Inspeksi periodik dan pengujian Fire Alarm

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Mengapa Inspeksi periodik dan pengujian Fire Alarm sangat penting?

Inspeksi periodik dan pengujian Fire Alarm

Inspeksi periodik Fire Alarm adalah metode pengujian yang dilakukan untuk mengetahui fungsionalitas dan kondisi sistem alarm kebakaran yang telah terpasang sebelumnya. Hal ini menjadi tanggung jawab pemilik gedung (owner) untuk memastikan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik. Inspeksi periodik dan pengujian Fire Alarm dapat dilakukan oleh teknisi ahli (elektrikal) yang paham sistem alarm kebakaran dari organisasi internal maupun dapat menunjuk perusahaan yang kompeten untuk melakukan inspeksi dan pengujian rutin. catatan penting sebelum dilakukan inspeksi atau pengujian diharuskan memberikan peringatan ke seluruh penghuni gedung agar tidak panik jika ada alarm yang berbunyi karena sedang ada pengetesan. beberapa case yang kami tangani, pengecekan dan pengujian dilakukan diluar jam kerja agar tidak menggangu aktifitas penghuni gedung.

Inspeksi periodik dan pengujian Fire Alarm apa saja tahapannya?

Inspeksi periodik dan pengujian Fire Alarm telah diatur secara detail pada dokumen SNI  03-3985-2000 tentang  Tata cara perencanaan, pemasangan dan pengujian sistem deteksi dan alarm kebakaran untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan gedung pada halaman 27. Tahapan-tahapannya yang menjadi acuan sebagai berikut:

  1.  Pemeriksaan Visual terhadap semua material yang terpasang, tidak hanya detektor namun juga ke Panel, Annunciator (sub-panel), alarm set yang terdiri dari alarm bell, indicator lamp, serta manual button, dan instalasi kabel.
  2.  Pengecekan detektor panas dilakukan menggunakan hair dryer, bisa dikombinasikan dengan temperature detector yang banyak tersedia di pasaran untuk memastikan berapa suhu detektor tersebut mendeteksi panas. pada poin ini catatan penting yang perlu diingat adalah bahwa detektor panas yang dapat mereset kembali yaitu ROR. kebanyakan tipe detektor panas fixed temperature hanya sekali pakai.
  3. Pengecekan detektor asap menggunakan smoke checker yang memiliki konsentrasi aerosol. disemprotkan dengan jarak 30cm dari detektor. suasana di ruangan terdapat angin atau tidak dapat mempengaruhi lama tidaknya asap yang terakumulasi di dalam chamber.
  4. Pengecekan detektor api bisa menggunakan percikan korek, selalu perhatikan area tersebut memiliki kandungan bahan yang mudah terbakar / tidak.
  5. Pengecekan alarm set manual button, dapat dilakukan dengan memencet tombol. jika breakglass umumnya diberikan kunci saat pembelian untuk melakukan pengetesan ini.

Inspeksi periodik dan pengujian Fire Alarm Form

dalam laporan inspeksi Fire Alarm setidaknya harus ada informasi dibawah ini

a). Tanggal.
b). Nama pemilik.
c). Alamat.
d). Nama perusahaan pelaksanan/pemeliharaan, alamat dan perwakilannya.
e). Nama agen yang berhak memberi persetujuan, alamat dan perwakilannya.
f). Jumlah dan tipe detektor per zona untuk setiap zona.
g). Uji fungsi dari detektor serta alarm set.
h). Tanda tangan dari penguji dan persetujuan wakil instansi yang berwenang.

dari hasil laporan inspeksi kemudian diserahkan kepada pemilik gedung, untuk ditindak lanjuti baik berupa perbaikan-perbaikan atas temuan di lapangan, penggantian part, atau hanya pembersihan material menggunakan vacuum cleaner. Inspeksi ini sangat penting karena setiap ada temuan akan dilakukan perbaikan segera. sehingga jika ada kejadian kebakaran, system akan berjalan dengan baik memberikan indikasi ke panel. Inspeksi periodik dan pengujian Fire Alarm setidaknya dilakukan 1 tahun sekali.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta Fire suppression system merupakan rangkaian proteksi…
Baca Selengkapnya

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler Saat ini tersedia banyak sekali jenis…
Baca Selengkapnya

Bagaimana Cara Kerja Kitchen Suppression Systems?

Menurut data dari NFPA, 57% kebakaran restoran yang terjadi di US penyebab…
Baca Selengkapnya