Cara Menentukan Alat Pemadam Kebakaran Sesuai Kebutuhan

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Cara Menentukan Alat Pemadam Kebakaran Sesuai Kebutuhan

Cara Menentukan Alat Pemadam Kebakaran Sesuai Kebutuhan

Pernahkah Anda membuang air tepat saat Anda melihat ada kobaran api di dapur yang membumbung tinggi? Biasanya kebakaran jenis ini dikarenakan lemak dan minyak. Sehingga, terjadilah kebakaran yang makin menyebar. Nah, dari sinilah, perlu Anda ketahui bahwa ternyata jenis dan penyebab terjadinya kebakaran itu selalu berbeda – beda dan tidak sama. Karena semua jenis kebakaran itu disebabkan oleh bahan yang tidak sama, maka perlakukan untuk mengatasinya pun juga pastinya berbeda.

Ada beberapa alat pemadam kebakaran yang secara efektif mampu mengatasi semua jenis penyebab terjadinya kebakaran, namun ada pula beberapa alat yang justru membahayakan nyawa Anda. Jadi, bagaimanakah caranya supaya tahu tentang bagaimana cara menentukan alat pemadam kebakaran sesuai kebutuhan yang benar itu?

Cara Menentukan Alat Pemadam Kebakaran Sesuai Kebutuhan di Lapangan

Karena pada kenyataannya, ternyata ada banyak pengguna yang tidak memperhatikan bahwa setiap alat pemadam kebakaran itu mempunyai kelasnya masing – masing.  Dari situlah Anda bisa mengetahui alat pemadam kebakaran manakah yang sesuai dengan yang akan Anda gunakan nanti. Berikut ini adalah beberapa hal terkait dengan penjelasan cara menentukan alat pemadam kebakaran sesuai kebutuhan yang benar, antara lain:

Kelas A

Jika di rumah Anda terdapat alat pemadam kebakaran dari kelas A, maka perlu Anda ketahui bahwa alat yang satu ini merupakan alat pemadam kebakaran yang cocok sekali digunakan untuk mengatasi kebakaran yang dikarenakan oleh kain, kertas, kayu, plasik, dan karet. tipe ini bisa dipadamkan dengan baik menggunakan Powder, Gas Liquid, dan Foam.

Kelas B

kebakaran yang disebabkan oleh kelas B ini dikarenakan oleh adanya cairan yang gampang terbakar. Carian yang kami maksudkan disini adalah bensin, minyak, dan beberapa minyak dan cairan yang lain yang dapat menyebabkan kobaran api bisa menjadi makin meluas. Alat pemadam yang cocok adalah Powder, Foam

Kelas C

kebakaran akibat korsleting listrik sangat efektif bila dipadamkan dengan Alat Pemadam media CO2, Gas Liquid, dan Powder.

Kelas D

Alat pemadam kebakaran yang satu ini dibuat khusus untuk memadamkan api yang berasal dari sebuah logam yang gampang terbakar. Jenis ini kerap digunakan di beberapa pabrik ataupun tempat yang lainnya saat logam tersebut dipakai untuk sebuah keperluan yang penting. media yang cocok adalah Powder, gas liquid.

Kelas K

Kelas ini dipakai untuk kebakaran api yang berasal dari minyak. Misalnya saja seperti minyak nabati, minyak sayur, dan beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran. Alat ini sering digunakan untuk memadamkan api di sekitar dapur, restoran, dan juga beberapa cafetaria. Powder dan HFC227 bisa efektif untuk memadamkan kelas K ini.

Bila Anda tidak memahami lebih dulu tentang bahan yang digunakan untuk memadamkan  api, maka sebaiknya perhatikan lebih dulu tentang macam-macam terjadinya kebakaran itu sendiri karena ada banyak penyebab terjadinya kebakaran yang penting untuk Anda. Dari situlah nantinya Anda bisa mencari tahu tentang seperti apakah alat pemadam kebakaran yang tepat dan bisa digunakan sesuai kebutuhan. Dengan begitu, proses pemadaman pun dapat dilakukan dengan lancar.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya