Peraturan Pemerintah tentang Instalasi Sprinkler

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Peraturan Pemerintah tentang Instalasi SprinklerKebakaran merupakan bencana yang serius. Apalagi jika bangunan Anda merupakan bangunan yang berfungsi sebagai fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, museum, kantor dan sejenisnya. Ada banyak nyawa dan aset yang menjadi tanggung jawab Anda. Terlebih jika bangunan tersebut rumah sakit. Tak hanya nyawa karyawan anda namun juga nyawa pasien yang sedang dirawat dan mungkin evakuasi terhadap pasien akan sangat menyulitkan. Dibandingkan anda akan mengalami masalah serius seperti kerugian materi, aset dan bisnis serta ketidak percayaan masyarakat dan investor terhadap bangunan Anda, sebaiknya Anda menginvestasikan beberapa harta anda untuk menginstal alat dan sistem pemadam kebakaran. Apabila akar masalah diketahui bahwa pemilik bangunan tidak menyiapkan sistem proteksi dan alat pemadam kebakaran, tak mustahil jika anda dituntut untuk masuk penjara. Kasus kebakaran bukan merupakan kasus yang sepeleh, oleh sebab itu, pemerintah telah mengatur bahwa tiap-tiap bangunan dengan klasifikasi tertentu wajib melengkapi bangunannya dengan sistem proteksi kebakaran.

Peraturan Pemerintah tentang Instalasi Sprinkler

Salah satu sistem yang dianjurkan untuk diinstal adalah instalasi sprinkler. Sistem ini bekerja dengan prinsip yang sama seperti sistem hidran. sistem ini dikenal lebih sigap dalam melindungi bangunan dan praktis dibandingkan harus memanggil petugas pemadam kebakaran ataupun menunggu petugas yang profesional menggunakan sistem hidran. Sistem sprinkler bekerja secara otomatis artinya tidak dibutuhkan orang lain untuk mengendalikan atau mengoperasikannya. Sistem sprinkler akan aktif jika detektor telah mendeteksi adanya kebakaran di ruangan tersebut, air pemancar yang keluar dari kepala sprinkler memiliki daya tekan yang tinggi akibat lubang orifice pada kepala sprinkler dan tekanan dari pompa sehingga air pemancar yang keluar akan memadamkan ke seluruh area. Di dalam instalasi sistem sprinkler, ada banyak hal yang perlu dipatuhi. Ada banyak peraturan instalasi sprinkler baik secara nasional maupun internasional yang dikeluarkan oleh badan badan terkait. Misalnya instalasi sprinkler dapat digabung atau dirapel dengan hidran yang hanya menggunakan satu pompa untuk kedua sistem tersebut. Pernyataan ini dinyatakan oleh peraturan standar nasional Indonesia SNI 03-1745-2000.

Peraturan instalasi  sprinkler lainnya adalah temperatur operasi pada kepala sprinkler berkisar antara 57°C atau 68°C. Salah satu tipe sistem sprinkler juga bekerja layaknya heat detector yang mendeteksi adanya kenaikan temperatur namun pada kepala sprinkler sehingga jika melewati temperatur setting, sistem sprinkler akan aktif. Oleh sebab itu, penggunaan heat detector bersamaan dengan sistem sprinkler ini tak tepat, sebaiknya digunakan smoke detector. Apabila gedung telah dilindungi dengan sistem sprinkler maka ada peraturan instalasi sprinkler lain yang harus dipatuhi misalnya kompartemen, ketahanan api dan kombinasi sistem alarm dan detektor akan bekerja lebih ringan sehingga perlu adanya peninjauan kembali mengenai settingan sistem pada sistem sistem diatas. Misalnya pada suatu kelas kebakaran ringan dengan ketahanan dinding sekitar 1 jam maka setelah dipasang sistem sprinkler hal ini dapat ditinjau lagi hingga mencapai setengah jam atau kurang. Negara negara maju yang ada di dunia sebelumnya hanya menggunakan atau menginstal sistem proteksi berupa sistem detektor yang dikombinasikan dengan sistem alarm, sekarang pemerintah negara setempat telah mengharuskan instalasi sistem detektor harus dirapel dengan sistem sprinkler.

Nuno adalah salah satu team kreatif patigeni.com yang selalu meningkatkan pengetahuan tentang sistem kebakaran, agar dapat berbagi dengan Anda melalui karya tulis yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya