Heat Detector Hooseki, Investasi Bisnis Anda!

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Heat Detector Hooseki, Investasi Bisnis Anda!Bangunan memiliki potensial tersendiri terhadap resiko kebakaran. Hal ini tergantung dari komponen-komponen yang terdapat dalam ruangan. Resiko paling besar terjadinya kebakaran yaitu pada ruangan dapur komersil atau bangunan penyimpan bahan bakar cair serta bangunan yang memiliki banyak aktivitas panas.untuk itu, fire alarm menjadi salah satu komponen yang paling penting dalam bangunan untuk melindungi aset dari ancaman kerugian akibat kebakaran baik berupa material maupun nyawa orang lain. Dengan adanya fire alarm maka tindakan penyelamatan dan evakuasi akan mudah dilakukan. Pada umumnya, fire alarm terdiri dari komponen detektor yang berfungsi untuk mendeteksi adanya kebakaran. salah satu jenis detektor yang paling banyak digunakan adalah heat detector. Heat detector dirancang untuk mengaktifkan alarm peringatan ketika terjadi kenaikan temperatur pada ruangan dari temperatur yang telah disetting. Biasanya, Heat Detector akan aktif bila mendeteksi suhu yang mencapai 55o C sampai dengan suhu ekstrem yang mencapai titik 63o C, atau dapat pula aktif hanya dengan mendeteksi kenaikan suhu antara 12o C hingga 15o C.

Heat Detector Hooseki Sangat Fleksibel

Heat detector dapat diletakkan dimanapun dan bersifat fleksibel tidak seperti smoke detector yang lokasi penginstalan harus disesuaikan atau jauh dari lokasi yang berpotensi asap guna menghindari alarm palsu misanya ruang bebas rokok. prinsip kerja heat detector ada dua jenis yaitu Heat Detector dengan Fixed Temperature dan sistem Rate-of-Rise (ROR). Heat Detector dengan sistem Fixed Temperature memberikan deteksi dengan adanya perubahan bentuk komponen di dalam detector dari padat menjadi cair tiap kenaiakn temperatur. perubahan fase ini terjadi ketika temperatur mencapai 47o C. Salah satu contoh zat yang diguankan sebagai komponen heat detector tipe fixed temperature adalah tin atau timah yang memiliki sifat fisik musah mencair ketika mencapai temoeratur tertentu.

Tipe heat detector yang kedua adalah Rate-of Rise (ROR) merupakan tipe yang akan aktif jika komponen mengalami perubahan secara cepat. Umumnya, komponen sensor yang digunakan pada tipe ini adalah jenis logam. Apabila logam menbdeteksi kenaikan temoeratur yang tinggi, komponen akan mengalami perubahan. Logam yang telah mengalami perubahan bentuk inilah yang akan menjadi sumber tegangan listrik dan mengaktifkan alarm kebakaran.

Dari kedua tipe yang telah dijelaskan diatas, tipe ROR atau Rate-of-Rise merupakan yang paling banyak digunakan karena area sensornya lebih luas yaitu mencapai 50 m2 bila sistem dipasang pada langit-langit atau plafon yang berketinggian 4 m. Namun, apabila sistem dipasang pada  ketinggian antara 5 m hingga maksimal 8 m, maka jangkauan deteksi panasnya berkurang menjadi hanya seluas 30 m2.  Sedangkan fixed temperature memiliki daya jangkau  yang hanya mencapai 30 m2 dengan ketinggian pemasangan 4 m, dan daya jangkau seluas 15 m2 ketika dipasang pada ketinggian 5 m hingga 8 m. Tipe ROR bekerja lebih cepat dibandingkan tipe fixed temperature karena bimetal akan meleleh lebih cepat dibandingkan dengan timah pada fixed temperature.

Salah satu jenis detektor panas yang paling banyak digunakan di pasaran adalah Detektor panas Hooseki Seri HS-WS19L. Hooseki merupakan merek perusahaan yang memproduksi alat pemadam kebakaran berkualitas termasuk detektor panas.

 

Keuntungan mengunakan detektor panas Hooseki Seri HS-WS19L :

  • Detektor panas Hooseki HS-WS19L mampu mendeteksi kebakaran dengan cepat
  • Detektor panas ini menjamin daya tahan  dan kinerja dalam jangka waktu yang lama dan tidak mudah rusak
  • Detektor panas Hooseki Seri HS-WS19L dibuat dengan menggunakan komponen yang berkualitas tinggi dan dapat diandalkan dan Memiliki lampu indikator berwarna merah pada saat diaktifkan
  • Terbuat dari bahan plastik yang tahan terhadap api dan temperatur yang tinggi
  • Menggunakan koneksi non-terpolarisasi untuk menghindari kesalahan instalasi kabel.

 

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta Pompa Hydrant adalah perangkat yang sangat penting dalam…
Baca Selengkapnya

Cek Penawaran Menarik Isi Ulang APAR Glodok di Sini!

Isi ulang APAR Glodok dan sekitarnya sekarang sudah tidak perlu bingung untuk…
Baca Selengkapnya

Pemeriksaan dan Pengujian Hidrostatik APAR

Dokumen Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 26 tahun 2008 tentang "Persyaratan Teknis…
Baca Selengkapnya