Perawatan Hydrant Rutin Agar Berfungsi Optimal

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

perawatan hydrant dilakukan berkala untuk memastikan instalasi dapat bekerja dengan baik

perawatan hydrant rutin

 

Fire Hydrant merupakan sebuah sistem proteksi terhadap bencana kebakaran. Sistem ini mencakup pompa, pilar hydrant, hydrant box dan piranti pelengkap lainnya. Hydrant biasa diinstalasikan di dalam maupun diluar bangunan. Media yang digunakan dalam sistem hydrant pada umumnya adlaah air. Air dipilih karena keberadaannya yang berlimpah di alam. Selain mudah didapat, air juga tidak memiliki reaksi khusus yang menyebabkan gangguan kesehatan maupun perusakan lingkungan. Dengan segenap kemudahan yang ditawarkan, Fire Hydrant cukup popular dikalangan alat pemadam api lainnya. Namun, disamping fasiliti yang ditawarkan,  Fire Hydrant memiliki anggaran yang cukup tinggi.  Melihat harganya yang tidak murah, tentu berbagai upaya dilakukan agar alat berfungsi optimal. Salah satu upaya yang wajib dilakukan adalah dengan melakukan perawatan hydrant secara rutin. Perawatan hydrant berfungsi untuk mengecek fungsi hydrant dan langsung ditindak apabila terjadi kerusakan ringan. Perawatan hydrant dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan hingga berujung pada penggantian alat. Dengan kata lain diperlukan anggaran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya perawatan hydrant. Lebih penting dari itu, perawtaan hydrant secara rutin dapat memproteksi Anda dan orang tercinta dengan lebih optimal.

Perawatan Hydrant Mekanisme standart?

Dalam memasang instalasi sistem Fire Hydrant, harus dipastikan seluruh output berada di lokasi yang steril, terjangkau dan strategis. Pastikan pula tidak ada benda-benda sekitar yang menghalangi output mengeluarkan air. berikut beberapa tahapan perawatan yang harus dilakukan terhadap sistem Fire Hydrant. Perawatan hydrant  biasa dimulai dengan menguji fungsi Valve Hydrant atau katup hydrant dengan membukanya dan mengamati kinerja kran. Apabila dalam perawatan Valve Hydrant dinilai menyimpan kerusakan, maka hendaknya petugas servis harus segera mengganti Valve Hydrant dengan komponen Valve Hydrant yang baru. Apabila semua fungsi dari katup tersebut telah dipastikan normal, maka petugas harus memasang kembali Valve Hydrant ke tempat yang semula dan memastikannya telah terpasang secara rapat.

Setelah melakukan perawatana pada komponen Valve Hydrant, selanjutnya petugas memasang semua perangkat pelengkap Fire Hydrant dan mengaktifkan pompa sehingga pasokan air akan mengalir untuk melakukan simulasi terhadap sistem. Setelah melakukan simulasi, maka petugas bisa melakukan upaya perbaikan atau penggantian perangkat baru apabila terdapat masalah atau kerusakan pada perangkat-perangkat Fire Hydrant, seperti Fire Hose atau selang pemadam, katup atau valve, nozzle,  dan perangkat sambungan yang lain. Apabila pada perangkat terdapat kebocoran, maka petugas harus segera memperbaikinya, yaitu dengan melakukan penambalan pada area yang mengalami kebocoran. Namun, apabila kerusakan kebocoran atau kerusakan lainnya dinilai cukup parah, maka jangan paksakan untuk hanya memperbaikinya, karena hanya akan mengganggu fungsi sistem dan berpotensi membahayakan pengguna sistem nantinya. Sebaiknya segera ganti komponen perangkat dengan yang baru apabila kerusakan tak dapat tertolong. Apabila semua perangkat telah diperbaiki atau diganti dan fungsi dari masing-masing perangkat telah dipastikan normal, maka lakukan kembali simulasi. Pastikan sudah tidak ada lagi kerusakan, terutama kerusakan kebocoran karena kerusakan tersebut tergolong fatal mengingat aliran air yang bocor dapat merusak instalasi sistem, mengurangi tekanan dan mengganggu intensitas pasokan air yang keluar menuju nozzle.

Selain kebocoran, perawatan flushing atau testing terhadap daya fungsi sistem juga harus dilakukan. Dari sini, petugas akan mengetahui kalau-kalau terdapat endapan lumpur di dalam kolam atau penampungan air serta kerusakan fatal lainnya seperti pompa yang macet atau tidak optimal. Apabila terdapat kerusakan, segera cari tahu titik permasalahannya dan lakukan analisa untuk memperbaiki atau menggantinya dengan komponen yang baru. Setelah semua rangkaian perawatan selesai dilakukan dan seluruh masalah telah dipastikan mendapatkan solusi perbaikan ataupun penggantian perangkat baru, hendaknya petugas servis mencatat semua log dan hasil dari pemeliharaan tersebut sehingga informasi tersebut dapat diketahui suatu waktu dibutuhkan.

Perawatan atau pemeliharaan terhadap sistem Fire Hydrant ini sehendaknya dilaksanakan secara rutin dan berkala. Pastikan pula petugas yang melakukan pemeliharaan benar-benar terpercaya, berpengalaman, berkompeten dan memiliki standar kerja yang baik karena kinerja petugas menentukan hasil perawatan yang akan didapatkan. Pastikan benar-benar bahwa setelah diadakan pemeliharaan atau perawatan tersebut, kinerja sistem Fire Hydrant seharusnya semakin baik dan bukannya justru menimbulkan masalah-masalah atau kerusakan baru lainnya, mengingat di dalam proses perawatan Fire Hydrant, pada umumnya berkemungkinan terjadi kesalahan oleh petugas.

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Toko Hydrant Jakarta - Komponen Hydrant System

Toko Hydrant Jakarta : Terlengkap dan Terbaik

Anda sedang mencari toko hydrant Jakarta dengan kualitas terbaik? Wah, Anda datang…
Baca Selengkapnya

Mau Refill APAR? Cek Harga Isi Ulang APAR Jakarta di Sini!

Harga isi ulang APAR Jakarta berbagai media pemadam api bisa Anda dapatkan…
Baca Selengkapnya

Toko Alat Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan Paling Komplit

Toko alat pemadam kebakaran Jakarta Selatan yang terlengkap adalah Patigeni Jakarta. Kini…
Baca Selengkapnya