Lakukan Servis Detektor Kebakaran Secara Berkala

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Servis Detektor KebakaranPenggunaan detektor dan alarm kebakaran sebagai pendeteksi serta penanda dini terjadinya kebakaran sangat bermanfaat dalam meminimalisir kerugian yang dapat ditimbulkan. Sistem keamanan ini diharapkan selalu dapat berjalan sebagaimana mestinya sehingga dibutuhkan inspeksi dan servis secara berkala dalam menjaga kinerja sesuai fungsinya. Inspeksi dan pengujian sistem alarm kebakaran ini dapat kita lakukan sendiri maupun dilakukan oleh orang yang berkompeten.

Kapan Servis Detektor Kebakaran Dilakukan?

  1. Pengujian Mandiri

Pengujian secara mandiri dan berkala dilakukan untuk memastikan bahwa sistem keamanan kebakaran secara keseluruhan tidak memiliki kerusakan dan dapat berjalan dengan baik. Pengujian ini dapat dilakukan secara mingguan ataupun bulanan.

  1. a) Pengujian mingguan

– Uji coba titik panggil pengguna pada saat jam kerja untuk memeriksa apakah panel kontrol dan bunyi alarm bekerja dengan baik

– Selalu coba semua titik panggil pengguna

– Jangan lupa untuk menguji bunyi alarm yang sesuai dengan BS5839. Jika alarm anda langsung berhubungan dengan pusat penerima alarm, pastikan anda menginformasikan sebelum dan setelah selesai pengujian untuk menghindari kesalahan peringatan yang diterima.

  1. b) Pengujian Bulanan

– Lakukan uji coba untuk setiap generator otomatis yang digunakan dalam detektor dan sistem alarm kebakaran

– Periksa setiap batere yang digunakan untuk power supply detektor dan sistem alarm kebakaran anda

  1. Pengujian oleh Pihak lain

Kemampuan dan pemahaman pengguna terkait sistem peringatan kebakaran memiliki

keterbatasan sehingga dibutuhkan pihak lain, dalam hal ini perusahaan ataupun orang yang berkompeten dalam bidang ini guna melakukan pemeriksaan dan servis secara lebih tepat. Anda dapat menghubungi organisasi yang tersertifikasi oleh UKAS (United Kingdom Accreditation Service) untuk melakukan inspeksi dan servis pada sistem kemanan kebakaran anda. Berdasarkan waktu dilakukannya inspeksi, inspeksi terbagi menjadi 3, yaitu:

1) Pengujian dan inspeksi berkala

Dalam melakukan inspeksi berkala, periode antara kunjungan untuk inspeksi dan servis bergantung pada penilaian risiko yang mungkin terjadi, namun perlu diingat bahwa rentang waktu tidak boleh lebih dari enam bulan. Perusahaan yang melakukan inspeksi akan memeriksa dan menguji berbagai peralatan yang berhubungan dengan sistem keamanan, seperti batere, panel kontrol, signal transmisi antara alarm dan pusat penerima alarm, dan printer. Kondisi peralatan, baik yang masih dalam keadaan dapat berjalan sebagaimana mestinya maupun yang memiliki kerusakan harus dicatat dalam logbook sehingga dapat dilakukan servis yang sesuai nantinya.

2) Pengujian triwulan

Pengujian setiap empat bulan sekali biasanya dilakukan pada batere lepas pasang. Inspeksi ini dilakukan oleh orang berkompeten bahkan diharapkan ahli di bidangnya jika perlu

3) Pengujian Tahunan

Umumnya, pengujian tahunan dilakukan pada hampir keseluruhan peralatan dalam sistem alarm kebakaran. Tombol panggilan pengguna, alarm kebakaran baik secara visual maupun audio, signal detektor kebakaran, kapasitas power supply, serta pemeriksaan dan pengujian lain yang diperlukan pada komponen sistem harus dilakukan. Selain itu, detektor otomatis, seperti detektor asap, panas, sinar optis, dan karbon monoksida juga harus diperiksa. Hal ini dalam rangka mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika terjadi titik api sebagai awal dari terjadinya kebakaran.

Seperti yang telah disebutkan di atas, inspeksi dan servis dilakukan agar sistem dapat berjalan dalam keadaan normal. Namun terkadang, sistem alarm kebakaran membutuhkan perhatian non-rutin, seperti pemeriksaan khusus setelah perusahaan baru melakukan servis pada sistem alarm, perbaikan kerusakan komponen, dan pengambilan tindakan saat terjadinya alarm palsu.

Nuno adalah salah satu team kreatif patigeni.com yang selalu meningkatkan pengetahuan tentang sistem kebakaran, agar dapat berbagi dengan Anda melalui karya tulis yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya