Fungsi hydrant nozzle cukuplah penting dalam proses pemadaman api. Nozzle akan memaksimalkan kinerja aksesoris hydrant lainnya dalam distribusi media air menuju titik api.

Apa itu Fungsi Hydrant Nozzle?

Fungsi Hydrant Nozzle - Nozzle

Fire hydrant memiliki ragam aksesoris yang menunjang bekerjanya sistem distribusi media air. Salah satunya adalah hydrant nozzle.

Fungsi hydrant nozzle adalah sebagai pengatur pancaran media air dari fire hose. Pasalnya, tekanan air yang dikeluarkan tentunya bertekanan tinggi dan dapat membuat arah air tidak fokus.

Oleh karena itu, nozzle akan membuat pancaran air fokus ke titik api. Sehingga fire hose dapat bekerja dengan maksimal dalam mendistribusikan media air.

Cara kerja nozzle cukup sederhana. Hydrant nozzle cukup dipasangkan pada ujung fire hose atau selang pemadam kebakaran.

Jenis-Jenis Nozzle

Sudah paham dengan fungsi hydrant nozzle? Kini saatnya Anda mengenali jenis-jenis hydrant nozzle dan cara kerjanya dalam hydrant.

Hydrant nozzle hadir dalam dua jenis menurut tipe pancaran airnya. Yakni, jet dan spray nozzle. Berikut adalah cara kerja keduanya:

 

Fungsi Hydrant Nozzle - Hydrant Nozzle

1. Jet Nozzle

Jet nozzle merupakan salah satu jenis nozzle hydrant. Nozzle ini dapat mengalirkan pancaran air secara solid dan lurus. Nozzle ini pun mempunyai kemampuan untuk memancarkan debit dan tekanan air yang sangat besar dan kuat.

Dengan pancaran air yang baik oleh jet nozzle, memungkinkan regu pemadam kebakaran untuk memadamkan api dari jarak yang cukup jauh. Pancaran air yang dihasilkan oleh jet nozzle, dengan mudah menjangkau api saat ada proses pemadaman kebakaran.

2. Spray Nozzle

Spray nozzle adalah jenis nozzle hydrant lainnya yang cukup berbeda dengan jet nozzle. Pancaran air yang dihasilkan tipe ini lebih mirip seperti tirai atau perisai air yang menyebar. Jadi sangat berbeda dengan pancaran air dari jet nozzle yang cenderung solid dan lurus.

Pancaran dari spray nozzle digunakan untuk melindungi orang atau regu damkar yang akan menuju ke titik api. Dengan berada di belakang pancaran air yang seperti tirai, maka akan terhindar dari jilatan api dan juga panas api yang menyengat.

Tirai air yang dihasilkan dari pancaran spray nozzle biasanya juga digunakan untuk mengevakuasi korban kebakaran. Atau juga bisa digunakan untuk mendinginkan area kebakaran pasca api padam. Pancaran yang dihasilkan spray nozzle akan mendinginkan area tersebut dan mencegah titik-titik api muncul kembali.

Distributor Hydrant Equipment

Sudah menemukan tipe nozzle idaman Anda? Pastikan memilih nozzle yang tepat untuk kebutuhan hydrant Anda, ya! Jika masih bingung, konsultasikan saja pada Patigeni!

Patigeni merupakan distributor perlengkapan hydrant terpercaya. Di sini kami menyediakan tipe nozzle dan komponen hydrant lainnya secara lengkap dengan kualitas NFPA.

Fungsi Hydrant Nozzle - Patigeni

Kami juga menyediakan jasa konsultasi bagi Anda yang masih bingung dengan tipe proteksi kebakaran mana yang tepat. Patigeni memiliki tenaga ahli profesional yang akan membantu Anda memilih proteksi kebakaran yang sesuai dengan kebutuhan aset dan bangunan yang dimiliki.

Nah, tunggu apalagi? Ingin memaksimalkan fungsi hydrant nozzle dan komponen hydrant lainnya? Yuk, hubungi kami sekarang juga!