Alat Pemadam Api CO2

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Alat Pemadam Api Co2Alat pemadam api CO2 adalah alat pemadam kebakaran yang sangat popular karena sangat efektif terhadap cairan yang mudah terbakar seperti propane, butane, pelarut dan bensin. Alat pemadam kebakaran CO2 ini pun berguna dalam mengatasi kebakaran yang diakibatkan oleh peralatan listrik, karena tidak meninggalkan residu (bubuk ataupun busa) saat memadamkan api. Alat pemadam api CO2 dibuat berdasarkan standar British EN3, dicat warna merah terang dengan label hitam di atas petunjuk penggunaan. Pada tahun 1995, alat pemadam kebakaran ini diproduksi dengan standar Inggris dan dicat hitam seluruhnya. Alat pemadam api CO2 tersedia dalam ukuran yaitu ukuran 2 kg dan 5 kg. Alat pemadam kebakaran tipe CO2 yang terbesar tersedia dalam ukuran 45 kg. Namun ukuran ini biasanya digunakan untuk offshore dan bandara.

Di mana alat Pemadam Api CO2 Biasa Digunakan ?

Alat pemadam api CO2 adalah alat pemadam yang paling cocok digunakan pada kebakaran kelas B (cairan yang mudah terbakar) dan peralatan listrik. Pemadam ini aman untuk digunakan pada peralatan listrik untuk perkantoran, workshop, klub malam, dan tempat-tempat lain yang menggunakan peralatan listrik. Alat pemadam ini sebaiknya disimpan pada tempat  yang tidak beresiko terjadinya kebakaran.

Bagaimana Cara Kerja Alat Pemadam Kebakaran CO2

Alat pemadam api CO2 adalah alat pemadam kebakaran yang mengandung karbon dioksida fase cair dengan tekanan 55 bar atau 825 psi dalam silinder bertekanan. Ketika alat pemadam dibuka, karbon dioksida mengembang sehingga membentuk fase gas. Gas CO2 yang dikeluarkan oleh pemadam akan menggantikan oksigen yang ada di sekeliling api sehingga api pun akan padam. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa oksigen merupakan salah satu elemen dari segitiga api (penyebab terjadinya api), dengan hilangnya oksigen maka segitiga api menjadi tidak sempurna sehingga api pun tidak akan dapat terbentuk dengan kata lain, api yang mulanya terbentuk akan padam jika kadar oksigen hilangkan.

Selang Anti Beku pada Alat Pemadam Api CO2

Apabila Anda membeli alat pemadam kebakaran tipe bahan kimia CO2, maka Anda akan diberikan selang anti beku. Hal ini karena gas CO2 yang dilepaskan dari alat pemadam ini sangat dingin. Penggunaan pemadam tipe karbon dioksida tanpa memegang selang anti beku akan menyebabkan jari-jari menjadi beku dan cedera yang serius. Selang anti beku ini dirancang untuk dapat menahan efek pembekuan gas karbon dioksida, dan dapat dipegang oleh pengguna. Alat pemadam kebakaran CO2 juga harus memiliki horn (seperti keran pemompa) yang berfungsi sebagai diffuser pengurang gaya tekan gas CO2 saat dilepaskan. Jika alat pemadam kebakaran CO2 tidak memiliki ini, maka pada saat penggunaan, besarnya gaya tekan gas CO2 akan menyebabkan pergelangan tangan patah.

Alat Pemadam Api CO2 Jangan Gunakan Di Ruang Tertutup

Karbon dioksida terkandung dalam udara yang kita hirup sehari-hari namun berada pada kadar yang aman untuk dihirup.  Jika kadar CO2 yang dihirup telah melebihi batas standar maka akan menyebabkan keracunan karbon dioksida. Ada cara mudah untuk mengobati orang yang keracunan karbon dioksida, yaitu dengan cara menghirup lebih banyak oksigen. Namun jika orang tersebut telah kehilangan kesadaran atau tidak mampu keluar dari ruangan, karbon dioksida dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti asidosis yang bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan alat pemadam kebakaran CO2 dalam ruang tertutup, terutama di mobil atau kendaraan. Selain berwarna merah, terdapat pula alat pemadam kebakaran CO2 yang dipoles dengan warna silver.  Alat pemadam ini memberikan tampilan yang lebih menawan dan sangat ideal untuk penggunaan pada butik-butik dan outlet kelas atas. Alat pemadam yang dipoles ini tidak dibuat berdasarkan standar British EN3 karena tidak mengikuti aturan berwarna merah, melainkan dibuat berdasarkan standar British lain untuk standar alat. Pemadam kebakaran.

Nuno adalah salah satu team kreatif patigeni.com yang selalu meningkatkan pengetahuan tentang sistem kebakaran, agar dapat berbagi dengan Anda melalui karya tulis yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya