Cara Kerja Photoelectric Smoke Detector

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Cara Kerja Photoelectric Smoke DetectorPotensi kebakaran pada tiap bangunan memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Tetapi hal ini bukan berarti kita tidak waspada terhadap terjadinya kebakaran walaupun kita tinggal di gedung yang berpotensi kebakaran rendah. Langkah proteksi kebakaran salah satunya dengan perangkat detektor asap. Mengapa kita membutuhkan detektor asap? Pada umumnya, detektor asap dapat memberikan peringatan lebih cepat terhadap adanya kabakaran dibandingkan dengan indra penciuman manusia, terutama ketika sedang dalam keadaan tidur. Asap dari kebakaran juga mengandung zat beracun dan bersifat seperti anestesi ketika kita sedang tidur. Bahkan, kebanyakan korban meninggal akibat kebakaran ditemukan masih berada dalam kondisi tidur dan tidak menyadari adanya api. Pada artikel sebelumnya, kita sudah mengenal Ionization Smoke Detector. Kali ini, kita akan membahas mengenai jenis detektor asap lainnya, yaitu Photoelectric Smoke Detector.

Sama seperti ionization smoke detector, photoelectric smoke detector memiliki tampilan fisik berbentuk lingkaran dengan ukuran yang bervariasi. Penempatan detektor asap tersebut biasanya diletakkan pada langit-langit ruangan dengan jumlah yang berbeda-beda pula menyesuaikan luas ruangan yang diproteksi. Detektor asap pada bangunan yang luas seperti pabrik, perkantoran, maupun perumahan biasanya dikendalikan oleh sebuah panel yang lebih dikenal dengan istilah Main Control Fire Alarm (MCFA). Panel tersebut menggunakan aliran listrik dari bangunan dan baterai cadangan, maka jika listrik padam, detektor tetap dapat mendeteksi asap.

Cara Kerja Photoelectric Smoke Detector VS Ionisasi

Jika pada ionization smoke detector kita mengenal ruang ionisasi, pada photoelectric smoke detector terdapat sebuah ruang yang berbentuk T. Di dalam detektor terdapat sebuah semikonduktor yang dapat mengeluarkan cahaya pada bagian atas ruang. Pada bagian bawah, terdapat sebuah photocell yang dapat mendeteksi adanya cahaya yang masuk. Jadi, prosesnya adalah asap yang masuk ke dalam detektor mengenai sumber cahaya dalam detektor. Kemudian, cahaya tersebar ke dalam detektor dan mengenai photocell yang sensitif dan mendeteksi adanya cahaya. Proses tersebut yang memicu alarm sebagai penanda adanya asap pada sebuah bangunan.

Secara umum, detektor asap jenis photoelectric smoke detector lebih cocok digunakan untuk mendeteksi timbulnya api yang tidak terlalu besar dan penyebaran api yang lambat. Jika suatu bangunan memiliki potensi kebakaran dengan penyebaran api secara tepat, maka lebih cocok menggunakan ionization smoke detector. Keduanya tentu dapat mendeteksi adanya sumber api dengan baik, hanya saja berbeda dari reaksi dari ketepatan waktu, tergantung dari jenis api yang timbul pada sebuah bangunan.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Restaurant Fire Suppression

Restaurant Fire Suppression adalah system kebakaran handal yang dapat mengantisipasi kebakaran pada…
Baca Selengkapnya

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta Pompa Hydrant adalah perangkat yang sangat penting dalam…
Baca Selengkapnya

Cek Penawaran Menarik Isi Ulang APAR Glodok di Sini!

Isi ulang APAR Glodok dan sekitarnya sekarang sudah tidak perlu bingung untuk…
Baca Selengkapnya