Fire Hydrant Hose

Fire Hydrant Hose

Dalam upaya memenuhi kebutuhan perlindungan bangunan dari risiko bahaya kebakaran yang berpotensi mengancam dalam waktu kapan saja, suatu bangunan hendaknya selalu dilengkapi dengan kontruksi sistem proteksi bahaya kebakaran demi mencegah dan mengantisipasi kedatangan bencana kebakaran. Di antara beragam macam jenis sistem proteksi bahaya kebakaran, sistem fire hydrant menjadi salah satu jenis sistem proteksi bahaya kebakaran yang paling banyak dibutuhkan untuk diaplikasikan pada berbagai jenis bangunan  indoor (bangunan bertingkat maupun tak bertingkat), hingga pada tempat-tempat publik atau tempat bisnis yang terbuka (halaman atau outdoor).

Pada satu rangkaian sistem fire hydrant, terdiri atas berbagai macam komponen utama serta terdiri pula dari beberapa fire hydrant equipment. Komponen-komponen utama yang membangun satu-kesatuan fungsi dari sistem fire hydrant antara lain meliputi fire hydrant pillar, pump house, reservoir atau tandon penampungan persediaan media air, jaringan perpipaan air, dan juga fire hydrant box. Sementara fire hydrant equipment merupakan peralatan pelengkap atau aksesoris yang mendukung kelangsungan proses pemadaman api kebakaran, seperti misalnya fire hydrant hose.

Fire Hydrant Hose, cara kerjanya

Fire hydrant hose atau selang pemadam hidran merupakan selang pemadam kebakaran yang digunakan dengan cara menyambung ujung male pada selang tersebut ke hydrant valve (katup hidran) yang ada pada komponen output pada sistem fire hydrant seperti misalnya hydrant valve pada komponen output fire hydrant pillar. Sedangkan ujung female pada selang disambung dengan fire hydrant equipment berupa hydrant nozzle. Sehingga pasokan air yang telah dipompa oleh fire pump dari reservoir dan telah terdistibusi sampai ke komponen output melalui jaringan perpipaan, pada akhirnya bisa dimanfaatkan dan diarahkan oleh petugas mendekati titik api dengan perantara fire hydrant hose tersebut.

Pada umumnya, selang yang dijual di pasaran telah dilengkapi atau dipasang dengan coupling. Adapun jenis coupling tersebut dapat dipilih baik dari jenis machino coupling, instantaneous coupling, maupun jenis storz coupling. Material selang pun beraneka ragam. Pada umumnya, fire hydrant hose disediakan dalam jenis red rubber, canvas, dan juga polyester.

Red rubber fire hydrant hose merupakan jenis selang pemadam yang selalu digunakan oleh petugas pemadam kebakaran. selang jenis red rubber diproduksi dengan material dasar berupa karet atau red rubber berkualitas tinggi yang mampu untuk menahan tekanan dari pasokan air hingga mencapai 18 bar sampai dengan 20 bar, meskipun rata-rata besaran daritekanan air yang mampu dihasilkan oleh pompa kebakaran pada sistem fire hydrant hanya mencapai paling tinggi 10 bar. Fire hydrant hose dengan material red rubber ini dijamin tidak akan mudah mengalami robek atau kebocoran.

Fire Hydrant Hose, Jenis dan Pemakaian

Sementara untuk selang dengan material dasar berupa canvas memiliki daya tahan tinggi sehingga tidak mudah pecah. Canvas fire hydrant hose mampu menangani tekanan air antara 13 hingga 17 bar. Sedangkan selang dengan bahan dasar polyester yang merupakan jenis filaments kain khusus mampu bekerja dalam tekanan air paling tinggi 13 bar.

Dalam menggunakan selang, hendaknya selalu berhati-hati, seperti misalnya ketika akan menggunakan fire hydrant hose harus diulur dengan mendorong kumparan dan bukan dengan menariknya secara paksa, dan ketika selesai menggunakan fire hydrant hose hendaknya dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum disimpan supaya badan fire hydrant hose tersebut tidak berjamur ataupun lengket. Selain itu, selama penggunaan selang, hendaknya untuk memerhatikan medan tanah yang bergesekan langsung dengan badan fire hydrant hose. Pastikan permukaan tanah tersebut bebas dari benda tajam ataupun benda kasar lainnya yang berisiko merobek, merusak, ataupun menyebabkan kebocoran pada badan fire hydrant hose tersebut.

Ukuran dari selangyang disediakan di dalam pasar fire hydrant equipment memang cukup beragam mulai dari ukuran diameternya yang tersedia dalam 1,5 inchi, 2 inchi, 2,5 inchi, dan juga 3 inchi, hingga panjang selang yang tersedia dalam ukuran 20 meter dan 30 meter. Pada umumnya, harga untuk satu gulungan selang relatif berkisar di antara 650.000 rupiah hingga 4.000.000 rupiah, bergantung pada merk produk, bahan atau jenis fire hydrant hose, dan tentunya juga ukuran diameter maupun ukuran panjang selang tersebut.