Sistem Instalasi SprinklerSistem Instalasi Sprinkler sangat direkomendasikan karena kebakaran dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Perencanaan investasi terhadap sistem proteksi kebakaran dirasa menjadi pilihan yang tepat bagi pemilik bangunan. Salah satu sistem proteksi kebakaran yang dianjurkan oleh beberapa standar yang mengatur mengenai alat pemadam kebakaran adalah sistem sprinkler. Sistem ini memiliki prinsip kerja yang sama dengan sistem hidran namun sistem sprinkler bekerja secara otomatis dan biasanya dikoneksikan secara langsung dengan sistem detektor. Ketika detektor mendeteksi adanya kebakaran maka sistem sprinkler pun akan aktif dan melakukan tugasnya yaitu memadamkan api dengan air bertekanan yang keluar kepala sprinkler yang disuplai dari reservoir melalui pipa kebakaran .

Indonesia sendiri telah mengatur mengenai instalasi sistem pemadam kebakaran melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI No. Kep-186/MEN/1999 mengenai cara mengatasi kebakaran yang terjadi di tempat kerja. Pada pasal 2 ayat 1 menyebutkan bahwa Pengurus dan pengusaha diharuskan untuk melakukan usaha pengurangan dan pencegahan kebakaran yang dapat dilakukan dengan latihan evakuasi kebakaran di lokasi kerja. Selain itu, pada pasal 2 ayat 2 khusus bagian (b) menyebutkan bahwa pihak pihak yang bertanggung jawab terhadap pasal 2 Ayat 1 adalah pihak pihak yang menyediakan sistem baik detektor, alarm beserta sistem lainnya. Namun berdasarkan pasal diatas maka pemilik bangunan merupakan penanggung jawab tunggal saat terjadi kebakaran di bangunan terlebih jika bangunan tersebut merupakan fasilitas umum yang didatangi oleh banyak penghuni dan pelanggan

Pemasangan Sistem Instalasi Sprinkler

Sistem instalasi sprinkler harus diinstal oleh pihak-pihak profesional yang telah memiliki izin dari beberapa badan pemadam kebakaran di kalangan nasional maupun internasional. Untuk memilih suatu alat perlindungan pada bangunan, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal. Intinya Anda perlu melakukan perencanaan terlebih dahulu, yang paling utama adalah menentukan apa saja hal yang dapat memicu adanya api di bangunan Anda. Setelah melakukan perencanaan maka sebaiknya Anda melakukan penentuan mengenai jenis alat pemadam kebakaran yang disarankan untuk diinstal di bangunan anda. Serta bagaimana dengan mereknya? Tak semua istilah “ada harga, ada barang” itu tepat, nyatanya masih ada beberapa alat yang memiliki kualitas terbaik dengan harga yang sangat terjangkau. Kepandaian dalam memilih alat dan sistem pemadam kebakaran merupakan investasi yang berharga untuk melindungi bangunan dari bahaya. Jika anda tergolong “newbie” dalam bidang ini, tak perlu khawatir Anda akan ditipu oleh produsen ataupun distributor yang menawarkan harga sangat murah namun alat yang didapatkan merupakan alat KW dan bisanya memiliki kinerja yang burut serta tidak tahan lama.

Saat ini telah ada kontraktor proteksi kebakaran yang mulai tumbuh dan berkembang di Indonesia. Pada umumnya, kontraktor hanya membantu pemilik bangunan melakukan perencanaan perlindungan terhadap bangunannya namun lebih khsusnya pemilik bangunan dapat melakukan konsultasi kepada pemilik bangunan mengenai banyak hal yang berkaitan dengan kebakaran. Selain itu, kontraktor proteksi kebakaran juga berperan sebagai distributor legal yang mendistribusikan alat pemadam kebakaran  di pasaran. Salah satu kontraktor proteksi kebakaran yang ada di Indonesia adalah PT. Patigeni Mitra Sejati yang selalu memanjakan pelanggannya dengan kualitas jasa dan alat yang sangat memuaskan.

Hubungi segera hotline kami di (021) 50252288 jakarta@patigeni.com / (024) 76400888 sales@patigeni.com