Mengatasi Tekanan Turun Pada Alat Pemadam Api

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Mengatasi Tekanan Turun Pada Alat Pemadam ApiAlat pemadam kebakaran merupakan salah satu jenis investasi di perusahaan atau gedung seperti bioskop, pusat perbelanjaan, perpustakaan, perkantoran dan sejenisnya. Alat pemadam kebakaran  melindungi material dan penghuni gedung agar tak terjadi kerugian material dan korban jiwa yang besar akibat kebakaran. alat pemadam kebakaran merupakan alat yang membutuhkan perhatian lebih terhadap perawatan, service dan perlu pula dicek isi dari agentnya. Alat pemadam kebakaran yang umumnya disediakan adalah alat pemdadam media air yang dirangkai dengan pipa, nozzle, valve dan lainnya, oleh sebab itu, perlu dikalukan inspeksi terhadap kinerjamasing masing alat agar tetap berfungsi dengan baik saat terjadi kebakaran. Bayangkan jika terjadi kebakaran dan selang kebakaran bocor akibat tak pernah dilakukan inspeksi, akan sangat merugikan bukan?. Kebakaran merupakan bencana yang dapat terjadi dimanapun dan kapanpun tanpa memilih.

Oleh sebab itu, sebagai pemilik atau penghuni, kita harus peduli terhadap tekanan turun pada alat pedaman api. Inspeksi salah satunya bertujuan mengetahui tekanan turun pada alat pedaman api. Umumnya dilakukan tiga bulan sekali namun hal ini tergantung dari petunjuk masing-masing kontraktor alat. Adapun permasalahan yang sering terjadi pada alat peamadam kebakaran misalnya terjadi penggumpalan pada media padat seperti bahan kimia kering, selang kebakaran mengalami kebocoran, korosi peralatan seperti valve hingga tekanan turun hingga alat pemadam kebakaran tak dapat digunakan lagi dan harus diganti dengan alat yang baru. tekanan yang turun merupakan salah satu bentuk masalah yang serius dan berakibat fatal  pada kerugian material dan aset. Tekanan sangat penting untuk memancarkan media ke tempat yang dituju, jika tak ada atau menurunnya tekanan dari tekanan setting, media tidak dapat ditujukan pada tempat yang terbakar. Tekanan juga berfungsi menyebarkan media dengan nozzle sehingga luas permukaan butiran media lebih besar.

Tekanan Turun pada Alat Pemadam Api Ini Penyebabnya

Sebelum menginstal alat pemadam kebakaran, sebaiknya kita mengetahui masalah apa saja yang akan dihadapi misalnya terjadi penurunan tekanan pada alat pemadam kebakaran. adapun penyebab terjadi penurunan tekanan pada alat pemadam kebakaran adalah karena kerusakan pada alat atau  salah penggunaan (human error) saat mengisi ulang media atau saat menggunakannya.  Kerusakan  alat misalnya pada tabung umumnya diakibatkan oleh seal yang berbeda merek dan spesifikasi atau dapat juga diakibatkan oleh seal yang memuai karena cairan kimia di dalam tabung. Selain itu, tekanan yang turun juga dapat diakibatkan oleh faktor spindle, masa penggunaan tabung yang telah lama mengakibatkan bahan konstruksi pada tabung keropos dan bocor menyebabkan penurunan tekanan.  Kesalahan  dari manusia (human error) yang  biasanya terjadi adalah teknisi yang kurang teliti saat melakukan pengisian media sehingga salah melakukan prosedur, adapula akibat salah penggunaan, banyak pemilik atau penghuni gedung yang bermain-main dengan alat pemadam kebakaran, melepas handle pin dan lain-lain yang akan berdapak pada turunnya tekanan. Sedikitpun bahan yaang keluar dari tabung tetap saja akan menurunkan tekanna pada alat sehingga alat pemadam kebakaran ini tidak dapat digunakan lagi apabila terus menerus tidak ditangani

Service tekanan turun pada alat pemadam api

Sangat di rekomendasikan bagi perusahaan dan gedung yang memiliki alat pemadam kebakaran untuk melakukan dan inspeksi guna mengoptimalkan kinerja alat dan keselamatan aset. Salah satu perusahaan terbaik di pasaran yang fokus pada bidang  fire safety yang memberika pelayanan “service” gratis pada alat pemadam kebakaran yang dibeli dari perusahaan ini apabila ditemukan masalah seperti tekanan turun selama alat masih dalam keadaan bersegel. Garansi alat kebakaran pada Patigeni adalah selama 5 tahun untuk alat pemadam kebakaran powder, karbondioksida dan HFC 227 serta garansi 2 tahun untuk media foam. Keunggulan menggunakan produk dari Patigeni adalah pelayanan yang diberikan pun bersifat “service on site” yang dikerjakan ditempat tabung berada. lebih hemat waktu downtime sehingga alat pemadam api dapat digunakan segera jika terjadi kebakaran.

 

Nuno adalah salah satu team kreatif patigeni.com yang selalu meningkatkan pengetahuan tentang sistem kebakaran, agar dapat berbagi dengan Anda melalui karya tulis yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta Fire suppression system merupakan rangkaian proteksi…
Baca Selengkapnya

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler Saat ini tersedia banyak sekali jenis…
Baca Selengkapnya

Bagaimana Cara Kerja Kitchen Suppression Systems?

Menurut data dari NFPA, 57% kebakaran restoran yang terjadi di US penyebab…
Baca Selengkapnya