Apa itu foam system perlu diketahui sebelum memilih sistem ini sebagai proteksi kebakaran Anda. Mulai dari pengertian hingga cara kerjanya, agar Anda dapat memaksimalkan proteksi aset dan bangunan yang dimiliki.

Apa itu Foam System?

Begitu banyak sistem proteksi kebakaran dengan berbagai macam media. Mulai dari hydrant, fire suppression, fire alarm, dan fire system lainnya.

Mungkin Anda sudah sangat familiar dengan fire hydrant. Bagaimana dengan proteksi kebakaran dengan foam system? Apa itu foam system?

Foam system adalah sistem proteksi kebakaran yang menggunakan media busa. Tentu Anda semakin penasaran, apakah busa bisa memadamkan api? Bukanlah media air yang tepat untuk memadamkan api layaknya hydrant?

Apa itu Foam System - Foam in Industrial

Namun, perlu diketahui bahwa tak semua jenis kebakaran dapat dipadamkan dengan api. Terdapat kelas kebakaran yang akan cukup berpotensi lebih parah bila dipadamkan dengan air.

Seperti pada kelas kebakaran B. Kelas kebaran ini umumnya diakibatkan oleh benda cair mudah terbakar. Seperti minyak, bensin, dan lainnya.

Media foam memang yang paling tepat untuk kebakaran jenis ini. Umumnya sistem ini diinstalasi di dunia industri dan perminyakan.

Cara Kerja Foam System

Memang media air tidak tepat untuk memadamkan api pada kelas kebakaran B. Namun, pada foam system sesungguhnya juga menggunakan media air sebagai bahan utama media pemadamnya. Bagaimana cara kerjanya?

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa foam system terdiri dari pasokan media air, fire pump, air foam concentrate, proportioner, foam maker, foam discharge outlet control panel dan rangkaian pipa.

Media air nantinya akan diolah menjadi busa dengan adanya foam maker. Foam nantinya akan didistribusikan melalui jaringan pipa dan output dischargenya pada titik-titik area yang diproteksi.

Foam system hadir dengan banyak jenis untuk menghadapi berbagai bahaya kebakaran. Oleh karenanya, sistem foam dilengkapi dengan enam tipe foam discharge.

Mulai dari Air Foam Chamber, Air Foam Nozzle, Air Foam Spray Head, Subsurface Foam Injection, Air Foam-Water Monitor Nozzle dan High Expansion Foam Generators.

Apa itu Foam System - Bladder Tank Foam

Air Foam Chamber dan Subsurface Foam Injection diperuntukan bagi pemadaman api pada tanki penyimpanan, umumnya berupa tanki terbuka. Keduanya didukung oleh Air Foam Nozzle.

Sedangkan untuk Air Foam Spray Head dikhususkan untuk mereduksi kebakaran di atas permukaan cairan mudah terbakar atau flammable liquid. Sementara Air Foam Monitor Nozzle digunakan untuk memadamkan api pada kilang minyak lepas pantai.

Demikian beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai apa itu foam system. Untuk informasi lengkap dan instalasinya, hubungi kami atau tinggalkan pesan di kolom komentar.