Pengertian Check Valve

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Pengertian Check Valve, Fungsi dan kaitannya dengan Instalasi Hydrant.

Pengertian Check Valve

Valve merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah instalasi fire hydrant. Valve sendiri terdiri dari jenis dan type yang berbeda-beda. Untuk rangkaian di sebuah rumah pompa sendiri terdapat beberapa jenis valve yang wajib terpasang. Salah satunya yaitu Check Valve.

Pengertian Check Valve itu sendiri adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengatur cairan hanya mengalir ke satu arah saja dan mencegah aliran ke arah sebaliknya (backflow). Check Valve tidak menggunakan tuas untuk mengatur aliran (membuka dan menutup), tapi menggunakan gravitasi dan tekanan dari aliran itu sendiri. Karena fungsinya yang dapat mencegah aliran balik (backflow) Check Valve sering digunakan sebagai pengaman dalam sistem perpipaan di sebuah rangkaian hydrant.

Penggunaan check valve dalam instalasi hydrant

Penggunaan check valve dalam instalasi hydrant sering ditemui pada rangkaian sistem pompa. Urutan pemasangannya adalah Flexible Join > Check Valve > Gate Valve. Urutan ini harus sesuai dan pemasangan check valve tidak boleh sampai terbalik, tanda arah panah harus menghadap ke atas. Apabila terbalik maka arah aliran air justru tertutup dan dapat mengakibatkan pecahnya check valve itu sendiri atau bahkan semua jaringan pipa.

Lalu apa yang terjadi apabila kita melewatkan penggunaan check valve ini? Adapun kerugiannya apabila terjadi arus balik / backflow adalah dapat mengakibatkan impeller pompa menjadi rusak. Penempatan check valve ini yaitu di rangkaian pompa dan juga pada Siamese connection. Untuk penggunaan pada Siamese connection, pemasangannya justru harus menghadap ke bawah menuju ke jalur pipa hydrant.

Pengertian Check Valve dan cara kerjanya

Cara kerja check valve yaitu saat aliran sesuai dengan arahnya, laju dari aliran tersebut akan melewati disk atau plug, sementara apabila terdapat aliran yang berlawanan, maka plug tersebut akan tertutup, sehingga tidak akan terjadi aliran balik yang masuk lagi ke dalam pipa. Maka dari itu keberadaan check valve ini sangatlah penting, jadi jangan sampai tertinggal saat anda menyusun suatu rancangan fire hydrant.

Untuk mendapatkan check valve dengan kualitas terbaik, anda dapat menghubungi PT. Patigeni Mitra Sejat yang berkantor pusat di kota Semarang melalui telepon 024 – 76400888 atau bisa melalui email ke sales@patigeni.com.

 

 

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya