Hydrant valve merupakan salah satu komponen dalam sistem fire hydrant yang sama pentingnya dengan komponen hydrant lainnya. Anda penasaran tentang valve ini?

Jangan khawatir, kami telah rangkumkan informasi selengkapnya tentang komponen ini dan apa fungsinya dalam sistem hydrant.

Penasaran? Yuk, simak informasinya dalam artikel berikut!

Apa Fungsi Hydrant Valve dalam Sistem Fire Hydrant?Hydrant Valve - Hydrant Valve GuardAll

Sistem fire hydrant adalah sistem proteksi kebakaran yang menggunakan media air untuk memadamkan api. Terdapat beberapa komponen untuk menjalankan sistem ini.

Di antaranya adalah tempat penampung air (reservoir), pompa hydrant, dan komponen output seperti hydrant pillar. Hydrant pillar pun membutuhkan komponen lainnya seperti valve untuk mengalirkan air dengan selang menuju lokasi kebakaran.

Hydrant valve merupakan katup atau keran yang berfungsi mengatur keluarnya aliran media air yang ada dalam jaringan hydrant. Dalam proses membuka ataupun menutup katup supply air ini dapat secara manual ataupun secara otomatis sesuai dengan jenis komponen hydrant valve.

Valve ini memiliki berbagai jenis, yakni gate valve, globe valve, ball valve, dan jenis lainnya.

 

Cara Merawat Hydrant ValveHydrant Valve - Hydrant Valve Ozeki

Instalasi fire hydrant pada sebuah gedung bukan hanya menjadi formalitas saja. Harus dipastikan bahwa sistem proteksi tersebut memang benar-benar dapat bekerja dengan baik bila suatu saat terjadi kebakaran.

Agar tidak menghambat proses pemadaman api nantinya, Anda harus merawat komponen-komponen yang terdapat dalam sistem fire hydrant.

Tak terkecuali dengan valve, komponen ini juga harus turut dijaga kualitasnya. Terkadang dalam penggunaannya memang sering terjadi masalah sulitnya valve untuk ditutup kembali akibat adanya sesuatu yang terjebak dalam valve.

Bila dipaksa ditutup, dikhawatirkan valve akan mengalami kerusakan. Maka dari itu, ada baiknya melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Membuka penuh valve dan lepaskan objek  yang terjebak di dalam valve.
  • Jika hydrant dengan jalur suplai yang terpasang tidak menutup, pasang klem selang ke jalur suplai.
  • Jika terjadi keadaan darurat yang serius, segera hubungi kontraktor yang bertanggung jawab atas instalasi sistem hydrant yang Anda miliki.

 

Demikian ulasan tentang apa itu hydrant valve dan fungsinya. Cukup informatif bukan? Pastikan Anda merawat semua komponen hydrant dengan baik, ya!

Hydrant Valve - Hydrant Valve Bergaransi