Inspeksi Sistem Proteksi Kebakaran di RestoranRestoran merupakan suatu bangunan yang memiliki tingkat potensi kebakaran yang sangat tinggi karena memiliki dapur yang menyimpan bahan bakar mudah terbakar. selain itu, api merupakan kebutuhan di dalam dapur. Hal inilah yang menyebbakan restauran menjadi salah satu bangunan paling potensial mengalami kebakaran. restoran-restoran yang ada di Indonesia diharuskan untuk rutin menjalani inspeksi kebakaran yang ketat.  Restoran harus mengambil langkah-langkah ekstra untuk menghindari pelanggaran potensi kebakaran minimal setiap 3 bulan, inspeksi semi-tahunan atau tahunan. Jika pihak terkait (Dinas Pemadam) menemukan pelanggaran selama melakukan pemeriksaan, restoran bisa jadi harus ditutup hingga pemilik menyelesaikan masalahnya. Apa saja kerugiannya? Tentu, apabila restauran tutup maka anda tidak dapat menghasilkan uang dan akan mengalami kerugian karena citra restauran akan buruk di mata pelanggan. Untuk membantu menjaga dapur Anda aman dan mencegah pelanggaran, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk memastikan bahwa restoran dan dapur komersial mengikuti standart yang berlaku:

Poin Inspeksi Sistem Proteksi Kebakaran di Restoran

  • Pastikan dapur Anda memiliki perangkat pemadam kebakaran yang dapat bekerja otomatis, sistem pemadam bahan kimia kering dalam kondisi yang baik, saluran dan sistem dalam keadaan baik, panggangan dan penggorengan minyak dalam kondisi baik. Dan jelas, pastikan bahwa sistem pencegah kebakaran di dapur memiliki sertifikat yang teruji.
  • Memiliki jumlah dan jenis alat pemadam kebakaran yang dapat digunakan dengan tepat, dengan tag “kadaluarsa” jelas yang dikeluarkan perusahaan perlindungan kebakaran bersertifikat. Dapur komersial membutuhkan alat pemadam kebakaran KelasK (khusus dapur) yang berfungsi sebagai cadangan penting jika sistem pencegah kebakaran dapur tiba-tiba tidak berfungsi.
  • Periksa bahwa alat pemadam kebakaran dipasang di dinding secara aman dan benar serta cocok dengan potensi bahaya.
  • pelatihan pemadam kebakaran untuk seluruh karyawan restauran jika ada keadaan darurat yang didampingi oleh badan perlindungan kebakaran setempat
  • Pastikan bahwa tidak ada alat-alat, rak makanan atau furniture yang menutup pintu darurat restoran
  • Pastikan letak restoran tidak berada di lokasi yang rawan kebakaran misalnya di dekat industri bahan kimia
  • Pastikan sistem sprinkler berada di lokasi yang benar di seluruh restoran dan memiliki kinerja yang baik.
  • Pintu keluar darurat jelas dan dapat ditemui dengan cepat dalam keadaan darurat
  • Periksa penutup valve pada tanki bahan bakar perlatan memasak
  • Bekerja sama dengan perusahaan perlindungan kebakaran terkemuka untuk melayani sistem proteksi kebakaran di restoran

Pedoman ini hanya persyaratan dasar untuk perlindungan restoran dari kebakaran. Untuk panduan yang lebih spesifik, Anda dapat menghubungi kami di layanan call center patigeni.com