Kontraktor Pemadam Kebakaran

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Kontraktor Pemadam KebakaranKontraktor Pemadam Kebakaran Melengkapi bangunan gedung perusahaan Anda dengan menyediakan sejumlah alat-alat pemadam kebakaran pada titik-titik tertentu di dalam gedung. hal ini merupakan salah satu upaya perlindungan bangunan terhadap risiko bencana kebakaran yang harus dilakukan oleh Anda selaku penanggung jawab keberlangsungan bangunan. Alat-alat pemadam kebakaran tersebut tentunya sangat diperlukan perannya dalam mencegah timbulnya bencana kebakaran besar akibat nyala api pemicu kebakaran yang tidak dapat dikendalikan. Dengan mengaplikasikan secara benar alat-alat pemadam kebakaran yang disediakan, maka nyala api yang timbul tersebut dapat dikendalikan dan dipadamkan sebelum berubah menjalar semakin luas dan mengakibatkan kerusakan yang jauh lebih fatal, bahkan juga mampu mengancam keselamatan nyawa dari penghuni gedung.

Namun, satu hal yang perlu diingat, alat pemadam kebakaran bukanlah perangkat yang dirancang untuk mengendalikan nyala api yang sudah tidak mungkin lagi dikontrol seperti nyala api yang telah terlanjur merambat hingga ke langit-langit ruangan. Karena apabila memaksakan diri mengatasi nyala api seperti itu hanya dengan alat pemadam kebakaran, dikhawatirkan nyala api yang terlanjur tidak terkontrol tersebut justru semakin dahsyat dan hal ini tentu saja akan berisiko mengancam keselamatan diri dari pengguna alat pemadam kebakaran tersebut. Oleh karena itu, sebelum memutuskan menggunakan alat pemadam kebakaran, Anda harus cepat mempertimbangkan peluang dan kemungkinan keberhasilan pemadaman nyala api tersebut apakah cukup hanya dengan alat pemadam kebakaran ataukah tidak.

Kontraktor Pemadam Kebakaran NFPA

Alat pemadam kebakaran pada umumnya merupakan sebuah perangkat proteksi kebakaran portable dengan satu tabung yang berisi muatan atau agen pemadam api bertekanan tinggi, selang, dan juga nozzle. Namun, ada pula yang juga memiliki komponen cartridge karena tekanan pada alat pemadam kebakaran bekerja sesuai dengan jenis alat pemadam kebakaran tersebut apakah bekerja dengan dikendalikan oleh komponen cartridge atau bekerja dengan tekanan yang telah terisi dan bercampur dengan muatan di dalam tabung.

Jenis alat pemadam kebakaran yang dilengkapi dengan cartridge bekerja dengan menyimpan tekanan secara terpisah dari muatan pemadam sehingga apabila alat pemadam kebakaran dioperasikan, perlu pula menekan cartridge tersebut agar muatan tekanan dapat masuk ke dalam tabung sehingga agen pemadam yang tersimpan di dalam tabung dapat terdorong keluar melalui selang. Penggunaan jenis alat pemadam kebakaran yang dilengkapi dengan cartridge pada umumnya lebih jarang mengingat pengoperasiannya yang lebih rumit dan membutuhkan kemampuan operator yang lebih tinggi. Namun, jenis cartridge ini dinilai lebih efisien dan cepat dalam menangani pemadaman kebakaran serta lebih mudah dalam pengisian ulang muatan pemadam pada tabung. Hanya saja, pada umumnya bangunan-bangunan industri lebih dianjurkan untuk menggunakan alat pemadam kebakaran berjenis biasa dengan muatan tekanan yang tersimpan di dalam tabung demi kemudahan aplikasi.

Tekanan pendorong tersebut pada umumnya berbeda-beda sesuai dengan jenis muatan yang ada di dalam tabung. Misalnya, tabung alat pemadam kebakaran bermuatan air atau foam (busa) memiliki muatan tekanan berjenis udara, sementara tabung alat pemadam kebakaran bermuatan nitrogen akan memiliki muatan tekanan berupa gas karbondioksida, dan lain sebagainya.

Selain menyediakan Alat pemadam api ringan, Kontraktor Pemadam Kebakaran juga melakukan instalasi system yang lebih besar untuk antisipasi kebakaran meluas seperti system fire hydrant yang menggunakan media air untuk memadamkan api. maupun system yang lebih kompleks seperti foam system, co2 system, fm200 dan lain sebagainya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Kontraktor Pemadam Kebakaran seharusnya melayani semua permintaan dari mulai perancangan, instalasi, inspeksi, dan perbaikan.

Untuk ketepatan pemilihan jenis muatan tekanan maupun jenis muatan pemadam yang sesuai dengan kebutuhan perlindungan kebakaran untuk bangunan Anda, diperlukan peninjauan merinci mengenai risiko kebakaran dan material pemicu yang ada di dalam bangunan perusahaan Anda. Demi mendapatkan perencanaan perlindungan yang optimal, disarankan bagi Anda untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pihak kontraktor pemadam kebakaran yang memiliki kredibilitas baik dan terpercaya seperti PT Patigeni Mitra Sejati.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya