Harga valve hydrant tergantung pada tipenya masing-masing. Sebelum membeli valve, ada baiknya Anda menilik terlebih dahulu masing-masing jenis valve dan fungsinya.

Jenis dan Harga Valve Hydrant

Harga valve hydrant beragam dan hadir dalam banyak jenis dengan cara kerja yang berbeda-beda. Tentunya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari keseluruhan valve untuk menyesuaikan mana valve yang tepat untuk Anda.

Adapun jenis-jenis valve adalah sebagai berikut:

1. Gate Valve

Harga Valve Hydrant - Gate Valve

Gate valve merupakan jenis katup yang berfungsi untuk membuka aliran air dari hydrant pillar dengan cara mengangkat gerbang penutupnya yang berbentuk bulat atau persegi panjang. Jenis valve ini harus benar-benar terbuka saat digunakan, bila hanya setengah terbuka maka akan terjadi turbulensi pada sistem hydrant.

2. Ball Valve

Ball valve adalah sebuah katup berbentuk bola dan berfungsi mengontrol aliran air. Valve ini juga digunakan umumnya di dunia industri. Pasalnya, valve sangat serbaguna karena dapat menahan tekanan hingga 1000 bar dan suhu hingga 482° F (250° C).

3. Butterfly Valve

Harga Valve Hydrant - Butterfly Valve

Butterfly Valve adalah katup yang berfungsi untuk mengisolasi atau mengatur aliran air. Cara kerjanya mirip dengan ball valve, yang memungkinkan cepat untuk menutup.

Valve jenis ini cukup digemari karena harganya yang lebih terjangkau di banding valve jenis lainnya. Valvenya juga terbilang lebih ringan daripada valve yang lain.

4. Check Valve

Check valve adalah katup yang berfungsi untuk membuat aliran air hanya mengalir ke satu arah saja untuk menghindari terjadinya reversed flow/back flow.

5. Globe Valve

Globe Valve

Globe valve adalah katup yang arah geraknya secara linier dan didesain sebagai penutup dan pembuka aliran, serta mengatur aliran air tersebut.

6. Angle Valve

Layaknya globe valve, angle valve turut digunakan pada situasi dimana pengaturan besar kecil aliran diperlukan (throttling).

Untuk harga valve hydrant, sangat bervariasi. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Anda bisa menyesuaikannya dengan tipe valve yang sesuai dengan kebutuhan valve Anda.

Fungsi Valve dalam Hydrant

Hydrant Pillar

Sudah mengetahui jenis-jenis valve, namun apakah Anda sudah paham apa fungsi aksesoris ini pada hydrant? Jika belum, ada baiknya Anda cermati dulu fungsinya agara dapat memaksimalkan kinerja valve.

Valve hydrant adalah aksesoris yang bekerja seperti keran air. Yakni, mengatur besar kecilnya air yang mengalir pada jaringan hydrant.

Namun, valve bekerja lebih daripada keran air. Pasalnya, valve hydrant dapat mengontrol air bertekanan besar hingga 10 bar.

Tujuannya sendiri adalah agar tekanan air yang keluar pada jaringan hydrant tetap stabil. Karena apabila air keluar secara tiba-tiba dengan tekanan yang besar, dapat memicu kerusakan pada jaringan hydrant.

Aksesoris Hydrant Terlengkap

Harga Valve Hydrant - Aksesoris Hydrant

Sudah menemukan harga valve hydrant yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda? Tak hanya valve, Anda juga perlu melengkapi hydrant dengan aksesoris dan komponen lainnya.

Jika ingin mendapatkan aksesoris dan komponen hydrant dengan kualitas terbaik, tak perlu bingung. Serahkan saja semuanya pada Patigeni!

Patigeni merupakan distributor perlengkapan hydrant terlengkap. Mulai dari hydrant pump, hydrant box, fire hose, hingga valve hydrant ada di sini!

Keseluruhan produk hydrant yang kami tawarkan pun sudah berstandar NFPA dan SNI. Nah, tunggu apalagi? Yuk, hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan hydrant yang berkualitas!