Gate Valve untuk Fire Hydrant

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Penggunaan Gate Valve untuk Fire Hydrant merupakan suatu hal umum di tiap Instalasi.

Gate Valve untuk Fire Hydrant

Valve atau yang biasa disebut katup adalah sebuah perangkat yang mengatur, mengarahkan atau mengontrol aliran dari suatu cairan dengan membuka, atau menutup jalan alirannya. Sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari, adalah pada pipa air, seperti keran untuk air. katup kontrol gas di kompor, atau katup kecil yang dipasang di kamar mandi dan masih banyak lagi.

Dalam dunia instalasi hydrant, katup atau valve sendiri ada beberapa jenis. Salah satunya adalah Gate Valve. Untuk pengertian gate valve sendiri adalah jenis katup yang digunakan untuk membuka aliran dengan cara mengangkat gerbang penutup nya. Gate Valve ini biasa dipasang di titik tertentu pada pipa distribusi sistem hydrant.

Gate Valve untuk Fire Hydrant, bagaimana penggunaannya?

Penggunaan gate valve dalam instalasi hydrant tidak untuk mengatur besar kecil laju suatu aliran air dengan cara membuka setengah atau seperempat posisinya, Jadi posisi gate pada valve ini harus benar benar terbuka (fully open) atau benar-benar tertutup (fully close). Jika posisi gate setengah terbuka maka akan terjadi turbulensi pada aliran tersebut dan turbulensi ini akan dapat menyebabkan erosi dan pada akhirnya valve tidak akan bekerja dengan maksimal.

Gate valve digunakan untuk menutup atau membuka aliran air bertujuan agar kita dapat memfokuskan titik hydrant pillar mana yang akan digunakan. Misalkan kita akan menggunakan hydrant pillar A, maka gate valve yang menuju aliran ke pillar A saja yang perlu di buka. Untuk gate valve yang menuju ke pillar lainnya kita bisa menutupnya. Hal ini dilakukan agar memberikan tekanan penuh pada pillar A tersebut.

Pengganti gate valve

Selain menggunakan gate valve, ada juga valve yang dapat menjadi pengganti gate valve. Yaitu kita bisa menggunakan butterfly valve atau ball valve. Butterfly valve dan juga Ball valve memiliki bentuk yang hampir sama dengan dengan gate valve itu sendiri. Butterfly valve lebih sering digunakan untuk sistem sprinkler. Sedangkan ball valve juga bisa digunakan untuk sistem hydrant maupun sprinkler.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih tepatnya bisa dengan menghubungi tim dari PT. Patigeni Mitra Sejati. PT. Patigeni juga bisa membantu anda dalam menyusun rencana instalasi hydrant maupun sprinkler. Di dukung oleh team teknisi yang berpengalaman, PT. Patigeni akan memberikan yang terbaik untuk anda. Silahkan kirimkan kebutuhan anda ke email  sales@patigeni.com atau bisa langsung menghubungi ke nomer 024 – 76400888.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Aksesoris Hydrant - Aksesoris Hydrant

Aksesoris Hydrant dalam Sistem Fire Hydrant

Aksesoris hydrant merupakan komponen-komponen pendukung bekerjanya sistem fire hydrant. Lalu bagaimana kah…
Baca Selengkapnya
Pengertian Hydrant - Fire Hydrant

Pengertian Hydrant dan Cara Kerja Sistemnya

Pengertian hydrant dalam sebuah sistem proteksi kebakaran harus Anda ketahui sebagai pengguna…
Baca Selengkapnya

Cara kerja Beam Detector Fire Alarm

Cara kerja Beam Detector Fire Alarm Pendeteksian sinar / beam telah menjadi…
Baca Selengkapnya