Cek Fungsi Sprinkler, untuk apa?

Cek Fungsi Sprinkler

Fire Sprinkler adalah sistem pemadam kebakaran berbasis air yang memiliki 2 fungsi utama. yakni, untuk mendeteksi suhu panas yang terjadi akibat kebakaran, dan sekaligus sebagai eksekutor pemadam secara langsung. hal ini yang membedakan dengan fire hydrant yang harus ada operator untuk menjalankan system. Jika di kantor Anda telah terpasang sistem sprinkler itu artinya perusahaan Anda mengindahkan aspek safety. Sprinkler dapat mengurangi resiko kerugian akibat kebakaran. Sprinkler mampu memadamkan api secara merata diseluruh ruangan terdampak. Namun, apa jadinya jika sprinkler tidak berfungsi? Kegagalan yang terjadi biasanya karena kinerja fire sprinkler yang menurun atau sebab lain. Karena itu perlu dilakukan inspeksi atau pengecekan sprinkler untuk memastikan kinerja sprinkler dalam keadaan baik.

Perlu diketahui bahwa sprinkler bekerja mendeteksi panas. Pada toleransi suhu tertentu, cairan dalam tabung akan pecah sehingga kepala sprinkler mengeluarkan air. Namun sprinkler mengeluarkan air lebih sedikit dibandingkan dengan petugas pemadam kebakaran. Hal ini karena sprinkler memang difungsikan untuk memadamkan api yang relatif masih kecil.

Cek Fungsi Sprinkler Itu Penting dilakukan Secara Berkala

Sprinkler merupakan sistem yang  sangat efektif; Namun, sebuah laporan yang diterbitkan oleh John Hall, Jr. Dengan judul “US Experience with Sprinkler” mengungkapkan bahwa pernah terjadi kebakaran pada tahun  2007-2011 di Amerika bahwa sprinkler dioperasikan. Namun Tingkat efektivitas sprinkler sangat rendah. Mengapa sistem sprinkler mengalami kegagalan dalam keadaan darurat?

National Fire Prevention Research Foundation (NFRP) mengungkapkan beberapa alasan utama kegagalan sistem sprinkler antara lain:

  • 64% Sakelar dari sistem mati sebelum api mulai. Hal ini dapat terjad idalam proses pemeriksaan rutin atau pemeliharaan dan mudah untuk memantau keamanan.
  • 17% Kurangnya pemeliharaan. Jika sistem sprinkler tidak dipelihara, kemungkinan sprinkle tidak akan beroperasi dengan baik dalam keadaan darurat.
  • 6% intervensi manual yang mengalahkan. Kadang-kadang pengguna memaksa untuk mematikan dan merusak sistem saat operasi sprinkler berlangsung.
  • 6% sistem tidak pantas untuk beberapa jenisapi. Sebuah perusahaan perlindungan kebakaran yang kompeten dapat membantu Anda menentukan sistem sprinkler yang tepat untuk bangunan Anda, apakah itu pipa basah atau sistem pipa kering.
  • 7% kerusakan komponen. Inspeksi Cek Fungsi Sprinkler dan pemeliharaan dapat memastikan bahwa peralatan perlindungan kebakaran adalah dalam keadaan berfungsi.

.