Penempatan Rate of Rise Heat Detector

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Penempatan Rate of Rise Heat DetectorPenggunaan sistem fire alarm telah merebak dan bisa Anda jumpai hampir pada setiap bangunan-bangunan, baik pada gedung publik seperti department store, rumah sakit, sekolah, hingga gedung-gedung perkantoran, industri, maupun manufaktur. Hal ini tentu saja dikarenakan fungsi sistem fire alarm yang sangat penting dalam mendukung kemanan perlindungan dan sebagai bentuk upaya antisipasi bagi bangunan dari ancaman bencana kebakaran yang berpotensi terjadi kapan saja.

Pada dasarnya, fungsi umum pada sistem fire alarm adalah sebagai sistem peringatan atau alarm otomatis apabila kondisi lingkungan bangunan telah tidak kondusif atau telah tergolong darurat akibat adanya kehadiran api yang tidak wajar. Pada rangkaian sistem fire alarm, terdapat komponen detektor (fire detector) yang berfungsi sebagai sensor deteksi yang mampu menyadap berbagai jenis gejala kebakaran sesuai dengan jenis fire detector itu sendiri, seperti misalnya gejala kebakaran berupa kenaikan suhu lingkungan sekitar yang dapat dideteksi oleh komponen fire detector jenis detektor panas (heat detector).

Penempatan Rate of Rise Heat Detector terkait suhu lingkungan

Detector panas atau heat detector merupakan jenis fire detector yang paling sering diaplikasikan ke dalam sistem fire alarm karena gejala kenaikan suhu lingkungan merupakan gejala utama yang memang selalu ada pada kemunculan berbagai klasifikasi api kebakaran. Heat detector ini dibedakan lagi menjadi dua jenis komponen yang berbeda, yaitu fixed heat detector serta ROR heat detector (rate of rise). Perbedaan kedua jenis komponen heat detector ini terletak pada tingkat kepekaan sensor pada titik suhu tertentu.

Pada fixed heat detector, sensor hanya akan aktif bekerja apabila suhu ruangan telah berada pada eutectic point sebesar 68 derajat Celcius, apabila suhu belum mencapai 68 derajat Celcius, maka sensor belum akan bekerja mengirimkan sinyal notifikasi menuju control panel. Sementara pada komponen heat detector jenis rate of rise (ROR), sensor akan aktif kapan pun suhu ruangan mengalami kenaikan mulai dari 12 hingga 15 derajat dari suhu ruangan normal sebelumnya.

Demi menghindari false alarm, pada umumnya sistem fire alarm yang mengaplikasikan heat detector lebih sering menggunakan jenis heat detector tipe ROR. Namun, yang perlu diperhatikan agar sensor ROR heat detector tidak kacau, sebaiknya penempatan rate of rise heat detector location tidak dilakukan berdekatan dengan alat-alat atau peralatan elektronik atau apa pun yang dapat menaikkan suhu ruangan secara ekstrem dan tiba-tiba, seperti misalnya oven besar yang apabila dibuka setelah melakukan pemanggangan akan menyebabkan suhu ruangan naik secara drastis.

Selain itu, penempatan rate of rise heat detector location pada umumnya dilakukan pada plafon atau langit-langit dengan tinggi 4 meter. Dengan demikian, maka daya jangkau perlindungan dari satu komponen rate of rise heat detector tersebut dapat mencakup hingga seluas 50 meter persegi. Namun, penempatan rate of rise heat detector location juga dapat dilakukan dengan ketinggian yang lebih, yaitu antara 5 hingga 8 meter dengan daya jangkau yang tentu saja menjadi lebih sempit, yaitu hanya sekitar 30 meter persegi. Penempatan rate of rise heat detector location tidak diperkenankan untuk ketinggian yang melebihi 8 meter karena akan mengurangi daya performa rate of rise heat detector tersebut.

Untuk penempatan rate of rise heat detector location juga sebaiknya dilakukan untuk kebutuhan pada ruang-ruang yang memiliki suhu stabil (tidak meningkat tiba-tiba akibat adanya kerja berbagai alat-alat elektronik yang mampu meningkatkan suhu ruangan secara drastis dan ekstrem). Ruang-ruang bersuhu stabil tersebut misalnya meliputi gedung perkantoran, gedung rumah sakit, kamar penginapan atau hotel, ruang arsip, dan lain sebagainya.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Restaurant Fire Suppression

Restaurant Fire Suppression adalah system kebakaran handal yang dapat mengantisipasi kebakaran pada…
Baca Selengkapnya

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta Pompa Hydrant adalah perangkat yang sangat penting dalam…
Baca Selengkapnya

Cek Penawaran Menarik Isi Ulang APAR Glodok di Sini!

Isi ulang APAR Glodok dan sekitarnya sekarang sudah tidak perlu bingung untuk…
Baca Selengkapnya