Hydrant pump merupakan salah satu komponen dalam sistem hydrant. Apakah Anda salah satu pengguna sistem proteksi kebakaran tersebut?

Jika ya, maka ada baiknya bila Anda mengetahui salah satu komponen sistem tersebut. Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel ini!

 

Fungsi Hydrant Pump

Hydrant Pump - Hydrant Pump Jockey

 

Sistem fire hydrant adalah sistem proteksi kebakaran pada sebuah bangunan yang menggunakan air sebagai medianya untuk memadamkan api. Untuk membuat sistem ini bekerja, tentunya dibutuhkan komponen-komponen yang mendukungnya, salah satunya adalah hydrant pump.

Pompa hydrant memiliki beberapa jenis yang bekerja secara bersamaan. Ada pun di antaranya adalah jockey, electric, dan diesel pump.

Fungsi hydrant pump adalah tergantung dari jenis-jenisnya. Adapun fungsinya adalah sebagai berikut.

  • Jockey pump yang berfungsi menstabilkan tekanan air yang dipompa oleh electric dan diesel pump.
  • Electric pump sendiri memasok air dari tandon menuju output jaringan hydrant, yakni hydrant pillar. Electric pump ini bekerja menggunakan tenaga listrik PLN sebagai sumber dayanya.
  • Ketika jaringan listrik PLN terputus, kemudian diesel pump lah yang menggantikan kerja electric pump. Ketiga pompa tersebut saling mendukung proses pengaliran air dari reservoir menuju jaringan hydrant. Sehingga, ketiga jenis pompa ini sama pentingnya.

Di Patigeni kami menawarkan berbagai macam merk pump berkualitas yang dapat menjadi pilihan Anda. Di antaranya adalah Ebara, Grundfos, Fairbanks dan lainnya.

 

Cara Merawat Hydrant Pump

Hydrant Pump - Control Panel

Agar sistem fire hydrant dapat bekerja dengan baik, tentunya setiap komponen hydrant harus selalu dirawat. Tak terkecuali dengan komponen pompa hydrant.

Adapun hal-hal yang dapat dilakukan untuk merawat hydrant pump adalah:

  • Panaskan mesin pompa setiap seminggu sekali.
  • Hidupkan mesin sesuai intruksi yang telah dijelaskan teknisi yang menginstalasi sistem hydrant.
  • Ketahui cara penggunaan control panel.
  • Hindari telatnya mematikan mesin saat memanaskan pompa untuk menghindari rusaknya komponen pada control panel
  • Lakukan flushing untuk menghindari endapan lumpur pada tandon, pompa, dan komponen hydrant lainnya.

 

Nah, itu dia fungsi hydrant pump dalam sistem proteksi kebakaran fire hydrant. Bila Anda baru ingin menginstalasi sistem fire hydrant, hubungi kami di sales@patigeni.com. Atau Anda dapat datang langsung ke Jl. Perintis Kemerdekaan No. 37H, Pudakpayung, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Patigeni telah menangani instalasi sistem proteksi kebakaran di berbagai perusahaan dan gedung di Indonesia. Yuk, mulai percayakan kami untuk melindungi perusahaan Anda!

Hydrant Pump - Hydrant Pump Portable