Ruang pompa hydrant atau rumah pompa hydrant atau ruang hydrant merupakan suatu bangunan atau ruangan yang berfungsi untuk memindahkan air dari reservoir (penampungan air) ke jaringan hydrant. Di dalam ruang terdapat beberapa instalasi dan peralatan utama diantaranya:

1. Pompa Hydrant
Pompa hydrant merupakan komponen penting dalam instalasi hydrant. Pompa hydrant berfungsi untuk memompa air dari reservoir (penampungan air) ke seluruh jaringan hydrant. Pompa hydrant terbagi menjadi 3 jenis yaitu:
• Pompa elektrik: Pompa ini bekerja menggunakan energi listrik utama sebagai penggerak. Pompa elektrik dapat berfungsi sebagai pompa utama. Pompa utama akan bekerja setelah kapasitas maksimal pompa jockey terlampaui.
• Pompa diesel: Pompa ini dapat difungsikan sebagai cadangan dari pompa utama yaitu elektrik. Pompa diesel akan bekerja ketika kapasitas pompa utama terlampaui atau rusak dan pompa utama tidak bisa bekerja karena suplai listrik. Sumber energi pompa cadangan biasanya menggunakan mesin diesel atau sistem kelistikan independen.
• Pompa jockey: Pompa ini berfungsi untuk menjaga tekanan statis di dalam jaringan hydrant. Pada saat terjadi pengeluaran kecil atau kebocoran, maka pompa jockey akan bekerja secara otomatis untuk mengembalikan air pada tekanan semula yang direncanakan. Secara umum sumber penggerak pompa jockey didapatkan dari listrik PLN atau sistem kelistrikan utama.

ruang pompa hydrant

2. Panel Kontrol
Fungsi dari panel kontrol yaitu untuk mengatur dan mengendalikan sistem kerja pompa hydrant agar dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Pompa hydrant bekerja berdasarkan tekanan yang ada pada instalasi pipa. Untuk mengatur sistem kerja pompa berdasarkan tekanan, panel kontrol mendapatkan input dari pressure switch.

panel hydrant
3. Pipa Header
Pipa header merupakan pipa penghubung utama dari pipa pengeluaran (discharge dari pompa jockey, pompa utama, atau pompa cadangan) ke jaringan pipa distribusi. Pipa ini berdiameter lebih besar daripada pipa-pipa lainnya. Untuk menghubungkan pipa ke pipa header diperlukan beberapa perlengkapan yaitu:
• Flexible joint
• Check valve
• Gate valve

Header Hydrant
4. Suction (Pipa Hisap)
Suction (pipa hisap) adalah instalasi penghubung antara reservoir menuju pompa. Instalasi suction terdiri dari foot valve, gate valve, y strainer, dan flexible joint.
5. Pressure Tank
Pressure tank berfungsi untuk menstabilkan tekanan air pompa hydrant. Selain itu juga berfungsi untuk membuang udara yang terjebak dalam instalasi pompa hydrant.

Ruang Pompa Hydrant, berapa ukuran idealnya?

Dengan segala peralatan instalasi hydrant di ruang pompa hydrant tersebut. maka diperlukan ruangan yang cukup dan memadai agar peralatan instalasi hydrant aman dan terlindungi dari segala gangguan. Ukuran ideal sebuah ruang pompa setidaknya 5 x 6 meter dengan tinggi 2,5 meter. Dengan ukuran tersebut, peralatan instalasi hydrant dapat disimpan dengan baik dan masih memberikan ruang gerak bagi operator untuk mengendalikan fungsi masing-masing pompa dan perlengkapannya.

Setelah mengetahui apa saja yang terdapat dalam sebuah ruang pompa hydrant dan fungsi-fungsi peralatan di dalamnya maka persiapan atau perencanaan pembangunan instalasi hydrant akan semakin matang. Tetapi akan lebih baik jika dikonsultasikan dahulu dengan konsultan atau kontraktor fire hydrant yang telah berpengalaman dibidangnya.