Cegah Kebakaran Dapur dengan 10 Cara Ini

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Kebakaran Dapur bisa terjadi kapan dan dimana saja, bagaimana cara mencegahnya?

cegah kebakaran dapurKebakaran yang terjadi di dapur komersial (dapur untuk restauran dan hotel) dapat menyebabkan potensi kerugian pada perusahaan Anda. Menurut statistik pemerintah Inggris, lebih dari setengah total jumlah kebakaran yang ditangani oleh  pemadam kebakaran setempat  diakibatkan oleh alat-alat kebutuhan dapur di dapur komersial ( restoran, kantin dapur hotel dan makanan siap saji)

Di dalam lingkungan dapur, terdapat potensi resiko terjadinya kebakaran yang sangat tinggi. Ruangan dapur umumnya berada pada lingkungan bertekanan, apabila kondisi ini ditambah dengan volume minyak goreng yang mudah terbakar, sumber api dan sumber panas maka anda telah menciptakan resep untuk bencana kebakaran dapur Anda sendiri.

Cara Mencegah Kebakaran Dapur Komersial

Kebakaran yang terjadi di dapur dapat berlangsung dengan sangat cepat dan instan, umumnya kebakaran diakibatkan oleh proses memasak dengan laju cedera paling tinggi. Oleh sebab itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara untuk mecegah terjadinya kebakaran dapur komersial khususnya untuk pemilik dapur komersial atau orang-orang yang bekerja disana.

1. Mengambil fire risk assessment

Dalam kasus kebakaran, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jika Anda tidak mengetahui cara terbaik  untuk melindungi bisnis Anda, maka Anda perlu mengetahui potensi terjadinya kebakaran dengan fire risk assessment.   Konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli, maka ahli  akan mengidentifikasi bahaya yang dapat mengakibatkan kebakaran di tempat Anda dan bagaimana cara untuk mengurangi ancaman bahaya tersebut.

2. Selalu ikuti instruksi alat dari manufaktur

Di dalam dapur, pasti ada banyak peralatan yang berpotensi menyebabkan bahaya jika salah dalam instalasi. Peralatan memasak seperti oven dan penggorengan minyak harus selalu terpasang dalam keadaan baik dan digunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Juga, tidak melakukan  modifikasi ketika dilakukan maintanance. Menjaga peralatan memasak Anda adalah cara bijak untuk memastikan keselamatan di dapur.

3. Berhati-hati dengan penggorengan

Penggorengan minyak dalam, yang biasa digunakan dalam makanan cepat saji dan restoran adalah penyebab umum dari kebakaran dapur yang selama ini terjadi. Ketika api mulai terbakar, dengan sangat cepat api akan menyebar, menyebabkan risiko cedera yang serius dan bahkan kematian. Berhati-hatilah dan jangan pernah meninggalkan  penggorengan jika digunakan tanpa pengawasan. Jika anda tidak ingin mengawasi setiap waktu maka sebaiknya memilih penggorengan dan oven otomatis dimana pada saat temperatur tertentu (telah diatur) telah tercapai, penggorengan akan mati sendiri. Hal ini dapat mengurangi resiko kebakaran

4. Melakukan proteksi kebakaran pasif

Proteksi kebakaran pasif merupakan proteksi yang penting untuk memastikan tata letak dapur yang dapat membantu  Anda mencegah kebakaran serta membantu upaya untuk melindungi daerah aman. Jika api telah terbentuk maka seluruh jaringan listrik dimatikana agar tak menyebabkan kebakaran yang lebih besar.

5. Sistem ventilasi dan ekstraktor

Pada tahun 1997 kebakaran terjadi di sebuah restoran cepat saji di London Heathrow. Api menyebar dari poros ventilasi di atas penggorengan minyak, melalui saluran udara. Karena desain yang buruk dan kurangnya tindakan keselamatan kebakaran, api menyebar melewati sistem ventilasi ke seluruh terminal.

6. Seluruh lantai dijaga bersih dan rapi

Dapur harus dalam keadaan bersih, perhatikan lantai yang harus bersih dari minyak dan lemak. Tumpukan lemak di sekitar kompor dan oven dapat menyebabkan kebakaran. Pembersihan peralatan merupakan cara yang sangat penting untuk mengurangi potensi kebakaran. Semua limbah minyak goreng juga harus dibuang dengan benar dan tidak dibiarkan di tempat selama lebih dari yang diperlukan.

7. Pastikan staff dapur menggunakan pakaian yang tepat

Sekali lagi, di dapur komersial, semua staf harus sudah akrab dengan aturan keselamatan dasar, namun di perusahaan yang lebih kecil mungkin peraturannya kurang ketat. Pakaian longgar sangat tidak dianjurkan saat memasak di dapur, gulunglah lengan pakaian, dan ikat rambut apabila memiliki rambut panjang. Selalu gunakan celemek untuk menjaga pakaian tetap rapi.

8.  Jangan pernah meninggalkan dapur saat memasak tanpa pengawasan

Aturan emas dalam mencegah kebakaran dapur baik domestik dan non-domestik adalah untuk selalu memperhatikan apa yang sedang Anda lakukan. Dengan alasan apapun, masakan yang sedang dimasak tidak boleh ditinggal tanpa pengawasan, sangat penting untuk memerintahkan staff anda mematikan peralatan sebelum meninggalkan dapur. Dan jangan pernah berfikir untuk pergi sebentar saat memasak, lebih baik menunggu sebentar hingga masakan matang dibandingkan harus menyesal nanti.

9. Pastikan tempat dijaga pada malam hari

Ada banyak kegiatan di dapur yang tak terduga dapat terjadi misalnya lupa mematikan oven. Sangat penting, di tiap akhir dilakukan pemeriksaan untuk memastikan semua peralatan memasak telah  benar dimatikan.Idealnya ini akan menjadi tanggung jawab pemilik atau orang terakhir yang meninggalkan dapur  di malam hari.

10. Memiliki alat pemadam kebakaran portable

Upaya pencegahan kebakaran yang paling utama adalah menyiapkan alat pemadam kebakaran di dapur komersial Anda. Jadi, jika terjadi kebakaran maka api akan dapat segera dipadamkan.

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Distributor Alat Pemadam Kebakaran Jakarta

Alat pemadam kebakaran adalah alat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran saat awal…
Baca Selengkapnya

Tempat Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran di Jakarta

Tempat isi ulang tabung pemadam kebakaran di Jakarta Raya bisa Anda lakukan…
Baca Selengkapnya

Fire Alarm Hong Chang Jakarta

Fire Alarm Hong Chang Jakarta Hong Chang merupakan salah satu merek fire alarm…
Baca Selengkapnya