Perencanaan Instalasi Sistem Sprinkler

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
KORAN KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Perencanaan Instalasi Sistem SprinklerPerencanaan Instalasi Sistem Sprinkler berfungsi sebagai pengendali api saat terjadi kebakaran. Api yang semakin membesar akan melahap seluruh aset Anda dengan cepat. Api sendiri terbentuk hanya dengan tiga faktor yaitu bahan yang mudah terbakar, oksigen dan sumber panas. Ketiganya tersedia dalam tiap-tiap bangunan, sehingga hal yang perlu dilakukan adalah menjauhkan ketiga faktor sehingga ketiganya tidak saling terkoneksi membentuk segitiga api. Hal lain yang dapat dilakukan pemilik bangunan adalah dengan cara menyediakan petugas pemadam kebakaran dan alat-alat pemadam kebakaran. Sistem proteksi kebakaran seperti sistem detektor, sistem fire alarm, sistem sprinkler, dan sistem hidran pun wajib diinstal.

Perencanaan Instalasi Sistem Sprinkler

Sistem sprinkler dapat berperan sebagai kombinasi antara heat detector dan sistem hidran yang bekerja secara otomatis tanpa dibutuhkannya petugas untuk mengendalikan api. Apabila terjadi kenaikan temperatur pada ruangan yang menyebabkan terjadi peningkatan temperatur pada kepala sprinkler menyebabkan sprinkler akan aktif dan memancarkan air bertekanan untuk memadamkan api. Media yang digunakan untuk memadamkan adalah air yang akan memisahkan sumber panas dari ketiga syarat terbentuknya api. Perencanaan instalasi sprinkler tentu membutuhkan pihak pihak profesional yang telah memiliki sertifikasi untuk melakukan ini. tak sembarang orang yang diizinkan untuk melakukan perencanaan instalasi sprinkler. Instalasi yang salah dapat menyebabkan kegagalan kerja pada sistem sprinkler dan mengakibatkan hal yang sangat fatal.

Instalasi yang benar saja masih memiliki potensi untuk mengalami kegagalan walaupun persentasenya sangat kecil. Adapun hal-hal yang dapat menyebabkan kegagalan sistem sprinkler adalah kesalahan dalam perencanaan dan perancangan karena sistem sprinkler harus didesain berdasarkan resiko bahaya gedung yang terbakar. Fungsi yang salah akan menyebabkan rancangan yang salah pula. Selain itu, kurangnya pengawasan saat melakukan instalasi sistem sprinkler sehingga akan terjadi ketidaktelitian atau kesalahan  baik dari segi posisi maupun pemasangan komponen alat yang tak tepat. Minimnya inspeksi, maintannace yang dilakukan secara rutin tiap enam bulan sekali sehingga sistem tak berfungsi saat terjadi kebakaran. Kebakaran sendiri memiliki simulasi program yang dapat membantu dalam melakukan perencanaan instalasi sprinkler sehingga kondisi operasi dan kendala yang dihadapi dapat terlihat pada program ini. adapun nama program simulasi yang dapat menjadi pilihan kontraktor proteksi kebakaran adalah ASET dan CFAST.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
APAR Kelas B Bersertifikat Damkar Tersedia di Patigeni

APAR Kelas B Bersertifikat Damkar Tersedia di Sini!

APAR kelas B adalah jenis alat pemadam api yang dirancang untuk memadamkan…
Baca Selengkapnya
Standar Penempatan APAR Menurut Permenakertrans

Standar Penempatan APAR Menurut Permenakertrans

Standar penempatan APAR sebenarnya sudah dirangkum dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan…
Baca Selengkapnya
Jual Jockey Pump Grundfos - Distributor Jockey Pump Grundfos

Jual Jockey Pump Grundfos

Mencari tempat jual jockey pump Grundfos? Tentu Anda dapat menemukannya di berbagai…
Baca Selengkapnya