Storz Hydrant Nozzle

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Storz Hydrant Nozzle

Storz Hydrant Nozzle

Dalam upaya pemenuhan kebutuhan keamanan serta keselamatan dari ancaman terjadinya bencana kebakaran yang telah menjadi risiko setiap bangunan, maka setiap bangunan baik gedung bertingkat ataupun tidak hendaknya harus dilengkapi dengan konstruksi sistem proteksi bencana kebakaran demi mengantisipasi kerugian dan kerusakan fatal apabila bencana kebakaran terjadi sewaktu-waktu.

Tips Proteksi Kebakaran Hydrant

Salah satu sistem proteksi bencana kebakaran yang selalu menjadi andalan bagi setiap bangunan adalah sistem fire hydrant. Seperti yang telah diketahui secara umum, sistem fire hydrant tersebut merupakan suatu sistem yang berperan sebagai perangkat untuk memadamkan kobaran api kebakaran dengan memanfaatkan media air dalam melawan dan memadamkan api kebakaran.

Sistem fire hydrant pada dasarnya merupakan sistem yang berupa satu-kesatuan yang dibangun atas beragam macam komponen terpisah baik komponen utama hingga komponen pelengkap dan aksesoris pendukung, di mana masing-masing komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing yang berbeda namun saling berkaitan sehingga keseluruhan komponen hendaknya dijaga dengan baik agar daya fungsinya tidak turun dan berisiko menyebabkan kesalahan teknis saat sistem dioperasikan.

Secara garis besar, teknis kerja dari sistem fire hydrant ini dimulai ketika pump house (rumah pompa) diaktifkan, di mana pump house ini dibangun dengan terdirikan atas 3 buah pompa kebakaran (fire pumps). Pump house tersebut kemudian mengambil perannya selaku perangkat yang harus menyedot supply air dari dalam bak ataupun tangki persediaan supply air yang telah dibangun. Kemudian, supply air tersebut diberikan tekanan tinggi agar dapat terpasok melalui jaringan instalasi pipa-pipa air.

Seusai melewati jaringan instalasi pipa air, maka supply air yang telah dipompa dalam kondisi bertekanan tinggi tersebut akan sampai pada komponen output atau komponen keluaran dari sistem yang harus terlebih dahulu disambungkan dengan fire hose atau selang pemadam kebakaran. Ujung male pada fire hose tersebut harus disambungkan pada output valve atau katup keluaran yang ada pada komponen keluaran baik fire hydrant pillar maupun fire hydrant box. Sedangkan, ujung fire hose yang lain, yaitu ujung female, harus dipasang dengan hydrant nozzle yang merupakan perangkat pengatur keluarnya pancaran air.

Dalam proses menyambung fire hose tersebut, diperlukan sambungan berupa coupling maupun connection, di mana kedua sambungan ini memiliki jenis yang beragam seperti storz, machino, dan lain sebagainya. Penggunaan sambungan storz hydrant nozzle akan memudahkan penggunaan hydrant nozzle tersebut karena sambungan atau koneksi model storz ini memiliki banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan sambungan jenis lainnya.

Solusi Storz Hydrant Nozzle

Keunggulan-keunggulan dari sambungan dengan jenis storz tersebut di antaranya adalah memungkinkan proses pemasangan yang lebih cepat karena dalam memasang sambungan storz ini hanya membutuhkan putaran yang lebih sedikit, yaitu sekitar ¼ putaran dari total putaran yang dibutuhkan ketika memasang sambungan model lainnya. Sambungan storz ini  juga memiliki kemampuan untuk mencegah beberapa masalah yang mungkin terjadi dalam pemasangan seperti misalnya masalah cross-threading, dan masalah lainnya. Tak hanya itu, uniknya lagi, sambungan storz ini dirancang dengan desain hermaphrodite di mana ketika mengaplikasikannya sebagai koneksi, Anda tak perlu melihat ujung selang yang merupakan ujung female atau male, sehingga untuk pemasangan connection maupun coupling, Anda tak perlu memutar balik ujung selang. Sambungan storz ini juga telah didesain dengan memenuhi berbagai standard dan persyaratan, seperti standard NFPA – Fire Hose Connection, maupun standard-standard yang lain.

Berkat keunggulan-keunggulan dari sambungan model storz yang terbuat dari material kuningan ataupun alumunium ini, maka di beberapa Negara besar seperti Portugal, Australia, Austria, Jerman, Swiss, Denmark, Belanda, Yunani, dan juga Swedia telah menetapkan sambungan model storz sebagai standard coupling yang harus dipenuhi pada penggunaan fire hose connection.

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Restaurant Fire Suppression

Restaurant Fire Suppression adalah system kebakaran handal yang dapat mengantisipasi kebakaran pada…
Baca Selengkapnya

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta Pompa Hydrant adalah perangkat yang sangat penting dalam…
Baca Selengkapnya

Cek Penawaran Menarik Isi Ulang APAR Glodok di Sini!

Isi ulang APAR Glodok dan sekitarnya sekarang sudah tidak perlu bingung untuk…
Baca Selengkapnya