Cara Menggunakan Fire Blanket dan Tips Penting Ada Disini !

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Cara Menggunakan Fire BlanketKebakaran dapur merupakan musibah yang bisa terjadi di dalam rumah tangga. Kelalaian adalah salah satu faktor yang dapat memicu timbulnya titik api di dapur Anda. Untuk memadamkannya, satu hal yang sudah biasa dilakukan oleh masyarakat ialah memadamkan api dengan air. Saat terjadi kebakaran, biasanya orang akan panik dan langsung mengambil air untuk disiramkan ke api tersebut. Namun pertanyaannya apakah semua jenis kebakaran dapat dipadamkan dengan cari ini ? Sebut saja kebakaran yang  paling umum terjadi di dapur yaitu minyak goreng yang terbakar. Apakah api ini dapat dipadamkan dengan air ? Apabila Anda siram api tersebut dengan airyang terjai adalah api akan semakin membesar.

Perlu diingat bahwa massa jenis air lebih besar daripada minyak sehingga jika anda menyiram api yang bersumber dari minyak, maka otomatis minyak yang hakikatnya lebih ringan akan berada di atas air dan ketika air mengalir ke tempat yang lebih luas, pun begitu dengan minyak yang terbakar, ia akan mengalir bersama air. Hal ini menyebabkan api akan melebar dan membesar. Lalu, apa yang dapat dilakukan untuk memadamkannya ?

Cara Menggunakan Fire Blanket dengan aman

Fire Blanket atau selimut api merupakan solusi untuk memadamkan api yang bersumber dari minyak. Pemadam ini terbuat dari kain serat kaca yang dilapisi dengan bahan resistan api. Cara kerjanya adalah dengan  menghentikan suplai udara ke dalam api. Masih ingat dengan segitiga api, faktor pembentuk api ? Api dapat terjadi ketika 3 faktor pembentuk api terpenuhi, yaitu panas, bahan bakar, dan oksigen. Jika satu saja faktor tidak mencukupi, maka api tidak akan terbentuk. Pemadam ini bekerja dengan cara menghalau salah satu faktor segitiga api, yaitu oksigen.

Dalam penggunaan fire blanket, penting untuk memperhatikan ukuran dari pemadam api disesuaikan dengan kebakaran yang terjadi. Apakah ukurannya cukup besar untuk menutupi seluruh area kebakaran? Apakah ukurannya cukup untuk menghalau suplai oksigen ke api ?. Pastikan ukuran fire blanket anda memiliki ukuran yang besar aman jika digunakan untuk memadamkan api.

Anda sudah memiliki fire blanket di rumah ? ya? Sekarang pertanyannya apakah anda sudah mengetahui dan paham bagaimana cara menggunakannya ? . Sungguh hal yang konyol bila anda memiliki barang namun anda tidak tahu cara pemakaiannya, terlebih lagi alat pengaman yang penting seperti ini. Fire blanket merupakan pemadam yang sederhana dan mudah untuk digunakan. Berikut langkah-langkah penggunaannya:

1) Matikan sumber panas  bila memungkinkan, jika tidak maka lakukan sesegera mungkin ketika api berhasil dipadamkan

2) Ambil fire blanket dari tempatnya dan lebarkan. Selalu pastikan bahwa ukuran fire blanket dapat menutupi seluruh bagian api.

3) Jaga agar letak fire blanket berada di sisi lengan dan mendekati api. Atur posisinya agar anda dapat melihat posisi api yang akan dipadamkan.

4) Tutup minyak yang terbakar

5) Biarkan fire blanket menutupi api selama 30 – 60 menit sebelum diambil untuk menghindari api yang menyala kembali

6) Setelah meletakkan fire blanket, tinggalkan dapur dan tutup pintu di belakang anda. Hubungi petugas pemadam. Mereka akan memastikan semua dalam keadaan baik sebelum anda dapat memasuki dapur anda kembali, meskipun api sudah berhasil dipadamkan.

Jika anda memiliki alat pemadam sendiri pun mengetahui cara menggunakannya, maka anda dapat meminimalisir kemungkinan kerugian yang dapat terjadi akibat kebakaran. Jangan pernah lupa bahwa tindakan darurat sangat diperlukan untuk memastikan anda selalu dalam keadaan aman.

 

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Aksesoris Hydrant - Aksesoris Hydrant

Aksesoris Hydrant dalam Sistem Fire Hydrant

Aksesoris hydrant merupakan komponen-komponen pendukung bekerjanya sistem fire hydrant. Lalu bagaimana kah…
Baca Selengkapnya
Pengertian Hydrant - Fire Hydrant

Pengertian Hydrant dan Cara Kerja Sistemnya

Pengertian hydrant dalam sebuah sistem proteksi kebakaran harus Anda ketahui sebagai pengguna…
Baca Selengkapnya

Cara kerja Beam Detector Fire Alarm

Cara kerja Beam Detector Fire Alarm Pendeteksian sinar / beam telah menjadi…
Baca Selengkapnya