Ingin tahu tentang hydrant pillar dan cara kerjanya? Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Apa itu Hydrant Pillar?

Hydrant Pillar - Hydrant Pillar Three Way

Jika bicara soal sistem proteksi kebakaran, mungkin yang selalu muncul dalam benak Anda adalah gambar pillar. Hydrant pillar adalah suatu komponen dalam sistem proteksi kebakaran.

Pillar ini biasanya akan Anda jumpai di luar area gedung. Warnanya yang merah mencolok akan membuat Anda mudah untuk menemukannya. Pasalnya, tiap komponen proteksi kebakaran memang didesain demikian.

Hydrant pillar merupakan output atau jalur keluar media fire hydrant yang akan dihantarkan menuju lokasi kebakaran. Cara kerjanya pun tak lepas dari komponen-komponen fire hydrant lainnya.

Anda penasaran dengan car kerjanya? Yuk, kita ketahui lebih lanjut!

Cara Kerja Hydrant Pillar

Hydrant Pillar - Fire FIghting

Fire hydrant sistem menggunakan air sebagai medianya untuk memadamkan api. Maka dari itu, tiap sistem hydrant harus memiliki tempat penampungan air atau yang biasa disebut dengan reservoir.

Air dari reservoir kemudian di pompa dan didistribusikan melalui jaringan hydrant menuju pillar. Nah, di sinilah tugas pillar dimulai.

Hydrant pillar memang merupakan komponen krusial. Karena dia adalah output atau tempat keluarnya air yang akan digunakan untuk memadamkan api tersebut.

Jenis pillar ini pun ada tiga, yakni one way pillar, two way, dan three way. Sesuai namanya, masing-masing pillar memiliki jumplah jalurnya masing-masing.

Semakin banyak jumlah output, semakin cepat pula proses pemadaman api. Namun tentunya jenis pillar harus disesuaikan dengan tekanan air dan luas area gedung.

Namun, pillar ini tidak bisa bekerja sendiri. Terdapat aksesoris lainnya yang disimpan di dalam hydrant box.

Adapun aksesoris yang mendukung bekerja pillar adalah:

  • Fire Hose, selang yang akan mengalirkan air dari pillar menuju lokasi kebakaran.
  • Valve, katup seperti keran yang mengontrol keluarnya media air.
  • Nozzle, aksesoris yang mengatur arah pancaran air.

Setelah menggunakan aksesoris tersebut, pillar akan dengan mudah mengalirkan air ke titik lokasi api. Tak hanya itu, komponen ini juga dapat menyambungkan jaringan hydrant dengan mobil pemadam kebakaran bila pasokan air dari tandon tidak mencukupi.

 

Nah, itu dia ulasan tentang hydrant pillar dan cara kerjanya. Bila Anda berminat untuk membeli atau mengganti pillar untuk sistem proteksi kebakaran Anda, hubungi Patigeni sekarang juga, yuk!

Hydrant Pillar - Hydrant Pillar Ozeki