Tips Memilih Hydrant Pillar Agar Terhindar Dari Korosi

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Tips Memilih Hydrant Pillar Agar Terhindar Dari Korosi

Hydrant pillar merupakan salah satu bagian penting dari instalasi fire hydrant yang berfungi sebagai output air. Jika hydrant pillar tidak berfungsi dengan baik tentunya akan menghambat proses pemadaman jika terjadi kebakaran yang menyebabkan distribusi air tidak berjalan dengan baik.

Masing-masing hydrant pillar memiliki tingkat ketahanan yang berbeda-beda terhadap korosi terutama jika terbuat dari besi cor atau kuningan. Salah satu penyebab korosi yaitu karena cuaca atau iklim. Indonesia yang beriklim tropis membuat korosi semakin rawan terjadi.

Untuk itu ketahui spesifikasi dan material pembuat hydrant pillar agar kendala seperti korosi dapat dihindari, diantaranya:

  • Pastikan hydrant pillar di cat degan cat anti karat.
  • Telah dilakukan galvanisasi, yaitu pelapisan dengan zink yang merupakan logam anti karat.
  • Secara Rutin dilakukan pengecekan atau inspeksi terhadap material yang telah terpasang

Hydrant pillar yang berkualitas baik tentunya akan tahan terhadap segala cuaca dan dapat digunakan sebagai bagian dari sistem instalasi hydrant yang dapat diandalkan.

 Bagaimana Jika Hydrant Pillar Telah Mengalami Korosi?

Tips Memilih Hydrant Pillar Agar Terhindar Dari Korosi. Jika hydrant pillar telah mengalami korosi, sebaiknya segera dilakukan penanganan agar sistem proteksi kebakaran selalu dalam keadaan siap digunakan. karena kita tidak tahu kapan sebuah musibah akan terjadi bukan?. Biasanya korosi terjadi pada bagian baut flange yang menjadi penghubung antara hydrant pillar dengan sistem perpipaan. Jika hal tersebut terjadi, segera konsultasikan dengan konsultan proteksi sistem kebakaran atau dilakukan penggantian flange / hydrant pillar.

Proses Penggantian Hydrant Pillar

Proses penggantian hydrant pillar dimulai dengan pengurasan air pada tandon air (ground tank) agar tekanan air dapat berkurang. Sehingga saat pembongkaran hydrant pillar air sudah tidak keluar dari jaringan perpipaan. atau jika ada Gate valve yang ada di Instalasinya, maka gate valve bisa ditutup saja agar ait tidak keluar saat proses penggantian.

Setelah air terkuras / berhenti mengalir, hydrant pillar yang lama dapat dilepas dan diganti dengan hydrant pillar yang baru. Pastikan memilih hydrant pillar dengan ukuran flange yang sama agar dapat terpasang dengan sempurna. Selain itu, pastikan juga baut dan mur terpasang dengan baik agar tidak terjadi kebocoran.

Jika proses penggantian dan pemasangan hydrant pillar sudah selesai, maka dilanjutkan dengan pengetesan menggunakan pompa hydrant. Pada saat pengetesan, pompa akan mendistribusikan air bertekanan tinggi untuk mengetahui adanya kebocoran. Jika terjadi kebocoran pada flange hydrant pillar, segera cek kembali mur dan baut yang terpasang. Kencangkan mur dan baut dan lakukan tes kembali sampai kebocoran tidak terjadi kembali.

Penggantian hydrant pillar harus dilakukan oleh orang yang ahli dalam instalasi fire hydrant agar keamanan dan keselamatan dapat terlindungi. Pastikan untuk konsultasikan segala permasalahan instalasi fire hydrant pada konsultan yang telah berpengalaman.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta Fire suppression system merupakan rangkaian proteksi…
Baca Selengkapnya

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler Saat ini tersedia banyak sekali jenis…
Baca Selengkapnya

Bagaimana Cara Kerja Kitchen Suppression Systems?

Menurut data dari NFPA, 57% kebakaran restoran yang terjadi di US penyebab…
Baca Selengkapnya