

  1. PULL. Tarik pada bagian safety pin yang terletak diantara tuas APAR.
  2. AIM. Kemudian pegang pada ujung selang dan arahkan selang pada titik api.
  3. SQUEEZE. Setelah selang terarah, langsung pencet tuas secara penuh, agar semua media cepat keluar.
  4. SWEEP. Sambil memencet tuas, masukan selang ke titik api secara merata.

Alat Pemadam Api Ringan

Terus, Dimana Sih Tempat untuk Membeli APAR dengan Harga Terjangkau?

Jawabanya adalah di PT Patigeni Mitra Sejati! Jadi, Patigeni merupakan salah satu kontraktor dan distributor resmi alat & sistem pemadam kebakaran terpercaya di Indonesia. Jadi, bagi Anda yang ingin membeli alat pemadam api ringan satuan maupun dalam jumlah banyak, bisa hubungi kami, ya!

Atau Anda juga bisa melakukan isi ulang tabung APAR di tempat kami dengan harga sangat terjangkau. Selain itu, ada layanan on site service dari kami yang bisa Anda manfaatkan. Keuntungan apa lagi kalau berbelanja di Patigeni?

Jika Anda membeli maupun melakukan refill APAR di Patigeni, kami akan memberikan Anda aplikasi gratis untuk cek APAR bernama Firecek. Jadi, Anda sudah bisa kontrol semua alat pemadam api ringan yang dimiliki lagi. Tunggu apalagi?! Order Sekarang!

Leave A Comment