Tipe Hydrant Pillar One Way

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Tipe Hydrant Pillar One Way

Tipe Hydrant Pillar One Way

Dalam rangka memenuhi kewajiban menjamin keamanan dan keselamatan di dalam bangunan baik berupa gedung publik, gedung industri dan manufaktur, maupun gedung-gedung lainnya baik bertingkat ataupun tidak, hingga keamanan dan keselamatan pada tempat-tempat publik terbuka, seperti taman permainan dan lain sebagainya, maka penanggung jawab hendaknya melakukan pemasangan konstruksi sistem proteksi bencana kebakaran sebagai bentuk perwujudan nyata atau realisasi dari upaya antisipasi dan perlawanan terhadap risiko bencana kebakaran yang mungkin saja dapat terjadi dalam waktu kapan pun.

Berbanding lurus dengan semakin banyaknya tingkat variatif kebutuhan masyarakat akan perangkat-perangkat perlindungan maupun pemadaman api kebakaran, maka perusahaan-perusahaan produsen di seluruh dunia pun tak luput untuk selalu mengadakan inovasi-inovasi produk yang bervariatif pula sehingga dapat mengikuti perkembangan kebutuhan perlindungan kebakaran yang diperlukan oleh masyarakat. Salah satu varian perangkat pemadaman api kebakaran dalam bentuk sistem yang sangat sering dipilih dan diaplikasikan oleh masyarakat adalah perangkat fire hydrant system.

Perangkat Proteksi Kebakaran

Sebagai perangkat sistem proteksi kebakaran yang dirancang dalam model outdoor hingga indoor, maka tak heran rasanya apabila perangkat fire hydrant system ini menjadi sangat sering dijumpai baik pada bangunan gedung maupun tempat-tempat berarea terbuka. Perangkat fire hydrant system ini tentunya memiliki nilai fungsi yang berperan sangat besar dan efektif dalam menghadapi bencana kebakaran yang terjadi. Fungsi pemadaman api kebakaran yang setara dengan sistem pemadaman petugas fire fighter yang diberikan oleh perangkat fire hydrant system inilah yang menjadi fungsi utama yang selalu dicari-cari oleh masyarakat.

Dengan konstruksi sedemikian rupa yang terdiri atas beragam komponen yang membentuk satu-kesatuan fungsi, perangkat fire hydrant system tentunya haruslah melewati perencanaan pelaksanaan instalasi yang cermat berdasarkan perhitungan dan penganalisaan kebutuhan perlindungan yang diperlukan oleh area yang akan dilindungi, baik bangunan gedung ataupun tempat terbuka.

Dalam perencanaan pelaksanaan konstruksi perangkat fire hydrant system, akan ditentukan jenis-jenis dan spesifikasi dari berbagai komponen pembangun sistem yang harus dipertimbangkan melalui beberapa faktor, salah satunya adalah berdasarkan faktor ukuran dan keluasan area yang akan dilindungi. Penentuan jenis dan spesifikasi komponen pembangun sistem ini memiliki porsi yang sangat penting di dalam perencanaan konstruksi, sebab performa yang akan dihasilkan oleh sistem fire hydrant ke depannya nanti juga dipengaruhi dan ditentukan pula oleh keberhasilan konstruksi dari sistem itu sendiri.

Pilihan Hydrant Pillar

Dalam penentuan jenis dan spesifikasi komponen bangunan, dapat diambil contoh semisal dalam memilih komponen utama fire hydrant pillar yang harus disesuaikan dengan ukuran keluasan dari bangunan atau area yang akan dilindungi. Perlu ditegaskan, komponen utama fire hydrant pillar merupakan perangkat dengan fungsi penting dan fatal dalam rangkaian fire hydrant system, yaitu sebagai perangkat output pasokan air bertekanan tinggi yang akan digunakan sebagai media untuk melawan dan memadamkan kobaran api kebakaran yang terjadi.

Pada umumnya, penentuan jenis dari komponen fire hydrant pillar tersebut dipertimbangkan dari tingkat bangunan dan keluasan area. Komponen fire hydrant pillar yang sering dijumpai adalah tipe fire hydrant pillar one way dan fire hydrant pillar two way. Namun biarpun demikian, sebenarnya komponen fire hydrant pillar ini dirancang dengan jenis three way, four way, hingga five way juga.

Penentuan jenis dari komponen fire hydrant pillar ini diterapkan dalam konsep semakin banyak jumlah tingkat atau lantai pada bangunan, dan semakin luas serta rumitnya area, maka jenis fire hydrant pillar yang dipilih haruslah dari jenis yang memiliki jumlah output valve way yang lebih banyak, karena jumlah output valve way inilah yang menentukan jumlah selang pemadam kebakaran yang dapat dipasang dan digunakan dalam upaya pemadaman ke titik-titik api kebakaran. Namun, pada tempat-tempat publik yang sering ditemui di kota-kota, pada umumnya jenis komponen fire hydrant pillar yang dipilih adalah jenis fire Tipe Hydrant Pillar One Way.

Tipe Hydrant Pillar One Way ini sebenarnya pun telah memadai sebagai komponen untuk melindungi kebutuhan pasokan air bagi bangunan bertingkat yang jumlah lantainya tak sampai 8 lantai. Oleh karena itu, penggunaan Tipe Hydrant Pillar One Way ini lebih sering sekali dijumpai pada pada area terbuka seperti di trotoar, green areas, serta gedung-gedung publik yang tidak memiliki jumlah tingkat terlalu banyak (bangunan dengan tingkat kurang dari 8 lantai).

Sedangkan fire hydrant pillar two way, lebih sering diaplikasikan untuk gedung-gedung bertingkat banyak seperti hotel-hotel berbintang, rumah sakit besar, gedung perusahaan, dan lain sebagainya.

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya