Alat Pemadam Gedung

Alat Pemadam Gedung

Suatu kejadian kebakaran kadang tidak kita terka kehadirannya, tentunya kita harus siap setiap saat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya. Apalagi jika kita memiliki asset gedung, atau sedang berada didalam sebuah gedung. Secara umum penggunaan suatu alat pemadam gedung harus disesuaikan dengan desain dan besar gedung tersebut. Begitu pula dengan jumlah alat yang digunakan pun perlu disesuaikan dengan desain gedung.

Alat pemadam kebakaran sendiri terdiri dari tiga bagian yakni instalasi pemadam kebakaran, alat pemadam api ringan (APAR) dan pemadaman dari luar. Pada artikel ini akan kita bahasa secara detail tentang masing-masing alat pemadam gedung yang umumnya digunakan dan kegunaannya.

Alat Pemadam Gedung dan Kegunaannya

Pada suatu gedung, terutama gedung yang berisi banyak orang seperti gedung perkantoran, mal dan sebagainya tentunya diperlukan suatu rambu-rambu kebakaran, misalnya rambu larangan merokok, area khusus merokok,  jalur evakuasi kebakaran dll. Hal ini sangat penting, selain mencegah terjadinya kebakaran dengan rambu tersebut dapat membantu proses evakuasi jika terjadi kebakaran.

Selanjutnya alat pemadam gedung yang sangat penting yaitu alat pemadam api ringan (APAR). Alat ini sangat penting adanya sebagai pemadam kebakaran untuk keakaran kecil, namun sangat berguna juga untuk kebakaran besar yaitu sebagai pertolongan pertama. APAR ini berisi sebuah gas berbeda-beda dengan media penyemburan yang berbeda. Hal ini disesuaikan dengan jenis kebakaran atau medianya. Alat ini penting untuk diletakkan pada lekat yang stategis dan mudah dijangkau pada suatu gedung.

Salah satu alat instalasi yang sangat penting yaitu detector dimana secara otomatis berfungsi menghidupkan alarm saat mendeteksi adanya ancaman kebakaran. Dengan adanya detector, bell peringatan kebakaran akan berbunyi dan dengan cepat data memperingatkan penghuni gedung untuk menyelamatkan diri. Sehingga alat ini tentu sangat penting pada suatu gedung untuk memantu proteksi gedung Anda.

Alat pemadam gedung yang tidak kalah pentingnya adalah Sprinkler. Alat ini biasanya diletakkan pada ujung instalasi pipa sprinkler dan dekat dengan detector. Sehingga saat tercium adanya tanda-tanda kebakaran oleh detector, alat ini akan mengembang dan saat suhu panas mulai semakin tiggi dapat memecahkan air dengan deras sehingga membantu proses pemadaman api.

Alat pemadam gedung yang merupakan solusi terakhir untuk proses pemadaman gedung yaitu fire hydrant. Sangat cocok jika digunakan untuk api yang sudah meluas dan membesar dengan bantuan tenaga professional pemadam kebakaran atau dinas pemadam kebakaran dalam proses evakuasinya.

Berbagai macam alat pemadam gedung tersebut tentu sangat membantu kehidupan sehari-hari kita, selain itu juga sebagai alat proteksi kebakaran yang sangat aktif dan efisien sehingga meningkatkan pengawasan pada gedung Anda dan menghilangkan rasa khawatir kita akan terjadinya bahaya kebakaran. Selain pentingnya penggunaan alat, tentunya juga penting bagi Anda mempelajari cara penggunaan alat dan medianya.