Cara Kerja Hydrant Pump

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Cara Kerja Hydrant PumpHydrant pump merupakan komponen utama dalam sebuah system hydrant. tanpa hydrant pump, system tidak akan dapat bekerja. fungsi utama dari hydrant pump adalah memompa air dari reservoir (sumber air) ke seluruh jaringan instalasi yang tersedia. kapasitas pompa disesuaikan dengan luas dan tinggi bangunan yang diproteksi, jumlah titik hydrant atau sprinkler, dan jenis atau tata letak bangunan. dalam system hydrant standart, terdapat 3 buah pompa hydrant yakni elektric fire pump yang bekerja dengan daya dari sumber listrik, diesel fire pump menggunakan daya dari bakan bakar bensin / solar yang bekerja saat elektrik pump gagal bekerja karena tidak terdapat pasokan listrik, dan jockey pump yang berfungsi untuk menstabilkan tekanan di dalam pipa jika turun. Pompa hydrant pada umumnya dikendalikan oleh sensor tekanan dan dapat bekerja secara otomatis. Ketika petugas pemadam kebakaran membuka hydrant pillar / valve, atau ketika sprinkler pecah di dalam ruangan, air akan menyembur keluar dari sistem dan secara otomatis tekanan akan turun. Sensor tekanan / pressure switch akan mendeteksi penurunan ini dan mengirimkan sinyal ke panel fire pump untuk menyalakan pompa. sementara cara untuk mematikan pompa kebakaran adalah secara manual di ruang pompa.

Cara Kerja Hydrant Pump : Flow

Arus adalah volume air yang dialirkan melalui instalasi pipa dengan cara kekuatan mekanik dari pompa kebakaran. Diukur dalam galon per menit (gpm), aliran adalah faktor definitif dalam apakah api akan dikendalikan atau tidak. Aliran minimum yang disarankan untuk operasi di gedung yang terbakar adalah 250 gpm-500 gpm atau bisa lebih dari 1000 gpm tergantung dari ketinggian gedung dan kapasitas tandon air. Tentu saja, semakin besar kebutuhan aliran, semakin besar diameter pipa diperlukan. kapasitas aliran pompa terlisting di pada lempengan spesifikasi pabrik, dipasang pada panel / badan pompa seperti gambar dibawah ini. Kapasitas Sebuah pompa tergantung pada ukuran impeller dan saluran air.

fire pump plate

Tekanan dalam Fire Pump

Tekanan, diukur dalam pound per inci persegi (psi), yaitu kekuatan air yang bergerak melalui hoselines. prinsipnya saat tekanan meningkat, aliran otomatis meningkat, asalkan sumber air memiliki kapasitas yang diperlukan maka pompa akan terus mengalirkan air ke saluran output.  yang perlu diperhatikan adalah, semakin besar tekanan maka spesifikasi teknis seperti pipa, selang, dan nozzle harus lebih kuat. karena jika tidak, komponen seperti selang dapat pecah karena tidak mampu mencover tekanan yang dialirkan. hal ini tentunya akan merugikan karena tidak dapat memadamkan api secara efektif dan bahkan bisa membahayakan keselamatan petugas.

 

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Pengertian Hydrant - Fire Hydrant

Pengertian Hydrant dan Cara Kerja Sistemnya

Pengertian hydrant dalam sebuah sistem proteksi kebakaran harus Anda ketahui sebagai pengguna…
Baca Selengkapnya

Cara kerja Beam Detector Fire Alarm

Cara kerja Beam Detector Fire Alarm Pendeteksian sinar / beam telah menjadi…
Baca Selengkapnya
Hydrant Pump - Hydrant Pum dan Fungsi

Hydrant Pump: Fungsinya dalam Sistem Fire Hydrant

Hydrant pump merupakan salah satu komponen dalam sistem hydrant. Apakah Anda salah…
Baca Selengkapnya