Mengenali Control Panel Berstandar NFPA

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Control Panel Berstandar NFPA, Apa maksud dari pernyataan tersebut?

Control panel berstandar NFPA

Standar dan aturan baku menjadi landasan fundamental yang harus dipenuhi produsen alat pemadam api di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Salah satunya adalah standardisasi control panel. Instalasi control panel pada alarm kebakaran harus memenuhi semua persyaratan standar dunia. Diantaranya adalah California Building Code (CBC)  tahun 2013, California Fire Code (CFC) tahun 2013, California Electrical Code (CEC) tahun 2013, hingga National Fire Alarm and Signaling Code (NFPA 72) tahun 2013. Selain persyaratan ini, panel kontrol alarm kebakaran juga harus memenuhi persyaratan lain seperti dibawah ini :

Control Panel Berstandar NFPA, Apa Saja Poinnya

Lokasi Panel

selain bangunan bertingkat tinggi, panel kontrol juga harus ditempatkan di lobi utama pintu masuk gedung atau di kamar, ruang listrik atau ruang telepon. Panel harus dilindungi dari akses yang berbahaya. Jika panel diletakkan dalam sebuah ruangan, maka ruangan tersebut harus diberi label sesuai dengan Pasal 509 dari standar CFC. Izin instalasi harus sesuai dengan Pasal 110 dari standar CEC. Sementara dalam bangunan bertingkat tinggi, panel kontrol harus terletak di pusat komando api seperti yang dipersyaratkan oleh Pasal 911 dari standar CBC.

  1. Remote Annunciators
    Ketika panel kontrol alarm kebakaran tidak diinstal di lobi utama, maka panel Remote Annunciators harus disediakan di dalam gedung pintu masuk utama.
  2. Situs dengan Beberapa Bangunan
    Masing-masing bangunan individu dilengkapi dengan sistem alarm kebakaran yang memiliki panel kontrol alarm kebakaran sendiri. Panel diizinkan untuk saling berhubungan sehingga hanya akan ada satu panel yang berhubungan dengan stasiun pengawasan. Sinyal identifikasi yang dikirim ke stasiun pengawasan harus jelas sehingga petugas pemadam kebakaran dapat merespon langsung pada alarm di gedung. Situasi ini akan ditinjau pada kasus dasar Life Safety Plan Review Section pada Seksi Departemen Pelayanan Pengembangan .
  3. Metode Komunikasi
    Metode komunikasi yang sesuai dengan Bab 26 dari standar NFPA 72 dan terdaftar oleh California State Api Marsekal yang diizinkan. Metode tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada pemancar digi­tal alarm communicator transmitters (DACTs), komunikator seluler, dan pemancar menggunakan Internet Protocol (IP). Per bagian 26.6.3.2.1.4 dari standar NFPA 72, ketika menggunakan DACTs, hanya satu saluran telepon dapat digunakan bersama dengan metode lain yang disetujui oleh Bagian 26.6.3.2.1.4. Jika IP komunikator yang digunakan, mereka harus dipasang sedemikian rupa sehingga tidak memungkinkan terjadi hilangnya komunikasi dengan stasiun pengawasan saat pemeliharaan untuk server sedang dilakukan.
  4. NonaktifkanTombol
    Tombol “Hot” pada panel kontrol alarm kebakaran tidak akan diprogram untuk menonaktifkan notifikasi keselamatan yang dikendalikan oleh panel. Kombinasi Kebakaran dan Pencurian Panel Alarm
    kombinasi kebakaran dan sistem alarm pencuri tidak akan diizinkan. kombinasi panel dicek oleh California State Api Marsekal untuk penggunaan alarm kebakaran komersial yang diizinkan asalkan hanya digunakan untuk tujuan alarm kebakaran.

Control Panel Berstandar NFPA, prosedur penggantian

Ketika panel kontrol alarm kebakaran tidak mampu mendukung perangkat baru atau peralatan yang dibutuhkan untuk perbaikan bangunan penyewa tidak tersedia. maka panel baru dan semua pekerjaan baru yang terkait dengan peningkatan (upgrading) sistem harus memenuhi kode persyaratan yang berlaku saat ini. Selain itu, wilayah inti bangunan juga harus mematuhi persyaratan kode. Daerah inti meliputi lobi, kamar mandi umum, dan koridor umum. Semua penggantian kontrol Panel kebakaran jenis sistem smoke Fighter akan membutuhkan persetujuan dari Senior Proteksi Kebakaran Pekerjaan Pembangunan Layanan Departemen. Biaya untuk mengganti panel kontrol alarm kebakaran meliputi biaya perbaikan, pemeriksaan dan inspeksi serta ditambah dengan biaya administrasi yang diuraikan dalam Tabel 501C Informasi Buletin 501 (Izin Daftar Biaya Konstruksi -struktur).

Biaya rencana pemeriksaan akan didasarkan pada jumlah perangkat baru yang diinstal. Biaya inspeksi akan didasarkan pada jumlah perangkat baru terpasang ditambah jumlah perangkat yang ada yang merupakan bagian dari sistem alarm kebakaran. Semua proyek yang mencakup pemasangan panel kontrol alarm kebakaran baru akan memerlukan tes 100% dari sistem alarm kebakaran selama pemeriksaan akhir.

 

Nuno adalah salah satu team kreatif patigeni.com yang selalu meningkatkan pengetahuan tentang sistem kebakaran, agar dapat berbagi dengan Anda melalui karya tulis yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta Fire suppression system merupakan rangkaian proteksi…
Baca Selengkapnya

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler Saat ini tersedia banyak sekali jenis…
Baca Selengkapnya

Bagaimana Cara Kerja Kitchen Suppression Systems?

Menurut data dari NFPA, 57% kebakaran restoran yang terjadi di US penyebab…
Baca Selengkapnya