Cara Mematikan Fire Alarm

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Cara Mematikan Fire Alarm

Fire Alarm merupakan rangkaian peralatan elektronik arus lemah yang bekerja secara otomatis untuk penanda kebakaran di sebuah bangunan. Fire Alarm terdiri dari Panel Control yang berfungsi sebagai pusat otak yang bekerja sebagai alat pemproses data. Sekaligus sebagai display yang menampilkan lokasi kebakaran maupun trouble yang terjadi di area mana. Selain panel, terdapat juga perangkat inputan yang akan memberikan sinyal notifikasi kebakaran yang terdiri dari detektor (asap, panas, percikan, gas) dan manual button yang bisa ditekan oleh operator saat melihat kebakaran secara visual terjadi di area tersebut.

Sedangkan perangkat output dari rangkaian instalasi fire alarm adalah berupa notifikasi suara dari alarm bell, dan notifikasi visual berupa lampu dari indicator lamp. Bahkan kedua perangkat output ini sekarang bisa disatukan menjadi satu alat yang mewakili kedua fungsi tersebut yakni output suara dan lampu dari horn strobe. Karena fungsinya yang sangat vital bagi proses keseharian gedung, maka keberadaan dan fungsi Fire Alarm harus dipastikan setiap waktu supaya jika ada kejadian kebakaran akan dapat mendeteksi dengan baik.

Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara mematikan fire alarm, jika sewaktu-waktu berbunyi dan sudah dicek ke lokasi yang mendapatkan notifikasi ternyata hanya false alarm. Atau saat melakukan drill dan simulasi comisioning test bagaimana cara mematikan fire alarm yang tepat sesuai prosedur.

Cara Mematikan Fire Alarm Melalui Panel Kontrol

Cara Mematikan Fire Alarm

Untuk dapat memahami Cara Mematikan Fire Alarm Melalui Panel Kontrol, sebelumnya Anda harus familiar dengan tampilan panel alarm di tempat tersebut. Karena masing-masing merk memiliki tampilan visual yang berbeda. Cara penggunaan secara detail sebenarnya sudah ada di datasheet panel, namun beberapa user akan lebih paham jika diberikan training oleh vendor instalatur daripada harus mempelajari sendiri fungsi-fungsi panel alarm pada manual book. Langkah yang direkomendasikan untuk mematikan fire alarm adalah sebagai berikut:

  1. Saat Panel Berbunyi, segera pastikan bunyi tersebut bersumber dari kebakaran atau trouble
  2. Segera cek ke lokasi berdasarkan informasi yang berada di layar panel
  3. Jika kondisi sudah aman dan issue telah ditangani dengan baik
  4. Tekan Tombol Alarm Silence untuk mematikan bell dan indikator visual pada zona
  5. Tekan Tombol Reset untuk merestart system
  6. Jika dalam waktu sekitar 10 detik setelah panel reset alarm masih berbunyi, pastikan kembali ke zona yang menyala. bisa jadi masih ada asap atau manual button yang ditekan.

Cara Mematikan Fire Alarm Independent

Berbeda dengan fire alarm sistem yang terkoneksi dengan rangkaian panel, sering juga dijumpai pada bangunan gedung hanya terdapat fire alarm independent yang bekerja sendiri tanpa intalasi listrik. Biasanya Fire Alarm independen ini hanya berupa detektor asap, yang akan berbunyi jika mendeteksi asap. Secara fungsi memang sama untuk mengantisipasi kebakaran, namun smoke independent harus secara berkala dicek fungsinya karena hanya menggunakan baterai kapasitas 9v yang terpasang pada base detektor.

Cara Mematikan Fire Alarm Independent ini sangat mudah yakni cukup melepas base dan baterai, kemudian pada lubang udara diberikan tekanan udara menggunakan kipas atau haridryer agar asap bisa benar-benar hilang. setelah itu detektor dan baterai bisa dipasang kembali pada base agar standby untuk mendeteksi asap kebakaran.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Tempat Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran di Jakarta

Tempat isi ulang tabung pemadam kebakaran di Jakarta Raya bisa Anda lakukan…
Baca Selengkapnya

Fire Alarm Hong Chang Jakarta

Fire Alarm Hong Chang Jakarta Hong Chang merupakan salah satu merek fire alarm…
Baca Selengkapnya
peraturan pompa diesel pemadam kebakaran menurut sni dan nfpa

Peraturan Pompa Diesel Pemadam Kebakaran

Peraturan Pompa Diesel Pemadam Kebakaran Pompa diesel pemadam bisa disebut juga pompa…
Baca Selengkapnya