Daftar Harga Instalasi Fire Alarm

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Daftar Harga Instalasi Fire Alarm

Daftar Harga Instalasi Fire Alarm

Dari berbagai macam jenis dan varian sistem-sistem proteksi bencana kebakaran, tentunya perangkat fire alarm system selalu menjadi pilihan prioritas sebagai salah satu perangkat proteksi yang diinstalasi pada bangunan demi mengantisipasi terjadinya risiko bencana kebakaran. Hal ini disebabkan karena rangkaian perangkat fire alarm system memiliki fungsi yang bertingkat, baik sebagai detektor otomatis jenis heat, smoke, ataupun flame, perangkat fire alarm system juga merupakan perangkat yang berfungsi sebagai pengaktif alarm peringatan kebakaran yang juga bekerja secara otomatis. Melalui komponen utama control panel yang ada pada perangkat fire alarm system, fungsi dari perangkat hidran pun juga dapat diaktifkan. Menilik dari fungsi-fungsi bercabang yang dimiliki perangkat fire alarm system tersebut, maka tak heran apabila pemilik bangunan mempercayakan perlindungan kebakaran bangunannya terhadap perangkat proteksi kebakaran yang satu ini.

Komponen Fire Alarm

Pada umumnya, satu perangkat fire alarm system terdiri atas beragam komponen yang menyusun satu-kesatuan, di mana masing-masing komponen tersebut saling memiliki keterkaitan fungsi satu dan yang lainnya. Komponen-komponen utama pada perangkat fire alarm system antara lain meliputi komponen utama Control Panel, Fire Alarm Annunciator, Supervision, Power Supply, Voice/Alarm Systems, Alarm Initiating Devices (terdiri atas Duct Smoke Detector Assemblies, Addressable Manual Station, dan Addressable Heat Detectors), dan komponen utama Notification Appliances.

Selain komponen-komponen utama di atas, perangkat fire alarm system juga memiliki komponen operasi pelengkap lainnya yang meliputi komponen pelengkap Manual Pull Station, Smoke Detector, Heat Detector, Water Flow Alarms, Valve Tamper Switch, Duct Smoke Detector, Fire Pump Supervisory Signals, High/Low Pressure Signal, Trouble Signals, Smoke Control System (yang terdiri dari sistem Stair Pressurization dan sistem Atrium Smoke Removal), serta komponen pelengkap Special Door Locking Arrangements (yang terdiri dari Delayed Egress Locks dan Stair Enclosure Doors).

Untuk melakukan instalasi keseluruhan komponen, baik komponen-komponen utama maupun komponen-komponen pelengkap, hendaknya Anda memanfaatkan jasa instalasi fire alarm system, dan bukan justru melakukan instalasi sendiri tanpa bantuan tenaga ahli. Hal ini sangat penting dan harus ditegaskan mengingat berhasilnya proses instalasi dan rangkaian konstruksi pada perangkat fire alarm system akan sangat besar pengaruhnya dalam mendukung performa perangkat saat digunakan ke depannya. Sebaliknya, jika pada proses instalasi perangkat fire alarm system terdapat kesalahan, maka dikhawatirkan performa sistem ke depannya tidak mungkin optimal, dan bahkan justru berpotensi membahayakan bagi pengguna perangkat.

Solusi Instalasi Fire Alarm

Demi menghindari kemungkinan terburuk tersebut, maka diharapkan proses instalasi perangkat fire alarm systems yang terbilang rumit ini harus benar-benar ditangani oleh tenaga profesional. Anda tak perlu khawatir mengenai biaya tambahan untuk jasa instalasi, karena harga biaya tambahan tersebut relatif terjangkau dan jauh lebih baik jika dibandingkan risiko kerugian akibat kerusakan sistem ke depannya karena proses instalasi yang tidak ditangani langsung oleh ahlinya.

Mengenai daftar harga instalasi fire alarm system, tentunya akan selalu berbeda-beda antara perusahaan kontraktor fire alarm system yang satu dengan yang lainnya. Pada umumnya, harga jasa instalasi fire alarm system tersebut dipatok per komponen perangkat.

Misalnya, daftar harga instalasi fire alarm system misalnya untuk komponen smoke detector maupun heat detector hanya menghabiskan biaya paling tidak minimal sebesar Rp 50.000,00 per satu detektor. Untuk biaya instalasi gas detector serta flame detector per buahnya menghabiskan minimal biaya sebesar Rp 150.000,00. Sedangkan untuk menginstalasi sistem wiring atau perkabelan, seperti kabel NYA, akan menghabiskan biaya jasa minimal hanya Rp 1.500,00 per meter. Untuk jasa pemasangan komponen utama control panel dengan model conventional system menghabiskan minimal Rp 50.000,00 per zona. Dan harga jasa instalasi untuk satu set komponen fire alarm yang mencakup komponen alarm bell, MCP, dan indicating lamp, menghabiskan minimal Rp 175.000,00 per set.

Harga tersebut dilansir dari harga umum pada akhir tahun 2014. Sehingga, tetap ada kemungkinan terjadi kenaikan harga jasa setiap tahunnya. Untuk mendapatkan penawaran harga jasa instalasi fire alarm terbaik dan bersaing dengan kualitas terpercaya, Anda dapat segera menghubungi PT Patigeni Mitra Sejati.

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta Fire suppression system merupakan rangkaian proteksi…
Baca Selengkapnya

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler Saat ini tersedia banyak sekali jenis…
Baca Selengkapnya

Bagaimana Cara Kerja Kitchen Suppression Systems?

Menurut data dari NFPA, 57% kebakaran restoran yang terjadi di US penyebab…
Baca Selengkapnya