Cek Fungsi Sprinkler

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Cek Fungsi Sprinkler, untuk apa?

Cek Fungsi Sprinkler

Fire Sprinkler adalah sistem pemadam kebakaran berbasis air yang memiliki 2 fungsi utama. yakni, untuk mendeteksi suhu panas yang terjadi akibat kebakaran, dan sekaligus sebagai eksekutor pemadam secara langsung. hal ini yang membedakan dengan fire hydrant yang harus ada operator untuk menjalankan system. Jika di kantor Anda telah terpasang sistem sprinkler itu artinya perusahaan Anda mengindahkan aspek safety. Sprinkler dapat mengurangi resiko kerugian akibat kebakaran. Sprinkler mampu memadamkan api secara merata diseluruh ruangan terdampak. Namun, apa jadinya jika sprinkler tidak berfungsi? Kegagalan yang terjadi biasanya karena kinerja fire sprinkler yang menurun atau sebab lain. Karena itu perlu dilakukan inspeksi atau pengecekan sprinkler untuk memastikan kinerja sprinkler dalam keadaan baik.

Perlu diketahui bahwa sprinkler bekerja mendeteksi panas. Pada toleransi suhu tertentu, cairan dalam tabung akan pecah sehingga kepala sprinkler mengeluarkan air. Namun sprinkler mengeluarkan air lebih sedikit dibandingkan dengan petugas pemadam kebakaran. Hal ini karena sprinkler memang difungsikan untuk memadamkan api yang relatif masih kecil.

Cek Fungsi Sprinkler Itu Penting dilakukan Secara Berkala

Sprinkler merupakan sistem yang  sangat efektif; Namun, sebuah laporan yang diterbitkan oleh John Hall, Jr. Dengan judul “US Experience with Sprinkler” mengungkapkan bahwa pernah terjadi kebakaran pada tahun  2007-2011 di Amerika bahwa sprinkler dioperasikan. Namun Tingkat efektivitas sprinkler sangat rendah. Mengapa sistem sprinkler mengalami kegagalan dalam keadaan darurat?

National Fire Prevention Research Foundation (NFRP) mengungkapkan beberapa alasan utama kegagalan sistem sprinkler antara lain:

  • 64% Sakelar dari sistem mati sebelum api mulai. Hal ini dapat terjad idalam proses pemeriksaan rutin atau pemeliharaan dan mudah untuk memantau keamanan.
  • 17% Kurangnya pemeliharaan. Jika sistem sprinkler tidak dipelihara, kemungkinan sprinkle tidak akan beroperasi dengan baik dalam keadaan darurat.
  • 6% intervensi manual yang mengalahkan. Kadang-kadang pengguna memaksa untuk mematikan dan merusak sistem saat operasi sprinkler berlangsung.
  • 6% sistem tidak pantas untuk beberapa jenisapi. Sebuah perusahaan perlindungan kebakaran yang kompeten dapat membantu Anda menentukan sistem sprinkler yang tepat untuk bangunan Anda, apakah itu pipa basah atau sistem pipa kering.
  • 7% kerusakan komponen. Inspeksi Cek Fungsi Sprinkler dan pemeliharaan dapat memastikan bahwa peralatan perlindungan kebakaran adalah dalam keadaan berfungsi.

.

 

 

Nuno adalah salah satu team kreatif patigeni.com yang selalu meningkatkan pengetahuan tentang sistem kebakaran, agar dapat berbagi dengan Anda melalui karya tulis yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya