Isi Tabung Pemadam Api

Isi Tabung Pemadam Api ok

Saat kita menggunakan tabung pemadam api, kita harus sering mengecek apakah tabung pemadam api kita masih utuh atau isinya sudah berkurang. Pengecekan dapat dilakukan dengan melihat tekanan pada taung pemadam api normal atau berkurang. Selain itu juga bisa dengan cara menimbang berat tabung pemadam api Anda, jika lebih ringan berarti waktunya Anda isi taung pemadam api.

Jenis tabung pemadam api yang umum yaitu tabung pemadam api bertekanan tinggi di dalam dan tabung yang menggunakan cartridge. Pada tabung bertekanan tinggi, di dalamnya tersimpan bahan gas pendorong  bersama dengan bahan pemadam kebakaran. Sedangkan, Jenis tabung pemadam api yang dioperasikan Cartridge, maka cara menggunakannya dengan menekan gas penyembur dari cartridge yang terpisah tadi untuk mendorong bahan pemadam.

Pada rumah-rumah sering digunakan tabung dengan isi tabung pemadam api dari bahan gas pendorong bertekanan tinggi, sedangkan pada industri lebih banyak digunakan isi tabung pemadam api dari pendorong cartridge karena lebih memerlukan kemampuan alat yang lebih tinggi. Selain itu fungsi tabung api dengan isi tabung pemadam api pendorong cartridge di luar, bersifat sederhana dan dapat mendorong pengendalian api dengan lebih cepat.

Isi Tabung Pemadam Api dan Jenisnya

Beberapa jenis tabung pemadam api dan isi tabung pemadam apinya adalah sebagai berikut.

  • Tabung Pemadam Api jenis CO2Pada tabung pemadam api jenis CO2terdiri dari bahan kimia karbon dan oksigen yang telah membentuk gas CO2 (karbon dioksida). Selain senyawa tersebut juga terdapat gas pendorong berupa nitrogen untuk membantu proses keluarnya CO2 dari tabung. Tabung – tabung yang digunakan berisi gas CO2 yang berbentuk cair, namun saat dipancarkan CO2 tersebut mengembang menjadi gas.
  • Tabung Pemadam Api Jenis Buih. Tabung pemadam api jenis buih biasanya berisi air dan surfaktan berbasis hidrokarbon yakni sulfat sodium alkyl dan fluoro surfactant. Bahan-bahan ini kemudian dapat menyebar di permukaan cairan berbasis hidrokarbon.  Buih yang tahan terhadap reaksi dari alkohol, akan membentuk lapisan/segmen pelindung saat digunakan.
  • Tabung Pemadam Api Dry Chemical Powder. Di dalam tabung ini berisi kombinasi fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. Cara kerja alat ini yaitu dengan mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona pembakaran, sehingga api padam. Dry Chemical powder juga memiliki titik lebur yang rendah dan partikel yang sangat kering sehingga dapat menjadi penghalang bagi oksigen saat ingin masuk dan meneutupi areak kebakaran. Akhirnya api tidak akan menyala karena tidak bereaksi dan pijakannya diselimuti oleh Dry Chemical powder.

Isi Tabung Pemadam Api di Patigeni

Di Patigeni menyediakan isi tabung pemadam api dengan harga bersahabat. Bagi Anda yang membutuhkan isi tabung pemadam api yang hemat dan terpercaya, silahkan hubungi Kami pada nomor kontak tersedia pada contact us.