cara mencari kerusakan fire alarm

Berbagai macam sistem proteksi kebakaran beredar dipasaran. Salah satu sistem proteksi yang tidak asing telinga kita yaitu Fire Alarm. Fire alarm termasuk kedalam sistem pendeteksi dini gejala kebakaran. Jadi cara kerja dari sistem ini yaitu, mendeteksi gejala kebakaran pada sebuah gedung.

Bagaimana bisa fire alarm mendeteksi adanya gejala kebakaran pada sebuah ruangan? Pada rangkaian fire alarm ini terdapat detector yang akan terus mengawasi kondisi ruang yang diproteksi. Ketika ruang yang diproteksi terdeteksi adanya gejala kebakaran, maka detector akan mengirimkan sinyal ke panel, dan panel akan memicu output untuk berbunyi.

cara mengetahui fire alarm rusak

cara mencari kerusakan fire alarm

Sehingga, petugas bisa langsung datang menuju titik lokasi kebakaran, dan melakukan tindakan pemadaman di menit awal menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Dengan begitu, kebakaran dapat diatasi jauh lebih awal.

Sistem ini sangat membantu kita dalam melindungi aset berharga yang kita miliki. Lantas, bagaimana jika terdapat gejala kebakaran akan tetapi fire alarm tidak terpicu? Pasti ada penyebabnya bukan? Jika terdapat kerusakan, bagaimana kita memonitoring hal tersebut?

Berbagai Macam Kerusakan Fire Alarm Yang Sering Terjadi

cara mencari kerusakan fire alarm

Setiap benda pasti suatu saat akan mengalami yang namanya kendala, atau kerusakan seiring berjalannya usia benda tersebut. Begitupun juga dengan sistem proteksi kebakaran yang satu ini.

penyebab kerusakan fire alarm

Banyak sekali ditemui di lapangan, fire alarm tidak terpicu ketika adanya gejala-gejala kebakaran pada ruang tersebut. Tentunya hal itu membahayakan semua orang dan aset kita bukan. Kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada fire alarm antara lain :

  1. Fire alarm belum ter-back up resistor.
  2. AC Failed atau MCFA belum mendapat aliran listrik PLN.
  3. Charging Open atau Battrey Fail
  4. Open Circuit
  5. Short Circuit
  6. Inverb atau Duplicate pada fire alarm addressable.

cara mencari kerusakan fire alarm

Tentunya kerusakan tersebut yang akan menghambat, atau membuat fire alarm tidak terpicu ketika terjadi sebuah kebakaran. Sebaiknya kita harus menyadari, jika fire alarm kita sedang bermasalah. Bagaimana mengatasi hal tersebut?

Bagaimana Cara Mencari Kerusakan Fire Alarm?

Masalah kerusakan fire alarm sendiri akan membuat kita was-was, yang pastinya akan berakibat buruk jika suatu saat terjadi kebakaran dan fire alarm gagal mendeteksi keberadaan gejala kebakaran. Lalu? Langkah apa yang harusnya kita lakukan untuk mencari kerusakan Fire Alarm?

rekomendasi fire alarm terbaik

Sebelum melakukan pemasangan fire alarm, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu brand apa yang akan kita gunakan? Hal ini bisa menjadi penting, lantaran kita harus memilih brand yang memiliki keunggulan dapat mendeteksi masalah pada sistem, seperti Fire Alarm GuardALL.

Fire Alarm GuardALL juga sudah terintegrasi dengan aplikasi Firecek. Aplikasi yang akan memberikan laporan mengenai kondisi fire alarm yang Anda miliki secara real-time. Jika terdapat gangguan pada fire alarm, maka aplikasi akan mengirim notifikasi ke smartphone Anda. Sehingga Anda dapat mengetahuinya lebih awal.

Bagi Anda yang igin berkonsultasi dengan konsultan ahli kami, jangan sungkan untuk menghubungi kami atau bisa datang langsung ke kantor kami.