Definisi Hydrant Box

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Definisi Hydrant Box

 Definisi Hydrant Box

Sebagai bentuk upaya melindungi bangunan dari risiko ancaman bahaya kebakaran, hendaknya suatu bangunan ataupun gedung, terutama untuk gedung-gedung yang bertingkat, dilengkapi dengan alat-alat pemadam api portable hingga perangkat sistem perlindungan bencana kebakaran. Berbeda dengan alat-alat pemadam api jenis portable yang mampu dipilih dengan lebih mudah, memilih dan menentukan jenis sistem perlindungan bencana kebakaran yang akan menjadi unit perlindungan dari suatu bangunan bukanlah hal yang dapat dilakukan secara mudah.

Tips Sistem Perlindungan Kebakaran

Dibutuhkan kerjasama dengan pihak perusahaan yang bergerak dalam jasa kontraktor fire fighting sehingga dapat dilakukan peninjauan, penganalisaan serta perhitungan yang cermat mengenai jenis klasifikasi risiko kebakaran yang mungkin terjadi berdasarkan aktivitas operasional dan muatan yang ada di dalam bangunan serta tingkat kebutuhan perlindungan bencana kebakaran yang diperlukan. Setelah terbentuk suatu perencanaan konstruksi, maka dapat dilanjutkan dengan tahap pemilihan atau penentuan jenis sistem perlindungan yang sesuai.

Perangkat fire hydrant system merupakan salah satu perangkat sistem perlindungan bencana kebakaran yang direkomendasikan sebagai unit perlindungan bangunan Anda. Seperti yang telah diketahui, perangkat fire hydrant system dirancang apik dengan sistem kerja yang memanfaatkan media air sebagai agen untuk mengendalikan dan memadamkan kobaran api kebakaran, sehingga perangkat fire hydrant system ini dapat diaplikasikan sebagai unit perlindungan yang sangat fleksibel untuk berbagai kebutuhan dan jenis klasifikasi kelas kebakaran, seperti bangunan-bangunan dengan potensi risiko kebakaran berklasifikasi kelas A atau kebakaran akibat muatan kering dan padat, kebakaran akibat cairan yang mudah terbakar, dan klasifikasi kebakaran lainnya (kecuali kebakaran akibat korslet arus listrik).

Tak hanya keunggulan perangkat fire hydrant system dalam segi fleksibilitas media pemadam yang berupa air, perangkat fire hydrant system juga banyak dipilih dengan pertimbangan fleksibilitas perangkat yang dapat dikonstruksi untuk pemenuhan kebutuhan perlindungan bencana kebakaran baik di dalam gedung atau indoor hingga pemenuhan kebutuhan perlindungan bencana kebakaran untuk halaman terbuka atau outdoor.

Mengenal Hydrant Box

Pada dasarnya, kedua jenis konstruksi tersebut, baik perangkat fire hydrant system model indoor ataupun outdoor memiliki fungsi yang sama persis. Perbedaan di antara keduanya hanya terletak dari segi jaringan instalasi dan komponen hydrant box karena komponen hydrant box untuk jenis indoor berbeda dengan komponen hydrant box untuk jenis outdoor.

Mengenai definisi hydrant box, hydrant box ini merupakan salah stau komponen utama dalam rangkaian perangkat fire hydrant system yang memiliki peran sebagai perangkat penyimpanan alat-alat pelengkap fire hydrant system, seperti hose nozzle, hydrant valve, fire hose, dan lain sebagainya, di mana dengan hadirnya komponen hydrant box ini diharapkan dapat melindungi alat-alat atau fire equipment tersebut dari beragam gangguan maupun kondisi yang dapat menurunkan daya fungsi equipment apabila diletakkan di tempat yang terbuka. Selain itu, dengan adanya komponen fire hydrant box pula, fire equipment tersebut dapat lebih mudah untuk ditemukan dan dijangkau. Penyimpanan fire equipment di dalam hydrant box juga dapat memperindah tampilan fire equipment sehingga tidak berantakan. Tingkat keamanannya pun lebih terjamin karena komponen hydrant box ini juga dilengkapi dengan fitur kunci.

Fire hydrant box indoor dan outdoor tak hanya memiliki perbedaan yang terletak pada ukuran dimensi box serta kemampuan kuantitas penampungan, tetapi juga perbedaan output valve yang berfungsi sebagai komponen keluaran supply air yang telah dipompa dalam tekanan yang tinggi oleh fire pumps. Pada hydrant box indoor, di dalamnya tersimpan fire hose yang ujungnya telah disambungkan dengan jaringan instalasi perpipaan air, sehingga apabila bencana kebakaran terjadi, petugas hanya tinggal menarik fire hose yang telah disusun pada hose rack dan mengaktifkan valve agar supply air dapat mengalir.

Sementara pada hydrant box outdoor, tidak ada sambungan langsung ke jaringan instalasi perpipaan air, melainkan hanya sebagai box penyimpanan peralatan fire hose serta hose nozzle, karena pada model konstruksi outdoor, komponen output atau keluaran supply air diserahkan pada hydrant pillar yang dibangun berdekatan dengan hydrant box outdoor. Dari output valve yang terdapat pada hydrant pillar tersebut lah, fire hose akan disambungkan untuk mendapatkan aliran supply air.

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Aksesoris Hydrant - Aksesoris Hydrant

Aksesoris Hydrant dalam Sistem Fire Hydrant

Aksesoris hydrant merupakan komponen-komponen pendukung bekerjanya sistem fire hydrant. Lalu bagaimana kah…
Baca Selengkapnya
Pengertian Hydrant - Fire Hydrant

Pengertian Hydrant dan Cara Kerja Sistemnya

Pengertian hydrant dalam sebuah sistem proteksi kebakaran harus Anda ketahui sebagai pengguna…
Baca Selengkapnya

Cara kerja Beam Detector Fire Alarm

Cara kerja Beam Detector Fire Alarm Pendeteksian sinar / beam telah menjadi…
Baca Selengkapnya