Hydrant Box Outdoor

1 Comment
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Hydrant Box Outdoor

 Hydrant Box Outdoor

Upaya nyata yang dapat diwujudkan dalam menjamin keamanan maupun keselamatan pada bangunan Anda dari ancaman bencana kebakaran salah satunya dapat dilakukan dengan melakukan konstruksi pemasangan sistem perlindungan bencana kebakaran. Perangkat fire hydrant system hadir menjadi salah satu solusi terbaik yang sering kali dipilih untuk dijadikan salah satu sistem perlindungan bencana kebakaran pada bangunan. Dengan sistem yang memanfaatkan media air sebagai media untuk mengatasi api kebakaran, maka sangat jelas perangkat fire hydrant system ini mampu pula dikonstruksi secara fleksibel dengan dipadukan bersama sistem perlindungan bencana kebakaran lainnya, seperti perangkat fire sprinkler system yang juga memanfaatkan media air sebagai media untuk memadamkan nyala api kebakaran.

Fungsi Hydrant Box Outdoor

Secara sederhana, rangkaian perangkat fire hydrant system tersebut memiliki kinerja yang bermulakan sejak pompa kebakaran atau fire pumps diaktifkan. Fungsi fire pumps selaku pompa penyedot akan menyedot pasokan air dari dalam konstruksi bak penampungan supply air lalu memberikan tekanan tinggi agar supply air tersebut dapat terpasok melalui jaringan perpipaan air untuk kemudian berakhir keluar melalui komponen-komponen output (komponen keluaran supply air) pada perangkat fire hydrant system, yaitu komponen output pada hidran halaman atau fire hydrant pillar yang diinstalasi untuk model outdoor dan komponen output yang ada pada hidran gedung atau fire hydrant box model indoor.

Komponen hydrant box pada fire hydrant system sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai box untuk menyimpan beragam peralatan atau equipment dari fire hydrant system. Sehingga, meskipun untuk model outdoor tersebut komponen output supply air telah dikendalikan oleh komponen fire hydrant pillar, kehadiran fire hydrant box tetap diperlukan. Berbeda dengan fire hydrant box indoor yang di dalamnya telah terhubung fire hose atau selang pemadam yang terinstalasi dengan jaringan perpipaan air, fire hydrant box outdoor tidak terhubung langsung dengan jaringan perpipaan air.

Pentingnya Hydrant Box Outdoor

Oleh karena itu, tak heran apabila ukuran dimensi dari fire hydrant box outdoor cenderung lebih tipis dibanding dengan fire hydrant box indoor. Secara umumnya, fire hydrant box outdoor hanya mampu memuat lebih sedikit fire equipment dibanding dengan hydrant box outdoor. Fire equipment yang dapat ditampung oleh fire hydrant box outdoor di antaranya meliputi satu buah roll selang pemadam/fire hose sepanjang 30 meter yang telah dilengkapi oleh coupling jenis machino serta satu buah fire nozzle yang juga telah dilengkapi dengan coupling jenis machino, di mana fire hose dan fire nozzle tersebut masing-masing disediakan dalam ukuran 2,5 inchi.

Dalam pasar fire fighting, komponen fire hydrant box outdoor ini diproduksi dalam desain bertipe C dengan ukuran dimensi box 95x66x20 centimeter. Berbeda dengan komponen fire hydrant box indoor yang diproduksi dalam ragam desain yang lebih variatif, yaitu tipe A1, tipe A2, dan tipe B1.

Untuk penempatan dari fire hydrant box outdoor ini hendaknya dibangun pada titik-titik yang berdekatan dengan komponen fire hydrant pillar dibangun, karena apabila bencana kebakaran terjadi, maka petugas tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk menjangkau fire hydrant box outdoor demi memperoleh fire hose untuk kemudian disambungkan dengan output valve pada fire hydrant pillar. Penempatan fire hydrant box outdoor juga harus bebas hambatan hingga radius tertentu seperti yang telah diatur dan tercantum di dalam pedoman dan standard instalasi yang ada. Hendaknya fire hydrant box outdoor ditempatkan berjauhan pula dari area-area parkir kendaraan agar ketika akan dioperasikan dapat dijangkau dengan mudah dan tidak terhalangi.

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya