Instalasi Fire Alarm Konvensional

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

instalasi fire alarm konvensionalBagi seseorang yang memiliki proyek bangunan, tentu mengenal suatu sistem kebakaran merupakan suatu hal yang penting. Terutama mulai dari mengamati proses instalasi dengan benar oleh petugas instalasi, mempelajari cara kerja dan penggunaan alat dengan benar, sampai dengan perlunya teliti dalam menggunakan alat jika perlu dilakukan perbaikan.

Dalam memilih instalasi peralatan fire alarm yang cocok untuk gedung yang dimilikinya pun juga harus sangat diperhatikan. Jika gedung yang dimiliki tergolong tidak terlalu luas, cukup menggunakan instalasi fire alarm konvesional, namun jika gedung yang digunakan bertingkat dan sangat luas sebaiknya menggunakan sistem yang addressable. Pada artikel ini kita akan membahas dengan dekat tentang instalasi fire alarm, sehingga kita dapat memahami tentang sisem ini.

Instalasi Fire Alarm Konvensional untuk apa

Sistem instalasi fire alarm konvensional merupakan suatu proses pemasangan fire alarm system menggunakan peralatan konvensional. Biasanya digunakan untuk perumahan, toko, atau ruang-ruang tertentu pada suatu bangunan. Perangkat yang telah di install kemudian akan menyampaikan informasi kepada panel control. Fire alarm ini lebih banyak digunakan karena lebih murah dibanding sistem addressable.

Hasil instalasi fire alarm konvensional ini akan menginformasikan deteksi yang berasal dari Zona yang terhubung dengan panel control, tanpa bisa memastikan detector mana yang memberikan sinyal, sebab dalam 1 Zona bisa terdiri dari 5 bahkan 10 detector, bahkan terkadang lebih. Sedangkan instalasi fire alarm konvensional ini hanya bisa memberikan informasi pada letak zonanya saja.

Meski hanya bisa merespon atau memberikan informasi tentang letak zona saja, namun sistem konvensional ini bisa dirancang dengan sistem yang lebih teliti dan fungsional lagi yaitu menggunakan module control, yng disebut dengan sistem fire alarm semi-addressable. Saat panel control menerima sinyal kebakaran, panel kontrol akan langsung memerintahkan transmitter, transponder atau adaptor module untuk merespon tanda kebakaran.

 Kelebihan Instalasi Fire Alarm Konvensional

kelebihan dari sistem konvensional adalah bahwa sistem ini relatif sederhana untuk bangunan ukuran kecil, serta dalam hal perawatannya tidak memerlukan pelatihan khusus dan tidak rumit. Selain itu saat menggunakan instalasi fire alarm konvensional ini akan membutuhkan biaya yang efektif lebih kecil jika tidak memerlukan penggunaan module control.

 Kelemahan Instalasi Fire Alarm Konvensional

Kelemahan dari instalasi fire alarm konvensional adalah bahwa untuk bangunan besar, sistem konvensional ini akan leih mahal dalam pemasangan karena membutuhkan leih banyak kabel untuk memonitor dengan leih akurat. Jika suatu kesalahan terjadi (trouble) hanya menyatakan bahwa network telah gagal beroperasi, tetapi tidak secara rinci tidak dapat menyatakan di mana masalah sedang terjadi. Hal ini menyebabkan seorang petugas kebakaran lama merespon dan menemukan tempat pasti terjadinya kebakaran. Proses evakuasipun menjadi terhambat.

 

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Distributor Alat Pemadam Kebakaran Jakarta

Alat pemadam kebakaran adalah alat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran saat awal…
Baca Selengkapnya

Tempat Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran di Jakarta

Tempat isi ulang tabung pemadam kebakaran di Jakarta Raya bisa Anda lakukan…
Baca Selengkapnya

Fire Alarm Hong Chang Jakarta

Fire Alarm Hong Chang Jakarta Hong Chang merupakan salah satu merek fire alarm…
Baca Selengkapnya