Waktu Tepat Penggunaan Alat Pemadam Apisalah satu bentuk citra perusahaan dan gedung adalah ditinjau dari keselamatan dan bencana kerja. Salah satu jenis bencana yang paling diperhatikan adalah kebakaran. kebakaran merupakan suatu reaksi yang terjadi karena adanya koneksi antara bahan yang mudah terbakar, sumber api dan oksigen. Jika terjadi kebakaran di gedung Anda, salah satu hal penting yang harus anda lakukan adalah mengetahui cara penggunaan alat pemadam kebakaran namun hal yang jauh lebih penting adalah anda tahu kapan anda menggunakan alat pemadam kebakaran yang anda miliki. Anda tidak diharuskan untuk menggunakan alat pemadam kebakaran yang ada di bangunan anda sendirian dengan  menempatkan diri dalam bahaya yang ekstrim dan tidak perlu.

Kapan Sih Waktu Tepat Penggunaan Alat Pemadam Api?

Selama terjadi kebakaran yang darurat, evakuasi yang aman harus menjadi satu-satunya point yang ada di pikiran Anda. Bahkan jika Anda memiliki akses untuk meraih alat pemadam kebakaran, Anda tidak perlu menggunakannya (jika kebakaran sudah besar dan tidak terkontrol). Underwriters ‘Laboratories, organisasi pengujian keselamatan dan sertifikasi global, menyarankan bahwa Anda hanya menggunakan alat pemadam kebakaran bila:

  • Api kecil dan tidak berkembang
  • Anda sudah familiar dengan cara menggunakan alat pemadam api
  • Anda memiliki jalan yang aman untuk keluar dari gedung
  • Anda sudah diizinkan oleh pemadam kebakaran / regu pemadam perusahaan
  • Ruangan tidak dipenuhi asap

Setiap tahun, banyak orang yang terluka saat mencoba memadamkan api kecil dalam bangunan mereka. Kontranktor proteksi kebakaran telah mengingatkan semua orang bahwa cara menanggulangi kebakaran yang paling tepat adalah dengan mereduksi potensi terjadinya kebakaran seawal mungkin artinya lakukan pencegahan. Salah satu pencegahan adalah dengan cara  menginstal sistem fire sprinkler pada bangunan anda serta mengevakuasi hal-hal yang dapat memicu kebakaran

Jika Anda merasa nyaman menggunakan alat pemadam kebakaran sendiri, pastikan bahwa alat pemadam kebakaran terisi dengan benar. Jika pada saat darurat dan anda mendapati bahwa alat pemadam kebakaran tidak dapat bekerja atau kehabisan media maka itu berarti kita sedang dalam kondisi yang sangat bahaya. Oleh sebab itu, NFPA telah menyarankan untuk melakukan inspeksi pada alat pemadam kebakaran untuk memastikan bahwa alat dapat digunakan dalam keadaan darurat. Umumnya pengisian ulang dilakukan setahun sekali terlebih jika alat baru sudah digunakan.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai alat pemadam kebakaran segera hubungi kontraktor proteksi kebakaran pilihan anda.