Fungsi Pressure Switch Fire Hydrant

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Fungsi Pressure Switch Fire HydrantFungsi Pressure Switch Fire Hydrant Melengkapi bangunan atau gedung perusahaan Anda dengan perangkat-perangkat dari sistem proteksi bahaya kebakaran merupakan sebuah tugas yang harus Anda penuhi sejak bangunan baru akan beroperasi. Sebagai penanggung jawab gedung, sudah sepatutnya Anda menjamin keselamatan dan keamanan para penghuni gedung tersebut dari ancaman risiko bencana kebakaran yang dapat menimpa bangunan dalam waktu yang tidak dapat diperkirakan. Hal ini disebabkan pula oleh pemicu terjadinya bencana kebakaran yang berbagai macam, namun kebanyakan pemicunya disebabkan oleh kelalaian manusia yang kurang berhati-hati, kecelakaan kerja, atau kesalahan teknis.

Sistem fire hydrant adalah salah satu varian sistem atau perangkat proteksi ancaman risiko kebakaran untuk bangunan Anda. Hampir seluruh gedung-gedung bertingkat, bahkan tempat terbuka sekalipun mengaplikasikan fire hydrant system sebagai perangkat proteksi yang mampu melindungi dan mengantisipasi apabila bencana kebakaran terjadi. Pada dasarnya, sistem fire hydrant memiliki fungsi utama sebagai perangkat pemadam api kebakaran yang memiliki daya memadamkan lebih lama dan lebih besar sehingga dapat diandalkan apabila alat-alat pemadam api kebakaran ringan ataupun berat yang ada bangunan telah habis, mengingat muatan materi atau agen pemadam yang tersimpan di dalam tabung portable alat-alat pemadam api kebakaran ringan ataupun berat tersebut terbatas sehingga tidak mampu untuk menghadapi kobaran api kebakaran yang telah membesar dan menjalar luas.

Pada sebuah perangkat fire hydrant system, terdapat berbagai sub sistem yang menjadi satu-kesatuan yang saling memiliki kinerja berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Salah satu sub sistem paling penting dalam perangkat fire hydrant system adalah sub sistem pump house atau rumah pompa. Rumah pompa ini memiliki tiga buah fire pump, di antaranya meliputi jockey pump atau pompa jockey, electric pump atau pompa elektrik, serta diesel pump atau pompa diesel. Electric pump serta diesel pump sebenarnya merupakan dua fire pump utama pada perangkat fire hydrant. Apabila daya listrik mati atau padam saat bencana kebakaran sedang berlangsung, maka electric pump tidak mungkin dapat aktif dan bekerja, oleh karenanya, pump house menyediakan diesel pump yang berperan sebagai fire pump cadangan yang memiliki performa memompa yang setingkat dengan electric pump.

Fungsi Pressure Switch Fire Hydrant

Selain tiga fire pump tersebut, terdapat komponen-komponen lainnya yang tedapat pada pump house. Misalnya air vessel, air release valve, pressure switch, dan lain sebagainya. Salah satu komponen sub sistem yang memiliki peran paling penting di sini adalah komponen pressure switch. Fungsi pressure switch fire hydrant system adalah sebagai pengontrol atau komponen pengatur system control yang memengaruhi hasil tekanan air pada fire pump. Komponen pressure switch ini didesain menyambung pada delivery line yang ada pada fire pump atau dapat pula didesain menyambung pada badan tangki hidropneumatik sebagai pengatur awal level tekanan air yang akan dihasilkan di mana komponen pressure switch ini dapat mengaktifkan secara otomatis komponen fire pump.

Pada dasarnya, komponen pressure switch ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu pressure switch khusus untuk pompa jockey yang didesain dengan upper limit dan lower limit, serta jenis pressure switch yang diaplikasikan untuk pompa utama (baik pompa elektrik, maupun pompa diesel) yang hanya memiliki kemampuan lower limit. Penggunaan komponen pressure switch ini pada umumnya diatur dalam kisaran bar sebesar 6 bar hingga 8 bar atau dapat pula diatur dalam kisaran bar sebesar 8 bar hingga mencapai 10 bar. Untuk pengaplikasian komponen pressure switch pada pompa jockey, apabila tekanan pressure switch diatur menjadi tekanan minimum, maka komponen pompa jockey dapat aktif beroperasi secara otomatis, dan apabila tekanan pressure switch diatur dalam tekanan maksimum, maka pompa jockey akan mati atau berhenti secara otomatis pula. Namun, pengoperasian pompa jockey untuk aktif maupun berhenti selain dengan mengatur upper atau lower limit pada komponen pressure switch, juga dapat dilakukan secara manual melalui panel pompa, yaitu dengan menekan tombol perintah yang tersedia.

Berbeda dengan komponen pressure switch pada pompa jockey, komponen pressure switch yang diaplikasikan pada pompa utama baik elektrik maupun diesel pump yang hanya berkemampuan sebagai lower limit, tidak mampu untuk mematikan atau menghentikan pompa-pompa utama tersebut secara otomatis dengan hanya mengatur tekanan pada komponen pressure switch menjadi bertekanan maksimum, tetapi hanya bisa dengan melakukan proses menghentikan mesin pompa dengan manual, yaitu menekan tombol perintah mematikan pada panel pompa. Namun, pompa utama dapat diaktifkan secara otomatis melalui komponen pressure switch karena memiliki fitur lower limit. Selain itu, sama halnya dengan pompa jockey, untuk mengaktifkan pompa utama baik elektrik maupun diesel juga dapat dilakukan melalui panel pompa secara manual.

Untuk informasi lebih luas, hubungi 08882560888

Nuno adalah salah satu team kreatif patigeni.com yang selalu meningkatkan pengetahuan tentang sistem kebakaran, agar dapat berbagi dengan Anda melalui karya tulis yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya