Alat Pemadam Kebakaran Otomatis thermatic sering dipakai untuk perlindungan server

 

Alat Pemadam Kebakaran otomatis

Kebakaran merupakan musibah yang dapat megakibatkan kerugian besar baik secara meterial maupun non material. Dampaknya pun tidak hanya dampak secara fisik namun juga dampak psikologi. Oleh sebab itu, dilakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya musibah kebakaran sedini mungkin. Untuk mengurangi resiko kebakaran, beberapa industri telah memperkenalkan produk berupa alat pemadam kebakaran otomatis. Otomatis berarti tidak memerlukan operator saat bekerja. Umumnya, alat pemadam otomatis bekerja karena temperatur yang melebihi set point (titik yang telah diatur) seperti smoke detector. Smoke Detector adalah alat yang mendeteksi asap yang menutupi detector sehingga mengeluarkan alarm yang merupakan tanda bahwa adanya potensi kebakaran. Dengan demikian diharapkan orang didalam tempat tersebut telah mempersiapkan banyak hal untuk memadamkan kebakaran. Pencegahan kebakaran sangat diutamakan untuk mencegah kerugian yang ditimbulkan.Sistem alat ini cukup sederhana, yaitu dengan memutus siklus oksigen dari bahan bakar dan kalor.

Cara Kerja Alat Pemadam Kebakaran Otomatis

Alat pemadam kebakaran otomatis atau popular dengan istiah termatik ini pada umumnya berwarna merah. Sistem pemadaman dimulai saat detektor dalam alat pecah akibat temperatur melebihi standar aman. Hal ini karena media yang ada didalam tabung akan mengalami ekspansi.  Panas menyebabkan tekanan turun namun volume meningkat menyebabkan daya tekan tinggi sehingga mampu memecah kaca pelindung. Selanjutnya media akan mulai menjalankan tugasnya. Media yang umum digunakan adalah gas, karena sifat gas akan keluar dan segera menempati ruang. Setelah 3-5 menit proses pemadaman dilakukan, gas akan menghilang karena terbawa angin Dalam satu alat pemadaman kebakaran otomatis setidaknya ada sepuluh bahan pembentuk gas, diantaranya amonium sulfat, urea, dan zat lainnya yang dipastikan tidak berbahaya bagi kesehatan manusia saat alat bekerja.

Jangkauan Alat Pemadam Kebakaran Otomatis

Jangkauan alat pemadam kebakaran penting diketahui agar menemukan jarak efektif dalam memadamkan api. Alat pemadam kebakaran otomatis bekerja secara efektif dan efesien pada jarak sekitar 7-8 m²  terhadap lingkungan di sekitar pemasangan, namun angka ini dapat berubah sesuai dengan luas daerah pemasangan alat ini. Apabila ruangan yang akan dipasang lebih besar maka sebaiknya memasang lebih banyak alat pemadam kebakaran otomatis guna ruangan dapat terproteksi dengan sangat baik. Pengaturan jarak antar jaringan telah diatur sesuai dengan hasil rancangan pada ruanagan tersebut. Alat ini dapat bekerja dengan baik pada temperatur 90 C – 110 C. Alat pemadam kebakaran otomatis dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam ruangan. Contoh dari alat pemadam kebakaran otomatis adalah thermatic fire extinguisher, bentuknya seperti tabung dan berwarna merah. Umumnya diletakkan di plafon ruangan. Alat ini dapat digunakan di manapun misalnya data center, dapur, ruang generator, mesin dan sebagainya. Untuk perkiraan harganya alat pemadam kebakaran otomatis ini kurang lebih 3 juta rupiah.