Fire Hydrant Box

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Fire Hydrant Box

Fire Hydrant Box

Bencana kebakaran adalah satu bencana yang sangat merugikan baik karena mampu menimbulkan kerugian fatal dalam segi finansial akibat musnahnya surat-surat berharga, properti, hingga kerusakan bangunan, maupun menimbulkan ancaman keselamatan nyawa manusia. Hal ini tentu menjadi sorotan penting bagi setiap lapisan masyarakat, termasuk pula bagi para pemilik-pemilik bangunan atau gedung-gedung, baik gedung perusahaan, bangunan publik seperti rumah sakit atau sekolah, bangunan manufaktur, hingga tempat-tempat publik, yang terbuka sekalipun.

Tips Proteksi Bencana Kebakaran

Dalam rangka antisipasi dan mencegah bahaya bencana kebakaran yang berpotensi terjadi sewaktu-waktu, para pemilik bangunan ataupun penanggung-penanggung jawab gedung pun melakukan berbagai upaya keamanan dan keselamatan, seperti salah satu contohnya adalah dengan melakukan pembangunan atau instalasi sistem proteksi bencana kebakaran untuk melengkapi sistem keamanan gedung, dan tentunya untuk mengantisipasi terjadinya risiko bencana kebakaran.

Banyak sekali ragam sistem proteksi bencana kebakaran yang dirancang dengan teknologi proteksi yang berbeda-beda fungsinya mengikuti jenis kebutuhan perlindungan masing-masing gedung yang harus dipenuhi. Namun, ada pula beberapa ragam sistem proteksi bencana kebakaran yang mampu berperan untuk mengantisipasi dan melindungi sekaligus beberapa macam kebutuhan berdasarkan klasifikasi kebakaran yang berbeda-beda, seperti peran yang mampu diberikan oleh sistem fire hydrant.

Sistem fire hydrant merupakan salah satu solusi sistem proteksi bencana kebakaran terbaik yang mampu diaplikasikan untuk mengantisipasi dan mengatasi lebih dari satu jenis klasifikasi kebakaran, seperti misalnya kebakaran akibat muatan padat maupun kering, kebakaran akibat flammable gas, kebakaran akibat flammable liquid, dan masih banyak lagi. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan pemanfaatan sumber air sebagai media satu-satunya yang digunakan dalam rangkaian sistem fire hydrant. Seperti yang telah diketahui, dengan mengimplementasikan beragam teknik pemadaman, media air dapat digunakan untuk mengatasi dan memadamkan beragam jenis api kebakaran di mana masing-masing api kebakaran tersebut dipicu oleh material yang berbeda-beda.

Mengingat sistem fire hydrant ini dinilai sangat fleksibel serta efisien, maka pengaplikasian sistem fire hydrant pun semakin marak diimplementasikan pada tempat-tempat publik maupun bangunan-bangunan industri dan manufaktur, baik berbentuk gedung bertingkat ataupun gedung luas, hingga halaman-halaman terbuka, karena sistem fire hydrant tak hanya memiliki rancangan yang dapat diaplikasikan untuk pemenuhan kebutuhan perlindungan di dalam bangunan atau indoor, namun juga memiliki rancangan lain yang mampu memenuhi perlindungan untuk tempat atau halaman yang terbuka (outdoor).

Fire Hydrant dan Hydrant Box

Sama halnya dengan berbagai sistem proteksi bencana kebakaran yang lainnya, sistem fire hydrant juga dibangun dengan konstruksi yang terdirikan atas berbagai komponen yang terpisah, seperti misalnya komponen fire pumps atau pompa kebakaran, komponen tangki penampung sumber pasokan air, komponen output yang ada pada fire hydrant pillar maupun pada fire hydrant box, dan komponen-komponen aksesoris pendukung lainnya,

Salah satu komponen konstruksi sistem fire hydrant yang memiliki peran paling besar dan utama adalah komponen fire hydrant box. Fire hydrant box pada sistem fire hydrant secara sederhana merupakan suatu komponen berbentuk box berdimensi yang digunakan untuk menyimpan rangkaian fire equipment agar tidak tercecer dan lebih tahan lama. Fire equipment yang dapat disimpan di dalam fire hydrant box tersebut di antaranya meliputi hydrant valve, fire nozzle, coupling machine, fire hose, hingga fire hose rack.

Komponen fire hydrant box dirancang dengan dibedakan ke dalam dua klasifikasi berbeda berdasarkan penempatannya, yaitu komponen fire hydrant indoor yang dibangun pada dinding atau tembok di dalam gedung, serta komponen fire hydrant outdoor yang dibangun mandiri dalam posisi berdiri di atas permukaan tanah. Fire hydrant box jenis indoor dibedakan lagi menjadi tiga jenis tipe produk secara umum, yaitu tipe fire hydrant box indoor A1, A2, hingga tipe B1. Sementara untuk fire hydrant box outdoor hanya diproduksi dalam satu tipe, yaitu tipe C. Perbedaan masing-masing tipe tersebut menentukan besaran ukuran dimensi box serta kemampuan kapasitas penyimpanan.

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya