Instalasi Fire Alarm Semi Addressable

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Instalasi Fire Alarm Semi AddressablePerkembangan zaman telah membawa kemudahan dan inovasi yang tiada hentinya. Salah satunya dalam proses instalasi sistem kebakaran. Sistem kebakaran seperti yang kita tahu memiliki 2 macam yaitu sistem kebakaran konvensional dan addressable. Sistem addressale dinilai lebih mahal jika dibandingkan konvensional. Tapi untuk sistem konvensional sendiri dinilai kurang memberikan analisis yang akurat tentang terjdinya lokasi kebakaran. Untuk menjadi penengah kasus tersebut, maka tercipta suatu inovasi menggunakan instalasi fire alarm semi addressable.

Instalasi fire alarm semi-addressable pada awalnya merupakan pilihan yang mendekati untuk mencari dimana sebenarnya zona kebakaran terjadi. Karena dinilai sistem semi addressable ini lebih efektif jika dibandingkan dengan sistem konvensional.

Instalasi Fire Alarm Semi Addressable Lebih Efektif

Sistem installasi fire alarm semi addressable yaitu proses pembentukan sistem fire alarm dari sistem konvensional menjadi sistem addressable dengan menggunakan control module. Caranya yakni menghubungkan sistem konvensional dengan control module kemudian dihubungkan pada zona yang memiliki detector- detektor.

Jumlah modul dan instalasi kabel yang digunakan harus sama karena setiap zona butuh memiliki satu address sendiri. Dengan begitu instalasi lampu alarm pada panel kontrol akan mewakili lokasi dan lantai mana tempat terjadinya kebakaran. Saat instalasi, panel dan kontrolnya tetap menggunakan addressable namun dalam satu modulenya dihubungkan dengan beberapa detector konvensional.

Saat detector menerima masukan dan kemudian mengirimkan sinyal tanda bahaya, lampu indicator pada panel kontrol akan merespon berdasarkan zona alamat terjadinya kebakaran, sehingga kita dapat segera memberikan tindakan untuk lokasi terjadinya kebakaran tersebut.

Cara kerjanya yang praktis inilah yang kemudian menjadi pilihan, sebab pada sistem konvensional memang sifat kerjanya lebih tidak otomatis karena dia hanya bisa mendeteksi dari zone atau loop, padahal dalam satu zone atau loop bisa terdiri dari beberapa detector. Selain itu sistem konvensional tidak bisa mendeteksi dengan pasti detector mana yang sedang aktif. Maka, penggunaan instalasi fire alarm semi addressable ini akan lebih memudahkan proses pengontrolan jika dibandingkan dengan sistem konvensional biasa.

Kekurangan Instalasi Fire Alarm Semi Addressable

Bagaimanapun, sistem instalasi selalu memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada instalasi fire alarm semi addressable ini juga memiliki kekurangan yakni dalam hal penggunaan control module lebih boros dan membutuhkan banyak untuk mengaktifkan setiap address pada zona. Dengan banyaknya penggunaan control module maka diperlukan adanya ketelitian dalam membeli barang, yaitu dengan memilih barang yang murah. Sebab ketidaktelitian dalam pemilihan monitor module akan membuat proses instalasi menjadi mahal.

Selanjutnya, dalam menggunakan instalasi fire alarm semi addressable ini juga kadang masih kesulitan dalam menentukan lokasi atau ruang yang sebenarnya terjadi kebakaran. Sebab lampu indikator pada panel kontrol kadang tidak mewakili sepenuhnya tentang posisi kebakaran.

Berdasarkan penjelasan tentang instalasi fire alarm semi addressable pada artikel ini, tentunya dapat memberikan masukan atau pengetahuan kepada dalam memililih sistem instalasi yang tepat, sesuai dengan kebutuhan dan lokasi bangunan Anda.

 

 

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta Fire suppression system merupakan rangkaian proteksi…
Baca Selengkapnya

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler Saat ini tersedia banyak sekali jenis…
Baca Selengkapnya

Bagaimana Cara Kerja Kitchen Suppression Systems?

Menurut data dari NFPA, 57% kebakaran restoran yang terjadi di US penyebab…
Baca Selengkapnya