contoh checklist pemeriksaan hydrant

Fire hydrant adalah sebuah sistem yang digunakan untuk proteksi kebakaran. Biasanya untuk kebakaran sedang sampai besar. Namun, taukah Anda jika sistem fire hydrant harus dirawat dengan baik dan ada checklist yang harus diperhatikan.

Contoh Checklist Pemeriksaan Hydrant Terlengkap

Sistem fire hydrant bekerja dengan air bertekanan untuk memadamkan api. Air bertekanan di bawa dari groundtank/water reservoir menuju titik api dengan bantuan beberapa komponen atau hydrant komponen seperti berikut:

Contoh Checklist Pemeriksaan Hydrant Terlengkap dari NFPA dan Damkar

Nah, saat dilakukan pengecekan atau inspeksi fire hydrant, komponen-komponen di atas harus diperhatikan kondisi, performa dan juga pemasangannya. Pastikan dalam kondisi baik, dan terpasang sesuai standar. Jika tidak segera perbaiki maupun evaluasi. Jika komponen tersebut tidak dapat diperbaiki, maka harus segera diganti.

Supaya hydrant dapat tetap siaga digunakan setiap saat untuk memadamkan api. Dan, kegagalan pemadaman api dapat dihindarkan dan kerugian baik materi dan jiwa dapat dicegah.

Aplikasi Cek Hydrant Pertama di Indonesia

Selain melakukan inspeksi hydrant secara berkala, kita juga harus me-monitor instalasi fire hydrant dengan seksama. Sehingga, jika ada error pada instalasi dapat dicegah lebih dini. Dan, supaya tidak menganggu saat akan digunakan untuk memadamkan api dengan performa maksimal.

Kini me-monitor fire hydrant dapat dilakukan dengan mudah, cukup menggunakan smartphone! Dengan aplikasi Welmo, akan muncul notifikasi jika hal di bawah ini terjadi:

  • Ada kebocoran pada groundtank/water reservoir
  • Supply air di bawah standar
  • Pompa hydrant aktif
  • Kebocoran atau kerusakan pada instalasi fire hydrant
  • Terjadi kebakaran

Contoh Checklist Pemeriksaan Hydrant PDF

Jadi, error atau kerusakan dapat di-monitor lebih dini dan tentunya kerusakan-kerusakan pada instalasi fire hydrant dapat dicegah lebih dini. Selain itu, kebakaran dapat dideteksi lebih dini dan dapat diatasi lebih cepat sehingga meminimalisir korban jiwa dan materi.

Bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi monitoring hydrant Welmo pertama di Indonesia, Anda dapat mencoba aplikasi ini di sini!

contoh checklist pemeriksaan hydrant, contoh checklist pemeriksaan hydrant