Sistem Proteksi KebakaranSistem proteksi kebakaran komersial seharusnya memiliki prinsip  “set and forget”. Namun perlu juga diperhatikan mengenai usia sistem proteksi kebakaran. Dengan memperbarui sistem yang Anda miliki, Anda dapat menghemat waktu karena waktu adalah hal yang paling penting saat terjadi kebakaran dan tentu saja material berupa uang. Perbaruan atau servis alat ini tersedia sejak adanya kemajuan teknologi terbaru. Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah, kapan waktu yang tepat untuk memperbarui sistem proteksi kebakaran?. Berikut ini adalah tanda-tanda utama indikasi bahwa sistem proteksi Anda perlu diperbarui:

Usia keseluruhan sistem. Beberapa industri dan bangunan telah menyadari arti pentingnya sistem proteksi kebakaran sebagai sistem yang mengantisipasi terjadinya kebakaran. sistem ini telah dipasang sekurang-kurangnya pada saat bangunan dibangun. Oleh sebab itu, perlu diketahui bahwa pembaruan sistem harus memperhatikan usia sistem  sejak pertama kali diperbarui. sistem proteksi kebakaran umumnya masih dapat bekerja dalam jangka waktu 15-20 tahun. namun tentunya, paling tidak setahun sekali dilakukan uji kelayakan untuk mengecek apakah system kebakaran tersebut masih dapat berfungsi dengan normal atau tidak. ada part-part yang harus diganti atau tidak.

Perubahan pada bisnis Anda atau area fasilitas Anda. Apakah Anda mengalami perubahan yang akan mempengaruhi kode api di daerah tertentu dari fasilitas Anda? Sebagai contoh jika Anda memiliki bahan konstruksi yang berpotensi mudah terbakar maka , Anda mungkin membutuhkan perlindungan tambahan, seperti alat pemadam kebakaran tambahan atau monitoring alarm untuk tetap sesuai dengan kode api. Seseorang yang ahli di bidang proteksi kebakaran dapat membantu Anda membuat penyesuaian yang dibutuhkan. penambahan gedung baru maupun sekat baru juga harus dikonsultasikan dengan kontraktor proteksi kebakaran, karena tentunya akan ada perubahan dalam desain tersebut bukan?

Terlalu banyak layanan panggilan. Pernahkah Anda memperhatikan, Anda menelepon lebih sering untuk malfungsi sistem? Atau Anda menjadwalkan panggilan layanan secara terus menerus dari layanan proteksi kebakaran Anda? Apakah layanan panggilan yang dilakukan menjadi lebih rutin? Apakah tagihan terhadap sistem proteksi melambung tinggi  karena layanan panggilan berlebihan? Ini adalah tanda-tanda bahwa sistem yang anda miliki telah berusia sangat tua dan  perlu diupgrade agar berfungsi dengan baik. Sebagai bonus tambahan, Anda akan melihat penurunan layanan panggilan dan biaya pemeliharaan!

Monitoring Sistem Proteksi Kebakaran

Dan alasan yang paling penting agar anda sesegera mungkin memperbarui sistem adalah Anda membayar terlalu banyak untuk layanan monitoring. Banyak perusahaan tidak menyadari seberapa banyak mereka membayar perusahaan jasa untuk memantau atau monitoring keselamatan kebakaran mereka setiap bulan. Hal ini mungkin sederhana, namun ketahuilah Anda dapat melakukan penghematan yang besar dari waktu ke waktu jika menggunakan pembaruan yang tepat dan murah. Sebagai contoh, banyak perusahaan yang beralih ke sistem pemantauan alarm kebakaran tanpa kabel, hal ini memungkinkan mereka untuk memotong sambungan telepon rumah ganda dan menyimpan 70% pada layanan monitoring alarm setiap bulan.