Alarm Pendeteksi Asap

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
KORAN KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Alarm Pendeteksi AsapAlarm pendeteksi asap berfungsi dalam proteksi gedung dan penyelamatan jiwa. Saat alarm pendeteksi mendeteksi adanya asap yang menyebar dengan cepat maka akan segera memberikan tanda bahaya berupa bunyi alarm, sehingga memungkinkan untuk pengguna gedung segera keluar dari gedung. Dengan adanya alarm pendeteksi asap inilah yang memungkinkan penyelamatan jiwa. Sebab berdasarkan penelitian 2/3 kematian dari kebakaran rumah atau gedung disebabkan tidak adanya alarm pendeteksi asap yang bekerja.

Memiliki alarm pendeteksi asap yang cukup pada bangunan anda sangat diperlukan. Penelitian tentang kebakaran meunjukkan bahwa perabotan modern saat ini dapat menyebar jauh lebih cepat daripada perabot yang umum digunakan pada masa lampau. Karena itu, jika memiliki jumlah alarm pendeteksi asap yang cukup dapat memaksimalkan jumlah waktu untuk proses evakuasi yang tersedia.

Menginstal Alarm Pendeteksi Asap

Pertama kali yang diperlukan dalam penginstalan alarm pendeteksi asap adalah memperhatikan pemilihan pendeteksi asap yang memiliki label dan pengujian dari laboratorium yang diakui. Selanjutnya penginstalan bisa dilakukan di ruang kerja, kamar tidur, ruang keluarga atau tempat penting lainnya. Untuk tempat-tempat yang dapat menimbukkan api kecil seperti dapur alarm pendeteksi ini setidaknya di pasang 3 meter dari alat memasak untuk menghindari false alarm.

Sebaiknya hindari pemasangan alarm pendeteksi pada tempat-tempat seperti di dekat jendela, pintu atau tempat lain yang kemungkinan dapat mengganggu sistem kerja mereka. Bisa karena menimbulkan banyak debu atau kotoran lainnya sehingga alat menjadi tidak awet. Selain itu juga jangan mengecat atau menghiasi alarm pendeteksi dengan stiker atau benda lain agar dapat bekerja maksimal.

Alarm pendeteksi asap bisa dihubungkan dengan pendeteksi yang lain sehingga jika salah satu alarm berbunyi maka alarm yang lainnya juga akan mengikuti, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi nirkabel atau hard-kabel. Sehingga perlindungan di rumah Anda menjadi lebih maksimal. Biasanya untuk penginstalan jenis ini, penting jika penggunaan alat adalah dari produsen yang sama sehingga alat bisa kompatibel dan alat bisa terdengar satu sama lainnya.

Terdapat dua jenis alarm pendeteksi asap yaitu ionisasi dan fotolistrik. Alat ionisasi umumnya lebih responsive terhadap nyala kebakaran dan fotolistrik umumnya lebih responsive pada nyala api membara. Untuk perindungan yang lebih ketat biasanya bisa digunakan dua alat ini dalam satu ruangan biasanya dua aarm ini disebut dengan sensor ganda alarm asap.

Pengujian Alarm Pendeteksi Asap

Alat pendeteksi asap ini harus dipelihara sesuai dengan instruksi dari pabrik yang mengeluarkannya. Sebaiknya setiap sebulan sekali diuji melalui tombol tes. Pastikan jika saat pengujian semua orang yang berada dalam gedung memahami dari bunyi alarm pendeteksi ini dan tahu cara menanganinya. Alarm pendeteksi harus dipelihara sesuai dengan instruksi pabrik.

Ikuti petunjuk produsen untuk membersihkan untuk menjaga alarm pendeteksi bekerja dengan baik. Petunjuk yang disertakan dalam paket atau dapat ditemukan di internet. Biasanya alat pendeteksi asap ini akan tetap bekerja efektif selama 10 tahun dan baterainya pun bertahan selama 10 tahun juga. Saat alarm sempat berbunyi menandakan bahwa baterai telah habis dan sebaiknya segera ganti perangkat alarm pendeteksi asap dengan segera. Jika hanya ingin mengganti baterainya saja, sebaiknya gunakan baterai yang sesuai dengan merk alarm pendeteksi atau sesuai dengan instruksi pabrik. Kadang alarm pendeteksi asap tidak dapat bekerja dengan baik jika baterai yang digunakan tidak sesuai dengan instruksi yang ada.

Pemahaman tentang kerja alat pendeteksi asap ini tentu sangat dibutuhkan, terutama bagi orang awam yang belum mengenal dengan benar tentang alarm pendeteksi ini dan kerjanya. Sehingga dengan ini diharapkan dapat memperluas lagi pengetahuan Anda tentang peralatan proteksi kebakaran untuk gedung yang lebih efektif.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Jual Jockey Pump Versa - Distributor Jockey Pump

Jual Jockey Pump Versa untuk Kestabilan Hydrant Anda

Anda mencari tempat jual jockey pump Versa? Di sini kamu akan menemukan…
Baca Selengkapnya
Harga Electric Fire Pump - Distributor Electric Pump

Harga Electric Fire Pump di Distributor Terpercaya

Anda sedang mencari harga electric fire pump yang sesuai dengan budget Anda?…
Baca Selengkapnya
Jual Fire Pump Torishima - Distributor Fire Pump Torishima

Jual Fire Pump Torishima, Pompa Kebakaran Terbaik di Kelasnya

Anda sedang mencari tempat jual fire pump Torishima? Tentunya hal tersebut wajar…
Baca Selengkapnya