Bagaimana Trik Memilih Alat Pemadam Kebakaran yang tepat?

Trik Memilih Alat Pemadam Kebakaran

Pada dasarnya alat pemadam kebakaran itu terbagi atas beberapa media. Beberapa media tersebut memiliki kegunaan masing – masing. Dimana kegunaannya tersebut juga didasarkan pada jenis penyebab kebakarannya. Ada yang bisa digunakan untuk mengatasi kebakaran oleh benda cair dan arus listrik, ada juga yang tidak baik digunakan untuk mengatasi kebakaran yang disebabkan oleh 2 hal tersebut.

Maka dari itulah, untuk mendapatkan alat pemadam yang paling tepat, maka dibutuhkan sebuah trik memilih alat pemadam api didasarkan pada medianya. Sehingga, Anda bisa segera mengatasi kebakaran yang disebabkan oleh beberapa pembagian kelasnya, yang meliputi:

Trik Memilih Alat Pemadam Kebakaran berdasarkan Media

  1. Bila Anda sedang mencari alat pemadam kebakaran yang paling murah dan terjangkau, maka salah satu trik memilih alat pemadam api diseuaikan dengan budget ini bisa Anda pilih pada alat pemadam dari dry chemical powder. Disamping lebih murah, alat ini bisa digunakan untuk memadamkan api dikarenakan oleh kayu, kertas, kain di kelas A, bahan bakar seperti minyak di kelas B, dan juga kebakaran oleh gas, listrik, dan kimia di kelas C. Namun, perlu Anda ketahui bila Anda menggunakan media dari dry chemical powder, maka salah satu dampak yang akan ditimbulkan adalah akan terjadi residu dan area yang dipadamkan tersebut menjadi terkena powder yang tersisa.
  2. Sementara untuk jenis lainnya, adalah alat pemadam dari busa. Kini alat ini jarang digunakan. Biasanya alat ini hanya dipakai di area out door, karena sifatnya dapat menghantarkan arus listrik. Sehingga, alat ini hanya bisa dipakai untuk mengatasi kebakaran di kelas A dan di kelas B saja.
  3. Untuk Anda yang ingin memadamkan api tanpa meninggalkan residu, maka salah satu trik memilih alat pemadam api yang bisa Anda pilih adalah menggunakan alat pemadam kebakaran dari karbondioksida. Dengan menggunakan alat inilah akan menghasilkan suhu yang sangat dingin. Sehingga, suhu panas di ruangan bisa dipadamkan. Sehingga, alat ini baik dipakai untuk mengatasi kebakaran di sekitar rumah sakit, di sekitar makanan, di ruangan genset, dan di ruangan computer. Alat pemadam dari media karbondioksida ini cocok sekali digunakan untuk memadamkan api dari kelas elektrikal.
  4. Selanjutnya, trik memilih alat pemadam api yang bisa Anda pilih adalah menggunakan media dari gas clean agent. Alat ini bersifat gas liquid, sehingga penggunaannya dapat memuai dengan cepat. Karena itulah penggunaannya sangat baik dipakai untuk semua jenis kebakaran. Hanya saja, harganya sangat mahal. Mengingat penggunaannya bisa dipakai untuk berbagai kelas kebakaran, yang dimulai dari kebakaran dari kelas A, kelas B, dan juga dari kelas C.

Nah, itulah beberapa trik memilih alat pemadam api berdasarkan pada media yang digunakan. Dengan memahami trik – trik di atas, diharapkan kini Anda bisa menentukan manakah di antara alat pemadam api yang paling tepat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam memadamkan kebakaran yang terjadi. Dengan begitu, Anda bisa mengatasi kebakaran dengan lebih cepat dan efisien, disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda.

Sangat disayangkan sekali bila Anda sudah menghabiskan banyak uang untuk membeli alat pemadam kebakaran, namun ternyata alat tersebut tidak bisa digunakan di area tertentu. Maka dari itulah, dibutuhkan pemahaman tentang Trik Memilih Alat Pemadam Kebakaran yang tepat.